REPRESENTASI ANAK USIA DINI DI MEDIA SOSIAL : PERSPEKTIF GURU RA AL-BARKAH
Abstract
Orangtua mengabadikan tingkah laku anaknya dalam foto dan video adalah sebuah hal yang biasa. Jika dulu seluruh foto dan video hanya dilihat oleh orangtua serta keluarga dekat maka sekarang foto dan video tersebut menjadi konsumsi public. Media sosial ramai dengan unggahan foto dan video tentang anak usia dini. Konten yang diunggah ini menjadi jejak digital bagi anak. Era digital secara dramatis menggeser konteks pribadi ke konteks public. Pergeseran ini menjadi perhatian 15 orang guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang menganalisis jejak digital anak usia dini sebagai sebuah dilemma. Di satu sisi, unggahan konten tentang anak di media sosial dilihat sebagai bentuk mengikuti tren dan di sisi lain bertentangan dengan hak anak untuk mendapatkan privasi. Kajian kualitatif ini menggunakan metode wawancara semi struktur dan bertujuan untuk menganalisis fenomena jejak digital anak usia dini di era digital ini. Teknologi digital saat ini sering dianggap sebagai ruang untuk membentuk, mewakili, dan mengekspresikan identitas. Namun dalam konteks anak usia dini, ruang tersebut perlu digunakan dengan baik agar tidak memberikan implikasi negative bagi anak di masa depan dan yang lebih penting lagi menghormati hak anak. Di era digital ini, ketergantungan terhadap teknologi digital terus berkembang dan kita harus bijaksana menggunakannya untuk kepentingan terbaik anak.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arabiat, Diana, Mohammad Al Jabery, Sue Robinson, Lisa Whitehead, and Evalotte Mörelius, ‘Interactive Technology Use and Child Development: A Systematic Review’, Child: Care, Health and Development, 49.4 (2023), 679–715
Awathy Prakash, G., ‘Parental Role in Creation and Preservation of Digital Identity of Children’, Test Engineering and Management, 81.11–12 (2019), 4907–11
Berg, Valeska, Diana Arabiat, Evalotte Morelius, Lisa Kervin, Maggie Zgambo, Suzanne Robinson, and others, ‘Young Children and the Creation of a Digital Identity on Social Networking Sites: Scoping Review’, JMIR Pediatrics and Parenting, 7 (2024), e54414
Burns, Tracey, and Francesca Gottschalk, ‘What Do We Know about Children and Technology?’, Educational Research and Innovation, 2019, 1–16
Cahyani, Intan Putri, Vinta Sevilla, and Ruth Mariana Bunga Wadu, ‘Beware of Digital Footprints: Wise Social Media Usage for Parents of Early Childhood Students’, Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 7.3 (2022), 599–610
Hällgren, Camilla, and Åsa Björk, ‘Young People’s Identities in Digital Worlds’, International Journal of Information and Learning Technology, 40.1 (2023), 49–61
Jha, Amrit Kumar, ‘Gen Alpha_Amrit’, PsyArxiv, June, 2020
Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, ‘Pentingnya Literasi Digital Untuk Anak-Anak’, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan, 2023
Kumar, Priya, and Sarita Schoenebeck, ‘The Modern Day Baby Book: Enacting Good Mothering and Stewarding Privacy on Facebook’, CSCW 2015 - Proceedings of the 2015 ACM International Conference on Computer-Supported Cooperative Work and Social Computing, 2015, 1302–12
Livingstone, Sonia, Daniel Kardefelt, and Marium Hussein, ‘Global Kids Online Comparative Report’, Innocenti Research Report, November, 2019, 137
Marlina, Lina, and Syafwandi Syafwandi, ‘Pengaruh Media Sosial Youtube Dan Tik Tok Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Di Era 4.0’, Jurnal Pelita PAUD, 7.2 (2022), 469–75
Mwoma, Teresa, Nyakwara Begi, and Catherine Murungi, ‘Safety and Security in Preschools : A Challenge in Informal Settlements Safety and Security in Preschools : A Challenge in Informal Settlements School Safety Is Defined as Measures Put in Place by Staff , Parents , Learners and Other’, September, 2018
Rasmani, Upik Elok Endang, Yuanita Kristiani Wahyu Widiastuti, Putri Agustina, Siti Wahyuningsih, Novita Eka Nurjanah, and Jumiatmoko, Simple Technologies in Early Childhood Learning: Benefits, Advantages and Disadvantages (Atlantis Press SARL, 2023)
Siswanto, Maya Liani, Maya Dewi Kurnia, and Cahyo Hasanudin, ‘Dampak Media Sosial Terhadap Pemikiran Seorang Anak Usia Dini’, Jubah Raja (Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran), 1.November 2022 (2022), 82–88
Stacey B. Steinberg, ‘Sharenting: Children’s Privacy in the Age of Social Media’, Emory L.J., 66 (2017), 839
Sujiono, Yuliani N, ‘Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini’, 2013
Third, Amanda, Delphine Bellerose, Urszula Dawkins, Emma Keltie, and Kari Pihl, Children ’ s Rights in the Digital Age, 2014
UNICEF-UNO-UNESCO, Children in a Digital World, Unicef, 2017
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v10i2.24626
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sofni Indah Arifa Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:
Support By: Collaborated With:
Visitors: