KONSTRUKSI PEMBELAJARAN ALAM DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PERSPEKTIF PETER L. BERGER DI RA MAWAR GAYO

Munawarah, Maemunah

Abstract


Pembelajaran alam merupakan pembelajaran yang dapat mendukung perkembangan anak. Pembelajaran alam di terapkan agar anak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan , mampu berinteraksi dan anak diharapkan mampu menjadi anggota sosial yang baik. Peter L. Berger mengemukakan bahwa konsep sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari maupun lingkungan anak usia dini tidak lepas dari tiga teori yakni eksternalisasi, objektivasi dan internalisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat konstruksi Peter L. Berger dalam pembelajaran alam yang diterapkan dalam pendidikan anak usia dini. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yakni dengan melakukan observasi, wawancara dan panduan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan konstruksi pembelajaran alam dalam pendidikan anak usia dini sangat berpengaruh dalam kegiatan belajar anak, Teori ini dapat dilakukan sebagai proses pembiasaan dan ekspresi anak di lingkungan. Pembelajaran berbasis alam ini menjadi pilihan dan digemari di setiap sekolah, khususnya pada jenjang Taman Kanak-Kanak ( TK ), Raudhatul Athfal (RA) dikarenakan melalui metode belajar berbasis alam ini Guru dan Peserta didik dapat mengkonstruksikan pengetahuan melalui pengalaman yang anak dapatkan saat belajar di alam. anak akan dengan mudah merefleksikan pemahaman dan pengetahuan yang anak dapat dari pembelajaran alam dalam kehidupannya.

Keywords


Konstruksi Peter L. Berger; Pembelajaran Alam; Pendidikan Anak Usia Dini

References


Ariyanti, Tatik. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. Volume 8 No 1 Maret 2016

Berger, L. Peter, Luckmann, Thomas. “ Tafsir Sosial atas Kenyataan risalah tentang sosiologi pengetahuan”. ( LP3ES : Jakarta ), Cetakan kesebelas 2018.

Hakim, Atang Abdul dan Beni Ahmad Saebani, Filsafat Umum dari Metologi sampai Teofilosofi, Bandung : Pustaka Setia, 2020

Iswantiningtyas, Veny. dan Wulansari, Widi. Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Proceeding of The ICERS, Volume 1 No 3 2018

Kompasiana. Com. Diakses pada tanggal 10 April 2022. Pukul 19.20 Wib. https://.kompas.com%2Fskola%2Fread%2F2020%2F06%2F30%2F200000169%2Flembaga-pendidikan-pengertian-peran-dan-fungsi

Laura Christina Lauzar, binus University school of design, desain komunikasi visual, humaniora, teori kontsuksi realitas sosial, 18 mei 2015, https://dkv.binus.ac.id/2015/05/18/teori-konstruksi-realitas-sosial/

Latifah, Atik. Peran Lingkungan dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal. Vol. 2. No 2, September 2020

Manuaba, I.B. Putera Memahami teori konstruksi sosial. jurnal masyarakat, kebudayaan dan politik, Th XXI . No 3 Juli-September 2008.

Priska, Veronika Heny. Pentingnya Menanamkan Karakter Sejak Dini. Journal of Education, Psychology and Counseling. Volume 2 Nomor 1 Tahun 2020.

Ramadan, Fariz. DKK. Manajemen Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Bunayya. Ar-Raniry. 2020

Rahmasari, Harlina Dwi. Proses Pembelajaran Anak Usia Dini, publised Tanggal 22 Mei 2014 https://www.kompasiana.com/harlinadwirahmasari/54f740eba33311c70e8b4669/proses-pembelajaran-anak-usia-dini

Sulaiman, Aimie . Memahami Teori Konstruksi Sosial Peter L. Berger . Jurnal Society, Volume VI, Nomor 1, Juli 2016

Suprayogo, Imam. Memanfaatkan Ilmu Pengetahuan. Media Publikasi GEMA Media Informasi dan Kebijakan Kampus. UIN Malang tanggal Publish 06 Agustus 2015.

Setiawan, Agus. Prinsip Pendidikan Karakter dalam Islam (Studi Komparasi Pemikiran al-Ghazali dan Burhanuddin al-Zarnuji), Dinamika Ilmu, 14 (1), 2014

Sunanik. Pembelajaran Berbasis Alam Untuk Anak Usia Dini di TK Alam Al azhar Kutai Kartanegara Jurnal Ilmiah Al-Madrasah.Vol.3. Vol. 1 Juli-Desember 2018

Triyanto, Teguh. 2014. Pengantar Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Titus, Hjelm. “ Peter L. Berger and the sociology of Religion”. Journal Sage vol. 18, 3: PP. 231-248, 1 Maret 2018

Widodo, Erna Dan Mukhtar, 2000, Konstruksi Ke Arah Penelitian Deskriptif, Avyrouz, Yogyakarta

Wahana, Paulus. Filsafat Ilmu Pengetahuan. Pustaka Diamond : Yogyakarta. Agustus 2016

Yuningsih, Ani. Implementasi Teori Konstruksi Sosial dalam Penelitian Public Relations. “ Jurnal Matador, Vol. 7. No. 1. Juni 2006




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v8i2.14471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Munawarah, Maemunah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

                                  Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:


                 Support By:                                       Collaborated With:                   

   

               Visitors:

Flag Counter