ANALISIS KEMAMPUAN MENGINGAT HAFALAN JUZ ‘AMMA SISWA SEKOLAH DASAR (Ditinjau dari Teori Penyimpanan Informasi Atkinson-Shiffrin)

Muhammad Polem, Afrilia Dwi Cahya, Ismail Marzuki Hasibuan, Karman Karman, A. Heris Hermawan

Abstract


Abstract: The ability to remember is an important thing in the teaching and learning process, because remembering becomes a method to store all information. Elementary school students in fact have the ability to remember which is still sharp compared to adults. Therefore, the memory should be trained and developed by memorizing short chapters in the Qur'an. But another problem arises, when memory disease appears (forgetting). So here it is very necessary to have the role of teachers and parents as a companion for children in memorizing short chapters in the Qur'an. This study aims to analyze the ability to remember the memorization of juz 'amma in elementary school students based on the Atkinson-Shiffrin information storage theory review. This research method uses a qualitative approach, data collection techniques include observation, interviews, documentation and data triangulation, analysis techniques by reducing, displaying, and concluding data. While data validity techniques with credibility test, transferability test, depenability test, and confirmability test. The results of the study state that the ability to remember the memorization of juz 'amma of SD Negeri 01 Tebat Karai students is quite good, this can be seen when students deposit memorization to their teachers, and the reading is almost perfect according to the law of tajweed. Thus, based on the theory of information storage, it can be stated that the process of remembering the memorization of juz 'amma students has reached the stage of storing information in long-term memory.

Keywords: Juz 'Amma Memorization; Recall Ability;  Elementary School; Information Storage Theory.

Abstrak: Kemampuan mengingat merupakan suatu hal yang penting dalam proses pengajaran dan pembelajaran, karena mengingat menjadi metode untuk menyimpan semua informasi. Siswa sekolah dasar notabenenya memiliki kemampuan mengingat yang masih tajam dibandingkan orang dewasa. Oleh karena itu, hendaklah ingatan itu dilatih dan dikembangkan dengan cara menghafal surah-surah pendek dalam Al-Qur’an. Namun permasalahan lain muncul, tatkala penyakit ingatan muncul (lupa). Maka disini sangat perlu adanya peran guru serta orang tua sebagai pendamping anak-anak dalam menghafal surah-surah pendek dalam Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mengingat hafalan juz ‘amma pada siswa sekolah dasar berdasarkan tinjauan teori penyimpanan informasi Atkinson-Shiffrin. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi serta triangulasi data, teknik analisis dengan cara mereduksi, mendisplay, dan menyimpulkan data. Sedangkan teknik keabsahan data dengan uji credibility, uji transferability, uji depenability, dan uji konfirmability. Adapun hasil penelitian menyatakan bahwa kemampuan mengingat hafalan juz ‘amma siswa SD Negeri 01 Tebat Karai sudah cukup baik, hal ini terlihat pada saat peserta didik menyetorkan hafalan kepada gurunya, dan bacaannya hampir sempurna sesuai hukum tajwid. Dengan demikian berdasarkan teori penyimpanan informasi, dapat dinyatakan bahwa proses mengingat hafalan juz ‘amma peserta didik telah mencapai tahap penyimpanan informasi pada memori jangka panjang.

Kata Kunci: Hafalan Juz ‘Amma; Kemampuan Mengingat; Sekolah Dasar; Teori Penyimpanan Informasi.

Keywords


Hafalan Juz ‘Amma; Kemampuan Mengingat; Sekolah Dasar; Teori Penyimpanan Informasi.

Full Text:

PDF

References


Anderson, B.F. 1990. The Complete Thinker: A Handbook of Theniques For Creative and Critical Problem Solving. New Jersey: Englewood Cliffs

Atkinson. 2000. Pengantar Psikologi. Jakarta: Interaksara

Baharudin, Esa Nur Wahyuni. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bruno. 1987. Kamus Istilah Psikologi. Yogyakarta: Kanisius.

Desyanwar. 2011. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Cet. 1, Surabaya : Amelia.

Elita, F. M. (2004). Memahami Memori. Mediator: Jurnal Komunikasi, 5(1), 147–160.

Illa, A., & Maolidah, L. (2019). Analisis Gangguan Berbicara: Penyakit Demensia Pada Film A Moment To Remember dengan Pendekatan Psikolingustik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 112–166.

Jaeggi, S.M., dkk. 2011. Short and Long-term Benefits of Cognitive Training. Proc Natl Acad Sci U S A.

J.E. Hall, dan Guyton A.C., 2008. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. Jakarta: EGC

Juniarti, F., Arofah, D. S., & Azizah, S. R. (2018). Meningkatkan Percaya Diri Anak Pada Aspek Kognitif Dengan Metode Bercerita. Jurnal Tunas Siliwangi, 4(1), 23–37.

Ma’rifah, E. N., Maksum, M. R., & Jinan, M. (2023). Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Anak Berkebutuhan Khusus di SMP Lazuardi Kamila Surakarta dan SMP Al-Islam Surakarta. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Muhammad Fitrah dan Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Noor, J. (2011). Meteode Penelitian. Jakarta: Kencana.

Polem, M., Saputri, S. N., Nupus, D., Rochman, C., Karman, K., & Nursobah, A. (2023). The Analysis of Difficulties in Implementing Learning Models in Islamic Education Teachers. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 22(2), 161–171.

Rakhmat, Jalaludin. 2000. Psikologi komunikasi. Bandung: Remadja Karya

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–228.

Sa’dullah. 2008. 9 Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an, Jakarta : Gema Insani.

Santrock, J.W. 2005. Adolescence, Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Santrock, J.W. 2008. Psikologi pendidikan: Edisi kedua. Jakarta: Prenada Media Group

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur, Bandung: Kencana, 2013.

Thalib, M. A. (2022). Pelatihan Analisis Data Model Miles Dan Huberman Untuk Riset Akuntansi Budaya. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1), 23–33.

Vianey, W. Y. (2020). Penguatan pembentukan karakter berbasis permainan berhitung orang Ngada. Lumen Veritatis: Jurnal Filsafat Dan Teologi, 10(2), 181–196.

Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Andi.

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/je.v9i2.16671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Edukasi : Jurnal Bimbingan Konseling
Under Licensed CC-BY-SA
© Published by Prodi Bimbingan Konseling  FTK UIN Ar-Raniry Collaboration with Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (ABKIN);
All rights reserved 2020. ISSN 2460-4917 (Print); 2460-5794 (Online)

 

Indexed By: