MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI OTAK ANAK USIA DINI DI LEMBAGA PAUD
Abstract
Pembelajaran Quantum merupakan model pembelajaran berbasis mencakup seluruh aspek perkembangan stimulus otak anak usia dini. Hal ini, penting untuk dilakukan agar diaktualisasikan dalam proses pembelajaran, lebih khususnya pada pembelajaran anak usia dini (PAUD). Fokus penelitian ini, akan mengkaji beberapa aspek yang urgen untuk menjawab penelitian ini, Pertama, memahami prinsip-prinsip model pembelajaran Quantum. Kedua, langkah-langkah aplikasin model pembelajaran Quantum anak usia dini (PAUD). Ketiga, menganalisis implikasi Quantum sebagai basis mengembangkan potensi anak usia dini dalam proses pembelajaran. Adapun penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif dimana salah satu penelitian yang menggambarkan sesuatu yang ada dilapangan, mengamati dan menganalisa apa saja yang ditemukan dalam penelitian tersebut: planning, organizing, acuatatingdan controlling, dari berbagai penyebab dalam memiliki konstribusi dengan penerapan model pembelajaran paud. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pembelajaran model Quantum dapat mengembangkan potensi otak khusunya pendidikan anak usia dini (PAUD). Secara realitas, pengaruh pembelajaran Quantum dapat menumbuhkan daya ingat dalam pembelajaran, menguatkan daya ingatan, dan menumbuhkan pembelajaran yang efektif sesuai dengan aplikasi pembelajaran tersebut.
Keywords
References
Abidatul Khasanah, Sri Satyo Wati, (2014) Pengaruh Quantum Learning Terhadap Kemampuan Mengenal Lambing Bilangan Anak Kelompok A Di TK Bina Warga. Journal PG-PAUD, Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.
Agus Supar Mono,(2016) Pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar siswa kelas 111 SD YPS Lawewu. Journal nalar pendidikan.vol 4.
Dewi Mayangsari, Vitrotul Umroh, (2014) Peran keluarga dalam motivasi anak usia dini dengan metode quantum learning. Journal PG-PAUD trunojoyo, vol :1.
Mardi Fitri, (2020) Penerapan model pembelajaran quantum learning di lembaga pendidikan anak usia dini. Journal pendidikan Raudatul Athafal. Uin sunan kalijaga
Mike Hemacki B.D.P.(2016) Quantum Learning (membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan). Kfia.
Novita Basria, (2018) Leonard. Model perkembangan quantum learning dan strategi pembelajaran tugas paksa. Seminar nasional dan diskusi panel disiplin hasil penelitian dan pengabdian masyarakat. Jakarta.
Nelva Rolina, (2008) Quantum Learning Sebagai Strategi Pembelajaran Di TK. Journal Tenaga Pengajar PGTK-PGPAUD-PGSD FIP UNY. Yogyakarta.
Nureani,(2014) Strategi Pembelaajaran Untuk Anak Usia Dini. Journal Pengkajian Ilmu Pembelajaran Matematika Dan Ipa “PRISMA SAINS”
Partini, (2010) Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini . Garfindo Lentera Media. Yogyakarta.
Puspita Ria Oktari, Nurlaili, Ahmad Syarifin, (2019) Kesulitan Anak Usia Dini Dalam Berintraksi Sosial Di TK Negeri 09 Bengkulu Selatan.(Journal al-Fitrah.
Putri Wulanditya, (2016) Quantum Learning, experiment to increase learning outcomes. Journal of accounting and business education.
Syamsuradi, Hajerah, (2018)Penggunaan model pembelajaran pad ataman kanak-kanak kota makasar. Journal care 5 (2)
Setyoadi Purwanto. (2019) Unsur pembelajaran edutainment dalam quantum learning. Journal studi dan penelitian pendidikan Islam.
Suyadi, (2010) Psikologi belajar PAUD pendidikan. Pustaka Insan Madani. Yogyakarta: hal:232
Zuhairansyah Arifin, (2011) Quantum learning and teaching, menuju arah pembelajaran bermakna. Journal ilmiah keislaman.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.7274
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Supian Azhari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:
Support By: Collaborated With:
Visitors: