ANALISIS PROBLEMATIKA PRILAKU PERKEMBANGAN ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK

Anggil Viyantini Kuswanto Na’imah

Abstract


Problematika perkembangan anak usia dini yaitu sesuatu hal yang akan mengganggu kehidupan anak, yang timbul karena ketidaksesuaian pada perkembangannya. Tujuan dari penelitian untuk memahami permasalahan anak usia taman kanak-kanak agar dapat meminimalkan kemunculan dan dampak permasalahan tersebut serta mampu memberikan upaya bantuan yang tepat. Oleh sebab itu, pentingnya mengetahui perkembangan anak usia dini karena pada masa ini, anak berada pada masa emas yang hanya datang sekali dan tidak dapat diulang. Sebagai pendidik dan orang tua wajib untuk melihat tumguh kembang anak sejak dini, dan betapa ruginya orang tua yang tidak peduli akan perkembangan anaknya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan library research atau penelitian kepustakaan, dengan alat pengumpul data berupa data primer dan data sekunder seperti observasi buku problematika perkembangan Pendidikan anak usia dini dan data sekunder data penunjang yang relevan dengan penelitian ini, seperti buku, majalah, dokumen dan artikel-artikel jurnal tentang penelitian secara langsung . Teknis analisis penelitian ini berupa Teknik content analysis atau analisis isi. Berdasarkan Hasil kajian menunjukkan bahwa cara menangani problematika prilaku perkembangan anak usia taman-kanak-kanak melalui 5 tahap yaitu 1) Identifikasi kasus dan masalah; 2) Diagnosis; 3) Prognosis; 4) Treatment;dan 5) evaluasi.

Keywords


Perkembangan Anak Usia Taman kanak-kanak; Problematika Prilaku.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, W., & Kuswanto, C. W. (2019). Teknik Ceklist Sebagai Asesmen Perkembangan Sosial Emosional Di Ra. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (2), 61-70. Https://Doi.Org/10.24042/Ajipaud.V2i2.5248 Arriani, F. (2014). Perilaku Agresif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 263 - 274.

Hasan Maimunah, (2010). PAU (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Diva Press.

Izzaty, Rita Eka, Dkk. (2017). Model Konseling Anak Usia Dini. Bandung : Pt Remaja Rosdakary

Khatibah. (2011). Penelitian Kepustakaan, Jurnal Jurnal Iqra’. 05.01. Kuswanto, C. W. (2016). Menumbuhkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Bermain. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini Darul Ilmi, 1(2).

Latif, Mukhtar, Dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Mirzaqon T, Abadi Dan Purwoko, Budi. (2018). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal BK UNESA 8.1

Morrison, George S. (2016). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: PT Indeks.

Volume VI. Nomor 2. Juli-Desember 2019│112

Nasution, Nur Kholidah. (2020). Problematika Dan Solusi Dalam Perkembangan Anak Usia Dini (Aud) Di Tk Aisyiyah Busatanul Athfal Sapen Yogyakarta. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1 (1) E-Issn: 2721-0685

Nasution, Nur Kholidah. (2019). Perkembangan Anak Usia Dini (AUD) Di TK Aisyiyah: Problematika Dan Solusi . Jurnal Penelitian Keislaman 15 (2): 130-143.

Rozalena, Muhammad Kristiawan. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. Jurnal Manajemen, Kepemimpinandan Supervisi Pendidikan 2 (1).

Srinahyani. (2017). Kesiapan Bersekolah Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B Ditinjau Dari Lembaga Pendidikan Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua. Jurnal SEJ 7 (4)

Suranata, Kadek Dan Sulastri Made. (2010). Masalah-Masalah Yang Dialami Anak Usia Dini Dan Implikasinya Bagi Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Di Taman Kanak-Kanak, Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43, 11.

Syaodih, Ernawulan Dan Agustin, Mubiar. (2006). Bimbingan Konseling Untuk Anak Usia Dini. Tanggerang Selatan: Univesitas Terbuka.

Van As Nicole M.C. (1999). Familu Functioning And Child Behavior Ploblem Thesis. Netherland: Nijmehen University.

Widiyati, Dkk. (2019). Analisis Kecemasan Anak TK Di Awal Masuk Sekolah Dalam Interaksi Didalam Kelas Di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3. 2.

Wiyani, Novan Ardy, (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media

Zakiyah, Nisaus. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Toddler Di Dukuh Pelem Kelurahan Baturetno Banguntapan Bantul, Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah Yogyakarta.

Volume VI. Nomor 2. Juli-Desember 2019│113

Zed Mustika. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v6i2.7308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.