FAKTOR DAN KONDISI YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI

Hijriati -

Abstract


Artikel ini membahas tentang perkembangan sosial yang merupakan interaksi anak dengan lingkungan. Perkembangan social juga merupakan suatu kematangan dalam hubungan sosial (lingkungan) dan kemampuan bertingkah laku sesuai dengan norma, nilai, atau harapan sosial. Perkembangan emosi anak berkaitan dengan kemampuan dalam memahami perasaan dengan cara mengekspresikan secara tepat. Seperti, ketika anak lapar dia akan meluapkan perasaannya dengan cara menangis. Dengan demikian, dibutuhkan situasi dan kondisi yang mendukung dalam perkembangan social emosional anak usia dini.

Keywords


Sosial Emosional; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Bahri, Syaiful, dkk. 2006. Psikologi Pendidikan. Banda Aceh: UPT Perpustakaan

Unsyiah.

Hurlock Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Masher, Riana.2011. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Perkembangannya.

Jakarta: Kencana.

Hurlock Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga. (Hal 241)

Volume V. Nomor 2. Juli-Desember 2019│102

Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta:

PT Bumi Aksara.

Yuliani Nurani Sujiono, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT

Indeks, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v5i2.6392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



                                  Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:


                 Support By:                                       Collaborated With:                   

   

               Visitors:

Flag Counter