PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN MENJEMUR ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B3 TK ADHYAKSA BANDA ACEH

Fitria, Loeziana Uce, Zikra Hayati,

Abstract


Dilapangan ditemukan bahwa kemampuan dalam mengenal lambang bilangan, khususnya 1-10 anak masih rendah, dapat dilihat anak masih kesulitan dalam menyebutkan bilangan 1-10, anak juga belum bisa membedakan bilangan, disebabkan oleh kurang tersedianya media pembelajaran yang menarik dan menunjang anak dalam belajar. Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui aktifitas guru selama proses pembelajaran dengan penggunaan media papan raba untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada kelompok A di TK AlifBa 1 Iskandar Muda Banda Aceh. (2) Untuk mengetahui peningkatan penggunaan media papan raba dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A di TK AlifBa 1 Iskandar Muda Banda Aceh. Metode penelitian digunakan dalam penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu bersifat kolaboratif karena peneliti bekerja sama dengan guru kelas dalam melakukan proses pembelajaran. Instrumen dalam penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi kemampuan mengenal lambang bilangan anak. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun yang terdiri dari 15 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siklus I aktifitas guru memperoleh nilai rata-rata 3,71 dengan kriteria baik. Sedangkan pada Siklus II aktifitas guru mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 4,90 dengan kriteria sangat baik. Kemampuan mengenal lambang bilangan dengen penggunaan media papan raba meningkat, dapat dilihat pada Siklus I mencapai 64,44% dengan kriteria berkembang sesuai harapan. Sedangkan pada Siklus II mengalami peningkatan dengan total nilai mencapai 83,88% dengan kriteria berkembang sangat baik.

Keywords


Media Papan Raba, Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Bumu

Akasara.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, Johni. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan & Aplikasinya pada

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Indonesia: Kencana.

Jamaris, Martini. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman

Kanak-Kanak.. Jakarta: Grasindo.

Kustiawan, Usep. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini.

Malang: Gunung Samudera.

Mukhlis. (2015). Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Materi Pokok

Perbandingan di Kelas VII Smpn Pailangga, Tesis. Surabaya: Universitas

Negeri Surabaya.

Sudjana, Nana. (2003). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Mutiara

Permata.

Suryadi, dkk. (2013). Konsep Dasar Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:

Hikayat Publishing.

Yusianti. 2016. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan

Melalui Bermain Kartu Angka Bergambar pada Anak Usia TK”. Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 9 Tahun ke-5 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v5i1.6383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.