IMPLEMENTASI POP-UP COMIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK SEBAGAI MEDIA LITERASI

Mawarni Purnamasari, Suyadi

Abstract


Di era revolusi industri 4.0 membawa pengaruh pada mainan anak. Saat ini anak lebih menyukai permainan dan media yang modern dan canggih, khususnya smartphone. Padahal media tersebut memiliki dampak yang buruk bagi anak. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian penerapan media pop-up comic yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa serta mendukung aktivitas literasi sejak dini yang diterapkan pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif desktriptif. Penelitian ini dilakukan di PAUD Terpadu N. 1 Rumah Cinta Kab. PALI Prov. Sumsel. Hasil penelitian berdasarkan aspek perkembangan bahasa memperoleh hasil peningkatan yang baik sekali. Maka dapat disimpulkan bahwa media pop-up comic untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak sebagai media literasi dapat diimplementasikan dalam pelajaran untuk anak usia 5-6 tahun dengan baik sekali.

Keywords


Bahasa; Komik; Literasi; Media; Pop-Up

Full Text:

PDF

References


Anwar --, T.M., and H Ibrahim. (2013) “Model Pengembangan Alat Permainan Edukatif Berbasis Sosial Budaya Pada Pembelajaran Anak Didik Kelompok Bermain.” Jurnal Pendidik Dan Kebud 19, no. 2: 251–251. https://doi.org/https://Doi.Org/10.24832/Jpnk.V19i2.283.

Bluemel, and Taylor. (2012.) Pop Up Books: A Guide for Teachers and Librarians. USA: Library of Congress Cataloging-in-Publication-Data

Brooker, L. (2011) “Taking Children Seriously: An Alternative Agenda for Research?” Journal of Early Childhood Research 9, no. 2: 137–49.

Dieterich, S.E, M.A. Assel, P. Swank, K.E. Smith, and S.H. Landry. (2006) “The Impact of Early Maternal Verbal Scaffolding and Child Language Abi-Lities on Later Decoding and Reading Comprehension Skills.” Journal of School Psychology 4, no. 3: Journal of School Psychology, 43, 481-494.

Dzuanda. (2011 ) “Perancangan Buku Cerita Anak Pop-Up Tokoh-Tokoh Wayang Berseri, Seri ”Gatotkaca”.” Jurnal Library ITS Undergraduate, http://library.its.undergraduate.ac.id.

Essa, Eva L. (2011) Introduction to Early Childhood Education. 6th Edition. 6th ed. Canada: Nelson Education, Ltd.

Juliati, Diana Andini. (2014) “Peningkatan Motivasi Menulis Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Media Komik.” Jurnal Ilmiah Visi P2tk PAUDNI 9, no. 2: 125–31.

Martinis, Yamin, and Jamilah Sabri Sanan. (2012) Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Ciputat: Gaung Persada Press group.

Muktiono, Joko D. (2003) Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Roza, M.M. (2012) “Pelaksanaan Pembelajaran Sains Anak Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 29 Padang.” Jurnal Pesona PAUD 1.

Sabuda, Robet. (2014) “Pop-Up Book,” www.robetsabuda.com.

Tedjasaputra, M.S. (2007) Bermain, Mainan Dan Permainan Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

___. (2019) “Aktivitas Literasi Bermakna.” Surat Kabar Guru Belajar. II Tahun Ke 4 edition.

___. (2014). “Topik Parenting: Dampak Positif Dan Negatif Bagi Anak.” Majalah Vemale. www.vemale.com/topik/parenting-dan-bayi/34664-dampak-positif-dan-negatif-gadget.html.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mawarni Purnamasari, Suyadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

                                  Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:


                 Support By:                                       Collaborated With:                   

   

               Visitors:

Flag Counter