PENGARUH KEGIATAN STEMPEL KAYU TERHADAP MENGGAMBAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI 3 PADANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar berkembangnya seni rupa menggambar anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 3 Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada menggambar anak yang mudah bosan di Taman Kanak-kanak Pertiwi 3 Padang. Hal ini terjadi karena di sekolah masih menggunakan cara-cara lama pada kegiatan menggambar. Maka berdasarkan permasalahan tersebut peneliti memberikan solusi yaitu menggambar menggunakan media bantuan stempel kayu dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap kemampuan menggambar anak. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasy Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Taman Kanak-kanak Pertiwi 3 Padang dengan jumlah 38 anak, dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas B1 dan kelas B2 yang masing-masingnya berjumlah 10 orang anak. Teknik pengambilan sampel mlenggunakan Purposive Sampling. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi SPSS 25.0 for windows. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen dengan kegiatan menggambar dengan bantuan stempel kayu diperoleh nilai rata-rata gain score 17,30 sedangkan pada kelas kontrol menggambar bebas dengan krayon diperoleh nilai rata-rata gain score sebesar 15,30. Kemudian berdasarkan hasil uji-t diketahui nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,008 < 0,05. Dengan demlikian ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga Ha diterimla Ho ditolak. Dengan demikian disimpulkan bahwa kegiatan menggambar menggunakan bantuan stempel kayu berpengaruh terhadap kemampuan menggambar anak usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Pertiwi 3 Padang.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Husnu, U. (2021). Analisis Kreativitas Kegiatan Menggambar pada Anak Usia Dini. JML2PI: Jurnal Media karya Mahasiswa Pendidikan Islam, 1(2), 383-401. Https://www.e-journal.stit-islamic-village.ac.id/jm2pi/article/view.123
Iksan, F., Wondal, R., & Arfa, U. (2020). Peran Kegiatan Mengecap Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Cahaya PAUD, 3(1), 140-144. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/cahayapd/articel/vielw/2109
Khasanah, Irodatul. 2019. Peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan mencetak (mengecap) di kelompok bermain PAUD subulus salam sarirogo sidoarjo. Skripsi. Pendidikan islam anak usia dini, universitas islam negeri sunan ampel, surabaya.
Kristanto, Eko. (2014). Pembelajaran Seni Rupa Anak. Semarang: Universitas PGRI Semarang Press.
Mayar, dkk. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Kreativitas Seni Rupa Mencelak, Kolase, Mozaik dan Meronce. Yogyakarta: Deepublish.
Mayar, Farida. (2021). Menggambar Melalui Ekspresi Bebas Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish.
Mayar, Farida. (2022). Seni Rupa Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish.
Ngaisah, N. C., & Aulia, R. (2023). Perkembangan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 1-25. https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:KRx2AR3eJDsJ:scholar.google.com/+pengertian+paud+menurut+jurnal+bunayya&hl=id&as_sdt=0,5
Pamadi, Hajar. (2008). Seni Keterampilan Anak. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Pamadhi, Hajar. (2012). Pendidikan seni (Hakikat, Kurikulum Pendidikan Seni, Habitus Seni dan Pengajaran Seni untuk Anak). Yogyakarta: UNY Press.
Peraturan Menteri pendidikan dan Kebudayaan (PERMENDIKBUD) Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak usia Dini.
Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Supriyenti, A. (2013). Meningkatkan Kreativitas Seni Rupa Anak Melalui Kegiatan Mencetak dengan Bahan Alam di PAUD Aisyiyah Lansano Pesisir Selatan. Spektrum PLS UNP, I No 2(20).
Yuliantini, S., & Arsih, R. (2023). Penerapan Finger Painting dalam Mengembangkan Aspek Perkembangan Motorik Halus Anak Kelas A di Taman Kanak Islam Terpadu Ya Bunayya Sambas. PrimEarly: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, 6(1), 1-10.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v10i2.24859
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Lora Santika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:
Support By: Collaborated With:
Visitors: