PENGARUH KEPERYACAAN DIRI TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS X DPIB SMK NEGERI 4 SEMARANG

Jossheas El Chrys Silooy, Dini Rakhmawati, Asih Nurhaning Tyas

Abstract


Abstract: This research aims to determine the influence of self-confidence on communication. The research method used is quantitative regression. The research subjects are 109 students from class X DPIB of the Department of State Vocational High School 4 Semarang, selected using a purposive sampling technique. The data collection method uses non-test techniques in the form of a Likert scale questionnaire consisting of 25 statements for self-confidence and 33 statements for interpersonal communication. The data analysis technique uses simple linear regression analysis assisted by the SPSS 26 program. The results show that self-confidence has a positive effect on interpersonal communication, as evidenced by the R Square value of 0.306. This means that the influence of self-confidence on interpersonal communication (Y) is 30.6%. The coefficient significance value (Sig.) is 0.000 < 0.05, indicating that self-confidence (X) has an effect on interpersonal communication (Y). The regression coefficient shows that the influence of self-confidence (X) on interpersonal communication (Y) is positive.

Keywords: Self-Confidence; Communication; Interpersonal Communication.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri terhadap komunikasi. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif regresi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X DPIB SMK Negeri 4 Semarang yang berjumlah 109 siswa diambil menggunakan teknik purposive sampling, dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik non tes berupa kuisioner model skala likert menggunakan skala kepercayaan diri 25 item pernyataan dan skala komunikasi interpersonal 33 item pernyataan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dibantu menggunakan program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri berpengaruh positif terhadap komunikasi interpersonal. Dibuktikan dengan nilai R Square sebesar 0,306. Artinya pengaruh kepercayaan diri terhadap komunikasi interpersonal (Y) sebesar 30,6 %. Coeffiencts nilai signifikansi Sig. sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa kepercayaan diri (X) berpengaruh terhadap komunikasi interpersonal (Y). Koefisien regresi menunjukkan pengaruh kepercayaan diri (X) terhadap komunikasi interpersonal (Y) bersifat positif.

Kata Kunci: Kepercayaan Diri; Komunikasi; Komunikasi Interpersonal.


Keywords


Kepercayaan Diri; Komunikasi; Komunikasi Interpersonal.

Full Text:

PDF

References


Cangara, Hafied. (2016). Pengantar ilmu komunikasi. Edisi kedua, Cetakan ke-17. Raja Grafindo Persada.

Chaplin, J.P. (2011). Kamus Lengkap Psikologi. Cet.14. Raja Grafindo Persada.

Devito, J. A. (2011). Komunikasi Antar Manusia Alih Bahasa Agus Maulana. Karisma Publishing Group.

Dinar, P., & Purnomo, H. (2016). Hubungan Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMAN 1 Garum Kabupaten Blitar. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(2), 55–59. http://journal.um.ac.id/index.php/bk

Effendy, O. U. (2017). Ilmu Komonikasi: Teori dan Praktek. Rosda.

Fatimah, E. (2010). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Pustaka Setia.

Ghozali, I. (2018). Analisis Multivariete Lanjutan dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Latandi, G. (2022). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dan Harga Diri dengan Keterampilan Komunikasi Interpersonal pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Tana Toraja. Pinisi Journal of Education.

Leuster, P. (2012). Tes Kepribadian (Terjemahan D.H. Gulo). Bumi Aksara.

Liliweri, A. (2015). Komunikasi Antar Personal. Prenadamedia Group.

Maulidya, D., & Ibrahim, Y. (2019). Relationship of Confidence with Interpersonal Communication. Jurnal Neo Konseling, 1(4), 2019. https://doi.org/10.24036/00189kons2019

Puspitasari, D., Retnaningdyastuti, & Maulia, D. (2022). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XII SMK N 1 Semarang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6).

Sahputra, D., Syahniar, & Marjohan. (2016). Kontribusi Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosi terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 5(3). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor

Sarma, W. O., Jahada, & Silondae, D. P. (2019). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Keterampilan Komunikasi Siswa SMA Negeri 1 Kalibangka. Bening, 3(2).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, RnD, dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2014). SPSS untuk Penelitian (Floren, Ed.). Pustaka Baru Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/je.v9i1.17807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Edukasi : Jurnal Bimbingan Konseling
Under Licensed CC-BY-SA
© Published by Prodi Bimbingan Konseling  FTK UIN Ar-Raniry Collaboration with Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (ABKIN);
All rights reserved 2020. ISSN 2460-4917 (Print); 2460-5794 (Online)

 

Indexed By: