Penggunaan Media Pembelajaran Mind Map Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X Teknik Audio Video SMKN 1 Simpang Ulim

Andrika Maili, Hadi Kurniawan, Ghufran Ibnu Yasa

Abstract


Dari hasil observasi awal peserta didik dalam bidang teknik audio vidio pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMKN 1 Simpang Ulim masih terdapat kekurang pada penggunaan media pembelajaran dan masih rendahnya hasil belajar peserta didik yang belum mencapai kriteria (KKM ). Penelitian   inidilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran Mind Map dikelas X Teknik audio vidio SMKN 1 Simpang Ulim. Penerapan media pembelajaranMind Map adalah sebagai proses memetakan pikiran untuk menghubungkan konsep-konsep permasalahan   tertentu dan hasilnya dituangkan langsung   diatas kertas dengan animasi yang disukai dan gampang dimengerti oleh pembuatnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini  adalah metode kuantitatif dengan Quasi-Eksperimen yang merupakan eksperimen semu untuk mengetahui  ada tidaknya akibat dari suatu perlakuan yang dikenakan pada subjek didik.Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik di SMKN 1 Simpang Ulim dengan jumlah 396 peserta didik, sedangkan sampel yang digunakan seluruh peserta didik di kelas X teknik audio vidio di SMKN 1 Simpang Ulim sebanyak 17 orang. Pengumpulan data mengguankan pretes, perlakuan dan postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa   hasil balajar peserta didik sebelum menggunakan media pembelajaran mind map dengan nilai rata-rata yaitu 29.11 dan setalah diberikan perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran nilai rata-rata nya meningkat sebesar 66.47. Analisis  hasil  belajar    diperoleh  thitung>ttabel   (7.33>2.110)  sehingga  H0   ditolak  dan  Ha   diterima. Sehingga dapat disimpulakan bahwa penggunaan media pembelajaran Mind Map pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMKN 1 Simpang Ulim berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.


Keywords


Media Pembelajaran Mind Map, Hasil Belajar, Quasi Eksperimen

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: rajawali Press.

Hadafi, Y. (2014). Pemanfaatan media Audio Visual pada Materi sistem gerak. Bandung: Remaja Rosdaya Offset.

Hikmat, M. M. (2011). Metode Pembelajaran dalam perspektif ilmu komunikasi dan sastra.

yogyakarta: Graham Ilmu.

I.W.Santyasa. (2005). Analisis butir dan konsistensi internal tes, makalah, disajikan dalam workshop bagi para pengawas dan kepala sekolah. kendiri: tabanan bali.

Listiyarini, R. (2012). Dasar Listrik dan Elektronika. Sleman: CV Budi Utama. Prayitno, d. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta. Ruswandi. (2013). Psikologi Pembelajaran. Bandung: Cipta Pesona Sejahtera.

Santyasa, W. (2007). Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Banjarangkan Klungkung: Universitas Pendidikan Genesha.

Sholihah, M. (2015). Penerapan model pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan kretivitas dan hasil belajar. jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (2005). Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sudjono, A. (2007). Pengantar Statistik Pendidikan. jakarta: Raja Grafindo.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metodelogi penelitian pendidikan, pendekatan kualitatif, kuantitatif dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, B. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Syah, M. (2015). psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja rosdaya.

Tony Buzan, B. C. (2005). Cara membuat anak menjadi pinter. Jakarta: Gramedia Pustaka

Utama.

Zuyadi, S. d. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar dalam Materi Hukum OHM dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh. Circuit Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro , 9.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/crc.v5i1.8409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Andrika Maili, Hadi Kurniawan, Ghufran Ibnu Yasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Circuit has been indexed by:

  

     

© CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro Published by Faculty of Teaching and Training, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia.

Creative Commons License
CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.