PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN KARIR TOWER OF CAREER UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMP

Khofiyatun Nisa, Sholih Sholih, Arga Satrio Prabowo

Abstract


Abstract : This study aims to develop a game-based career planning information media that can improve the understanding of the career planning of junior high school students. This is expected to contribute to the use of game-based career planning information media in the learning process that can improve understanding of junior high school students' career planning. This research was conducted at SMPN 3 Kota Cilegon with the target of class VIII students. Respondents obtained as many as 8 students with quota sampling technique revealed from the distribution of career planning questionnaires consisting of aspects of self-understanding, the ability to collect career information, and the ability to choose the desired career goals with a reliability of 0.917. The method used is research and development. The results of material expert validation are 72%, while from media experts the results are 74.3%. The respondents who were involved in the limited trial had career planning in the medium category. The result of the response test is 78.5% and is included in the appropriate media category. Career planning information game media can be used as an innovation in providing Guidance and Counseling services so that students can have a high interest in participating in the service so that students can concentrate and the goals of the service can be achieved.


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media informasi perencanaan karir berbasis  permainan yang dapat meningkatkan pemahaman untuk perencanaan karir peserta didik Sekolah Menengah Pertama. Hal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam penggunaan media informasi perencanaan karir berbasis permainan dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman untuk perencanaan karir peserta didik Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini dilakukan di SMPN Negeri 3 Kota Cilegon dengan sasaran siswa kelas VIII. Jumlah responden yang didapat sebanyak 8 orang siswa dengan teknik quota sampling yang diungkap dari penyebaran kuisioner perencanaan karir yang terdiri dari aspek pemahaman diri, kemampuan mengumpulkan informasi karir dan kemampuan memilih tujuan karir yang diinginkan dengan reliabilitas 0,917. Metode yang digunakan adalah research and development. Hasil validasi ahli materi sebesar 72%, sedangkan dari ahli media diperoleh hasil sebesar 74,3%. Pada responden yang dilibatkan dalam uji coba terbatas yang memiliki perencanaan karir dalam kategori sedang. diperoleh hasil uji respon ialah sebesar 78,5% dan termasuk ke dalam kategori media layak. Media permainan informasi perencanaan karir dapat dijadikan sebuah inovasi dalam memberikan layanan Bimbingan Dan Konseling agar siswa dapat memiliki ketertarikan yang tinggi untuk mengikuti layanan sehingga siswa dapat berkonsentrasi dan tujuan dari layanan tersebut dapat tercapai.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media informasi perencanaan karir berbasis[p1]  permainan yang dapat meningkatkan pemahaman untuk perencanaan karir peserta didik Sekolah Menengah Pertama. Hal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam penggunaan media informasi perencanaan karir berbasis permainan dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman untuk perencanaan karir peserta didik Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini dilakukan di SMPN Negeri 3 Kota Cilegon dengan sasaran siswa kelas VIII. Jumlah responden yang didapat sebanyak 8 orang siswa dengan teknik quota sampling yang diungkap dari penyebaran kuisioner perencanaan karir yang terdiri dari aspek pemahaman diri, kemampuan mengumpulkan informasi karir dan kemampuan memilih tujuan karir yang diinginkan dengan reliabilitas 0,917. Metode yang digunakan adalah research and development. Hasil validasi ahli materi sebesar 72%, sedangkan dari ahli media diperoleh hasil sebesar 74,3%. Pada responden yang dilibatkan dalam uji coba terbatas yang memiliki perencanaan karir dalam kategori sedang. diperoleh hasil uji respon ialah sebesar 78,5% dan termasuk ke dalam kategori media layak. Media permainan informasi perencanaan karir dapat dijadikan sebuah inovasi dalam memberikan layanan Bimbingan Dan Konseling agar siswa dapat memiliki ketertarikan yang tinggi untuk mengikuti layanan sehingga siswa dapat berkonsentrasi dan tujuan dari layanan tersebut dapat tercapai.

 [p1]Tambahkan gambaran hasil di abstrak


Keywords


Media; Bimbingan Karir; Perencanaan Karir;

Full Text:

PDF

References


Gibson, R.L dan Mitchell, M.H. (2011). Bimbingan dan Konseling.Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Hurlock, Elizabeth. (1980). Developmental Psykology A Live Span Approach (Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentan Kehidupan). Penerjemah : Dra. Istiwidayanti, Drs. Soedjarwo, M.Sc & Drs. Ridwan Max Sijabat. Jakarta : Erlangga.

Musfirah. (2015). Pengembangan Modul Perencanaan Karier Untuk Siswa SMP. Universitas Negeri Makassar.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.

WS. Winkel & Sri Hastuti. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta : Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/je.v8i1.11710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Edukasi : Jurnal Bimbingan Konseling
Under Licensed CC-BY-SA
© Published by Prodi Bimbingan Konseling  FTK UIN Ar-Raniry Collaboration with Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (ABKIN);
All rights reserved 2020. ISSN 2460-4917 (Print); 2460-5794 (Online)

 

Indexed By: