DAMPAK BULLYING TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI (STUDI KASUS) DI RAUDHATUL ATHFAL MAWAR GAYO

Munawarah, Raden Rachmy Diana

Abstract


Perkembangan Sosial Emosional anak usia dini sangat dipengaruhi oleh faktor perlakuan lingkungannya. Selain perlakuan yang baik , terdapat pula perlakuan buruk berupa tindak kekerasan seperti perilaku bullying. Perilaku bullying adalah perilaku yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan tujuan ingin menyakiti orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak perilaku bullying terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus yakni dengan mengamati objek penelitian secara keseluruhan untuk diambil data terkait penelitian, selain itu peneliti juga mengambil sumber data dari beberapa riset terkait untuk membantu menjawab penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tindak kekerasan atau bullying yang terjadi pada anak usia dini berpengaruh besar terhadap perkembangan anak, efek negatif yang ditimbulkan oleh bullying ini dapat menyebabkan terhambatnya perkembangan anak, bukan hanya perkembangan sosialnya akan tetapi juga perkembangan emosional yang ditunjukkan oleh anak. Dampak yang ditimbulkan oleh perilaku bullying ditemukan anak lebih sering menyendiri dan tidak suka bergaul, merasa takut/ketakutan, takut pergi sekolah, menangis sebelum dan sesudah ke sekolah tidak tertarik dengan aktivitas sekolah, perubahan drastis pada perilaku (sikap, berpakaian dan kebiasaannya).

Keywords


Anak Usia Dini; Bullying; Perkembangan Sosial Emosional

Full Text:

PDF

References


Al Qur'anul Karim

Astuti, Ponny Retno. Meredam Bullying “tiga cara efektif menanggulangi kekerasan pada anak”. Jakarta : IKAPI. 2008

Ayuni, Despa. Pencegahan Bullying dalam pendidikan anak usia dini. jurnal education research. 2021. Diakses pada hari senin, tanggal 21 Maret 2022. Pukul 14.42

Hidayati, Nurul, “ Bullying pada Anak : Analisis dan Alternatif Solusi”, Insan, vol. 14. No 1, April 2012

____ Kemendikbud. Pencegahan Perundungan Pada Anak Usia Dini. 2020

Khaironi, Mulianah. Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age. Vol. 3, No.1, Juni 2018, diakses pada Hari selasa, tanggal 22 Maret 2022, Pukul 10.53

Lubis, Mira Yanti. Mengembangkan Sosial Emosional Anak USIA Dini Melalui Bermain. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Vol. 2, No.1. Mei 2019, diakses pada hari Senin, Tanggal 21 Maret 2022. Pukul 14.16 WIB

Maghfirah, Siti. Perkembangan Moral, Sosial, dan Spiritual Anak Usia Dini. Jawa Barat : Edu Publisher. 2020

Nasution, Fadhilah Syam. Kasus Bullying ditinjau dari kecerdasan emosional dan kesehatan mental anak usia dini. Jurnal Ilmiah dalam Pendidikan Dasar. Vol. 4 Tahun 2021, diakses pada hari minggu, tanggal 27 februari 2022, pukul 08.16.

Nurhasanah. Sari, Suci Lia. dan Kurniawan, Nova Adi. Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 4, No. 2 Tahun 2021. Diakses pada Hari Senin, Tanggal 21 Maret 2022, Pukul 14.02

Nurfadilah, Perkembangan Anak Usia Dini, Pada Pelatihan Asesor LKP Peralihan Paud. Melalui badan akreditasi nasional pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal. Diakses pada hari Selasa, Tanggal 22 Maret 2022. Pukul 11.16. https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/upload/downloadcenter/Papa

ran%20Perkembangan%20Anak%20Usia%20Dini%20-%20Nurfadillah,_1624864376.pdf

Priyatna, Andi. Lets End Bullying “ Memahami, Mencegah, dan Mengatasi Bullying. Jakarta : Gramedia. 2010

Santoso, Adi. “ Pendidikan anti Bullying “ Pelita Ilmu, vol. 1. No.2. Desember 2018

Permendikbud No 137 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini tahun 2014

Santoso, Adi. Pendidikan Anti Bullying. Jurnal Pelita Ilmu. Vol. 1 No. 2 Desember 2018. Diakses Pada Hari Sabtu Tanggal 26 Februari 2022, Pukul 11.42

Solikhin, Badrus. Dampak Bullying terhadap kondisi perkembangan emosi remaja di desa kapuran kecamatan badegan kabupaten ponorogo. Skripsi. Fakultas Ushuluddin, adab, dan dakwah, institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Tahun 2021

Tim Penulis Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia. Psikologi Perkembangan memahami dinamika perkembangan anak. Sidoarjo : Zifatama Jawara. 2019

Wahyuni, Vitri dan Pransiska, Rismareni, Perilaku bullying pada anak usia 5-6 tahun studi kasus di taman kanak-kanak. Journal of Family,Adult, and Early Childhood Education, 1 (2), 159-165. 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v8i2.14468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Munawarah, Raden Rachmy Diana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.