ANALISIS PSIKOLOGI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI

Sukatin, Qomariyyah Yolanda Horin, Alda Afrilianti Alivia, Rosa Bella

Abstract


Pada masa usia anak usia dini anak mengalami masa keemasan (golden age) yang merupakan dimana anak mulai peka dan sensitive untuk menerima rangsangan atau stimulus. Masa peka adalah masa terjadinya kematangan fungsi fisik dan psikis yang siap merespon rangsangan yang diberikan oleh lingkungan. Masa ini juga merupakan masa dasar untuk mengembangkan kemampuan kognitif, motoric, bahasa, social emosional, agama dan moral. Anak dilahirkan belum bersifat sosial untuk mencapai kematangan dalam berhubungan sosial, tentang cara-cara anak menyesuaikan diri dengan orang lain, nroma-norma kelompok, dan tradisi. Sedangkan kecerdasan emosi anak usia dini bertanggung jawab terhadap harga diri, kesadaran diri, kepekaan emosional serta mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Jika kepekaan emosiaonal nya tinggi, maka akan mampu memahami berbagai pembagian perasaan yang muncul serta dapat mengenali diri sendiri. Kecerdasan emosional merupakan bentuk kemampuan diri untuk lebih proposional dalam menempatkan diri dilingkungan. Kecerdasan sosial emosional anak dapat dikembangkan dengan cara melakukan permainan, adapun pengaruh perkembangan pada anak terdapat pada teman sebaya, permainan, dan televisi.

Keywords


Kepekaan anak; perkembangan sosial emosional anak pada masa awal; kecerdasan sosial emosional.

Full Text:

PDF

References


Mursid, (2015). pengembanga pembelajaran PAUD, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Novita Ayu Anggreni, (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Bermain Dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Prasekolah (3-6 tahun) Di TK Pertiwi Jembungan Boyolali, Naskah Publikasi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta,

Rochi Simon, 1 Model Permainan di Sekolah Dasar Berdasarkan DAP di Bandung Barat, Jurnal Penelitian, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia

Vinayastr Amelia dkk, (2018). metode perkembangan sosial emosi anak usia dini, Tasikmalaya

Cole dkk, (2019). diskusi yang diperluas tentang perkembangan pemahaman emosi anak-anak, Texas

Pasquin dkk, (2017). deskripsi penelitian terbaru tentang usia ketika anak-anak mempertimbangkan frekuensi kesalahan relatif pemberi informasi dalam memutuskan apakan akan memepercayai orang tersebut, Harvard University

Rina wijayanti, (Vol.5 No. 1, Mei 2014). Permainan Tradisional Sebagai Media Pengembangan Kemampuan Sosial Anak, Cakrawala Dini

Jhon W. Santrock, (2011). Masa Perkembangan Anak Edisi 11 buku 2, Jakarta

Eva Pebriani, (2018). Terjemahan Pengembangan Cipta Bahasa dan Seni, Jambi




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v6i2.7311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.