IMPLEMENTASI INOVASI KURIKULUM PAUD 2013 BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI ERA REVOLUSI 4.0

Desi Farijah, Sukiman

Abstract


Penerapan inovasi kurikulum paud implementasi menjadi sarana mewujudkan rangakaian pembelajaran yang memiliki muatan dan kualitas yang tepat dan terbaik bagi pelaksanaan Pendidikan AUD, Dalam menjalani revolusi 4.0, pendidkan anak usia dini agar dapat dikenalkan pembelajaran berupa ilmu pengetauan dan teknologi (IPTEK). Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi inovasi kurikulum PIAUD 2013 berbasis multiple intelligences pada masa revolusi 4.0. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi Pustaka dengan membandingkan penelitian-penelitian terdahulu mengenai teori-teori yang berkaitan dengan pembahasan yang sesuai dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini dengan menelaah penelitian-penelitian terdahulu adalah kurikulum PAUD 2013 tidak semua dapat dijalankan sesuai rencana, namun pendekatan multiple intelligences memberi dampak positif bagi inovasi kurikulum di era revolusi 4.0 yang kita rasakan sekarang ini.

Keywords


Implementasi; Inovasi Kurikulum PAUD; Multiple Intelligences; Revolusi 4.0

References


Astuti, Wuryani Tri. “Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences Di TK Tunas Harapan Tambakrejo Ngaglik Sleman.” Jurnal Pendidikan Madrasah 1, no. 2 (2016): 257–76. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/view/1211.

AZIZ, ABDUL. “Implementasi Inovasi Pada Model-Model Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Pengasuhan Anak (Tpa) Serama Kementerian Kesehatan Ri.” JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini 11, no. 2 (2017): 201–14. https://doi.org/10.21009/jpud.112.01.

Fadhli, Muhammad. “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah.” Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran 12, no. 2 (2022): 1–10. https://doi.org/10.55558/alihda.v12i2.2.

Habibi, Yuliana, Srifariyati Srifariyati, Hafiedh Hasan, and Muhamad Rifa’i Subhi. “Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligence.” Madaniyah 7, no. 2 (2017): 237–60. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/88.

Latief, Suryawahyuni. “No PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) SEBAGAI PONDASI PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM ERA REVOLUSI 4.0 DAN SOCIETY 5.0: TEKNIK DAN KEBERLANJUTAN PENDIDIKAN KARAKTER” 2507, no. February (2020): 1–9.

Lestari, Sudarsri. “Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi.” Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (2018): 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459.

Mustajab, Mustajab, Hasan Baharun, and Lutfiatul Iltiqoiyah. “Manajemen Pembelajaran Melalui Pendekatan BCCT Dalam Meningkatkan Multiple Intelligences Anak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2020): 1368–81. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.781.

Nur, Eza Zukiah. “PENGARUH PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN MULTIPLE INTELLIGENCES ANAK DI KELAS B PAUD PUTI BUNGSU KABUPATEN MUKOMUKO.” مممم ممم مم ممممم ممم

مممممم 2, no. 2 (2018): 2016. https://doi.org/10.1016/j.gecco.2019.e00539%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.foreco.2018.06.029%0Ahttp://www.cpsg.org/sites/cbsg.org/files/documents/Sunda Pangolin National Conservation Strategy and Action Plan %28LoRes%29.pdf%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.forec.

Nurhafizah, Ihsan maulana dan Nurhafizah. “No ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0” 45, no. 45 (2019): 95–98.

Primayana, Kadek Hengki. “ Tantangan Dan Peluang Dunia Pendidikan Di Era 4.0.” Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya 1 (2019): 321–28. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/dharmaacarya.

Rahayu Febri Riyanti, Roedhy Koesdyantho dan Feri Faila Sufa. “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES HOWARD GARDNER (KECERDASAN KINESTETIK) PADA ANAK AUTIS.” Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD 1, no. 1 (2020): 19–31.

Rakhmawati, E. “Manajemen Ekstrakurikuler Pendidikan Anak Usia Dini

(PAUD) Dalam Meningkatkan Multiple Intelegensi.” La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam XI, no. 2 (2019).

Rohmat, Rohmat. “Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini.” YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak 12, no. 2 (2017): 299–325. https://doi.org/10.24090/yinyang.v12i2.2017.pp299-325.

Salehudin, Mohammad, Sri Yatun, Denok Lailatin Komariah, Nur Eka, and Rizky Aminda. “Persepsi Guru Dalam Implementasi Holistik Integratif Pendidikan Anak Usia Dini Pada Kondisi New Normal.” Jurnal Golden Age 4, no. 02 (2020): 394–406. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2767.

Sugiono, Edi, Sugito Efendi, and Jamaluddin Al-Afgani. “Pengaruh Motivasi Kerja, Kompetensi, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasaan Kerja Pt. Wibee Indoedu Nusantara (Pustaka Lebah) i Jakarta.” Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen Ekonomi) 5, no. 1 (2019): 718–34.

Suyadi, Dahlia. Implementasi Dan Inovasi Kurikulum Paud 2013. Edited by Nita. Cetakan ke. Bandung, 2017.

Tastin, Tastin, Ibrahim Ibrahim, and Rahma Si Fitri. “Implementasi Prinsip Multiple Intelligences Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di MI Najahiyah Palembang.” JIP: Jurnal Ilmiah PGMI 3, no. 2 (2018): 185–92. https://doi.org/10.19109/jip.v3i2.1651.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v8i2.14474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Desi Farijah, Sukiman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

                                  Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:


                 Support By:                                       Collaborated With:                   

   

               Visitors:

Flag Counter