Penggunaan Media Pembelajaran Mind Map Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X Teknik Audio Video SMKN 1 Simpang Ulim
DOI:
https://doi.org/10.22373/crc.v5i1.8409Keywords:
Media Pembelajaran Mind Map, Hasil Belajar, Quasi EksperimenAbstract
Dari hasil observasi awal peserta didik dalam bidang teknik audio vidio pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMKN 1 Simpang Ulim masih terdapat kekurang pada penggunaan media pembelajaran dan masih rendahnya hasil belajar peserta didik yang belum mencapai kriteria (KKM ). Penelitian inidilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran Mind Map dikelas X Teknik audio vidio SMKN 1 Simpang Ulim. Penerapan media pembelajaranMind Map adalah sebagai proses memetakan pikiran untuk menghubungkan konsep-konsep permasalahan tertentu dan hasilnya dituangkan langsung diatas kertas dengan animasi yang disukai dan gampang dimengerti oleh pembuatnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan Quasi-Eksperimen yang merupakan eksperimen semu untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari suatu perlakuan yang dikenakan pada subjek didik.Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik di SMKN 1 Simpang Ulim dengan jumlah 396 peserta didik, sedangkan sampel yang digunakan seluruh peserta didik di kelas X teknik audio vidio di SMKN 1 Simpang Ulim sebanyak 17 orang. Pengumpulan data mengguankan pretes, perlakuan dan postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil balajar peserta didik sebelum menggunakan media pembelajaran mind map dengan nilai rata-rata yaitu 29.11 dan setalah diberikan perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran nilai rata-rata nya meningkat sebesar 66.47. Analisis hasil belajar diperoleh thitung>ttabel (7.33>2.110) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulakan bahwa penggunaan media pembelajaran Mind Map pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMKN 1 Simpang Ulim berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: rajawali Press.
Hadafi, Y. (2014). Pemanfaatan media Audio Visual pada Materi sistem gerak. Bandung: Remaja Rosdaya Offset.
Hikmat, M. M. (2011). Metode Pembelajaran dalam perspektif ilmu komunikasi dan sastra.
yogyakarta: Graham Ilmu.
I.W.Santyasa. (2005). Analisis butir dan konsistensi internal tes, makalah, disajikan dalam workshop bagi para pengawas dan kepala sekolah. kendiri: tabanan bali.
Listiyarini, R. (2012). Dasar Listrik dan Elektronika. Sleman: CV Budi Utama. Prayitno, d. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta. Ruswandi. (2013). Psikologi Pembelajaran. Bandung: Cipta Pesona Sejahtera.
Santyasa, W. (2007). Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Banjarangkan Klungkung: Universitas Pendidikan Genesha.
Sholihah, M. (2015). Penerapan model pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan kretivitas dan hasil belajar. jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. (2005). Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Sudjono, A. (2007). Pengantar Statistik Pendidikan. jakarta: Raja Grafindo.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif.
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metodelogi penelitian pendidikan, pendekatan kualitatif, kuantitatif dan
R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryosubroto, B. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Syah, M. (2015). psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja rosdaya.
Tony Buzan, B. C. (2005). Cara membuat anak menjadi pinter. Jakarta: Gramedia Pustaka
Utama.
Zuyadi, S. d. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar dalam Materi Hukum OHM dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh. Circuit Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro , 9.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
The Journal uses license CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).