PEMIKIRAN BEHAVIORISME DALAM PENDIDIKAN (Study Pendidikan Anak Usia Dini)

Siti Maghfhirah, Maemonah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta memahami bagaimana teori perkembangan behaviorisme bisa di aplikasikan pada pembelajaran anak usia dini untuk kegunaan nya dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran pada teori ini yaitu melalui filsafat PAUD akan memberikan landasan filosofis bagaimana cara memberi stimulus dan respon yang sesuai dengan kondisi kemampuan dalam diri anak. Jika Pendidikan harus mampu di capai oleh anak, maka segala yang menjadi kebutuhan anak harus di penuhi sesuai arahan yang jelas, tujuan yang relevan pada tahapan usia dan perkembangan anak. Salah satu sebab terjadi nya perubahan tingkah laku maka harus di analisis terlebih dahulu. Dalam perkembangan belajar melalui teori behviorisme, memiliki proses yang paling dasar yaitu sikap, etika, perilaku, serta kebiasaan hidup. Perilaku manusia sangat mempengaruhi pada lingkungan, peranan aksi-reaksi, stimulus-respon, serta hasil dan potensi belajar pada anak. Melalui tahapan tumbuh kembang fisik, kognitif, dan sosial emosional nya, di harapkam anak memiliki perkembangan dan rangsangan yang kuat dalam diri nya. semua di lakukan agar anak memiliki pribadi lebih baik serta memiliki kemampuan generative di kehidupan era-global di masa yang akan datang.

Keywords


Proses Pembelajaran Filsafat PAUD; Perkembangan Belajar Behaviorisme; Hasil Potensi Belajar Pada Anak

Full Text:

PDF

References


Agoes Dariyo. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rafika Aditama, 2002.

B, Watson J. Psychology as the Behaviorist Views It. Guild Ford Press, 1989.

Conny R Semiawan. Belajar Dan Pembelajaran Pra Sekolah. Jakarta: index, 2008.

Djaali. Psikologi Pendidikan, Cet. Ke-10. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2017.

Erickson dalam Dariyo. Psikologi Perkembangan Usia Muda. Jakarta: Grasindo, 2004.

Fahyuni, Eni Fariyatul, Istikomah. Psikologi Belajar & Mengajar. Sidoarjo: Nizamia: Learning Center, 2016.

Hall, C & H Lindzay. Theories of Personality. Newyork: McGraw, 1978.

John W Shantrock. , Educational Psychology, Cet. Ke-3. Jakarta: Salemba Humanika, 2009.

M Said. Ilmu Pendidikan. Bandung: Alumni, 1989.

Munandar S.C Utami dalam Semiawan, Conny R. Childrens Creativity in Indonesia. Jakarta: Kencana, 1998.

Mursid. Belajar Dan Pembelajaran PAUD. Cet. 1. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.

Novi Irwan Nahar. “Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran.” Ilmu Pengetahuan Sosial 1 (n.d.).

Robert K. Gable. Instrument Development In Affective Domain. Boston: Kluwer, n.d.

Rusli dan Kholik. Muncul Nya Sikap Perilaku Dan Penguatan. Ni Nahar, 2013.

Santrok, John W. Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2010.

Satya Widya. “Hakikat Pendidikan Menurut John Dewey,.” Jurnal Pendidikan Dalam Perspektif John Dewey 30, no 1 (n.d.).

Volume VI. Nomor 2. Juli-Desember 2019│110

Sigit Sanyata. Teori Dan Aplikasi Pendekatan Behavioristik Dalam Konseling. Yogyakarta: Jurnal Paradigma 14, 2012.

Sofiya Hartati. Perkembangan Belajar AUD. 2005. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, n.d.

Sumardi Suryabrata. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press, 1984.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v6i2.7279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.