PENGARUH PERMAINAN MODIFIKASI ULAR NAGA TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL DI TAMAN KANAK-KANAK SABBIHISMA 2 ULAK KARANG

Zyiva Wulandary, Serli Marlina

Abstract


Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh permainan modifikasi ular naga terhadap kemampuan sosial di Taman Kanak-Kanak Sabbihisma 2 Ulak Karang. Secara keseluruhan terlihat bahwa kemampuan sosial di Taman Kanak-Kanak Sabbihisma 2 Ulak Karang mengalami keterlambatan dari segi kemampuan sosialnya dapat dilihat bahwa rendahnya kemampuan sosial pada anak dan harus dikembangkan. Misalnya anak tidak mau bersosialiasi dengan teman, tidak mau berbagi, dan tidak punya empati terhadap temannya. Metode penelitian yang dipakai yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini seluruh anak tk sabbihisma 2 ulak karang dan sampel yaitu kelas B1 dan B3 masing-masing berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data berupa tes dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Selanjutnya kemampuan sosial pada anak dikelas eksperimen sebelum diberi perlakuan (pre-test) sebesar 17,9 dan pada (post-test) setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen meningkat 29,2. Hasil dari kelas kontrol 17,6 lalu kemudian dilakukan pos-test sebesar 27,3 dengan nilai sig (2-tailed) 0,037 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh permainan modifikasi ular naga terhadap kemampuan sosial di Taman Kanak-Kanak Sabbihisma 2 Ulak Karang.


Keywords


Permainan modifikasi ular naga, Kemampuan Sosial, Taman Kanak-Kanak

References


Amalia, Reski Putri, Sitti Nurhidayah Ilyas, and Muhammad Yusri Bachtiar, ‘Pengaruh Bermain Playdough Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Wildanun’, TEMATIK:

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9363 (2021)

Dr. Sandu Siyoto, SKM, M.Kes, and M.a. M. Ali Sodik, ‘Dasar Metodologi Penelitian Dr. Sandu Siyoto, SKM, M.Kes M. Ali Sodik, M.A. 1’, Dasar Metodologi Penelitian, 2015, 1–109

Herawati, ‘Memahami Proses Belajar Anak’, Jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 4.1 (2018), 27–48

Holis, A, ‘Belajar Melalui Bermain Geometri Untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 9.1 (2016), 23–37

Imroatus Sholihah and NIS Rakhmawati, ‘Pengaruh Permainan Tradisional Ular Naga Modifikasi Terhadap Aspek Perkembangan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun’, Jurnal Mahasiswa Unesa, 8.1 (2019), 1–7

Musfiroh, Tadkiroatun, Bermain Sambil Belajar Dan Mengasah Kecerdasan, 2005

Ngaisah, Nur Cahyati, * Munawarah, and Reza Aulia, ‘Perkembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini’, Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 9.1 (2023), 1

Resmasari, Yuana, ‘Tingkat Keterampilan Sosial Anak Tk Kelompok b Di Gugus II Kecamatan Berbah Sleman Yogyakarta’, Jurnal Pendidikan Anak, 9.2 (2020), 150–57

Sari, Nina Permata, Novitawati Novitawati, Muhammad Andri Setiawan, and Mutiani Mutiani, ‘Peran Yoga Dalam Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Bagi Anak Usia Dini’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6.5 (2022), 4681–89

Sholihah, Imroatus, and NIS Rakhmawati, ‘Pengaruh Permainan Tradisional Ular Naga Modifikasi Terhadap Aspek Perkembangan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun’, Jurnal Mahasiswa Unesa, 8.1 (2019), 1– 7

Siti Nur Hayati, and Khamim Zarkasih Putro, ‘Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini’, Generasi Emas, 4.1 (2021), 52–64

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta, 2019

Sumarni, Sri, ‘Peran Orang Tua Dalam Mengoptimalkan Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun ARTICLE INFO ABSTRACT’, Jurnal Pendidikan Anak, 11.2 (2022), 171–80

Tamrin, Marwia, St. Fatimah S. Sirate, and Muh. Yusuf, ‘Teori Belajar Vygotsky Dalam Pembelajaran Matematika’, Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika), 3.1 (2011), 40–47

Waluyo, Joko, ‘Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Sosial Dan Emosional Pada Anak Kelompok b Tk Srijaya Palembang’, Skripsi, 2017

Yenti, Yesni, ‘Pentingnya Peran Pendidik Dalam Menstimulasi Perkembangan Karakter Anak Di PAUD’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5.2 (2021), 2045–51




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v10i1.23277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Zyiva Wulandary

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

                                  Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:


                 Support By:                                       Collaborated With:                   

   

               Visitors:

Flag Counter