NILAI MANFAAT BIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR TERHADAP SISWA: STUDI KEPUSTAKAAN
Abstract
Abstract: Generally, students have a negative mindset towards the existence of learning guidance and counseling at school. This research was conducted to examine the usefulness of learning guidance and counseling for students at school. Considering that students are apathetic towards learning guidance and counseling services when they experience problems with learning at school. As a result, the implementation of learning guidance and counseling programs is considered less effective. The research procedure used was qualitative, the researcher chose a literature review approach by searching and reviewing literature in the form of scientific journal articles and books with the same theme. The results of the literature review in this research state the function of learning guidance and counseling, namely overcoming student learning problems, preparing students' futures, and increasing students' personal maturity. It is necessary to disseminate information about the value of the benefits of learning guidance and counseling to students and the entire school.
Keywords: benefit, guidance; counseling; student.
Abstrak: Umumnya siswa memiliki maindset negatif terhadap keberadaan bimbingan dan konseling belajar di sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji nilai kebergunaan bimbingan dan konseling belajar untuk siswa di sekolah. Mengingat siswa bersikap apatis terhadap layanan bimbingan dan konseling belajar ketika mengalami masalah dengan pembelajaran di sekolah. Akibatnya, pelaksanaaan program bimbingan dan konseling belajar dianggap kurang efektif. Prosedur penelitian yang digunakan adalah kualitatif, peneliti memilih pendekatan kajian kepustakaan dengan menelusuri dan mengkaji literatur berupa artikel jurnal ilmiah maupun buku yang setema. Hasil kajian pustaka dalam penelitin ini menyatakan fungsi bimbingan dan konseling belajar, yaitu mengatasai problem belajar siswa, menyiapkan masa depan siswa, serta meningkatkan kematangan diri siswa. Perlu dilakukan sosialisasi tentang nilai manfaat bimbingan dan konseling belajar kepada siswa, dan seluruh pihak sekolah.
Kata Kunci: manfaat; bimbingan; konseling; siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, F., & Wahyumiani, N. (2022). Rendahnya Minat Siswa Dalam Memanfaatkan Layanan Bimbingan dan Konseling Pada Siswa Kelas IX SMP Dharma Bhakti Bambanglipuro Tahun Ajaran 2021/2022. Indonesian Journal of Education and Humanity 2(2), 27-40.
Budiarti, M. (2017). Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar (Pertama ed.). Jawa Timur: CV AE Media Grafika.
Dewi, T. W. G., Yusmansyah., & Sofia, A. (2017). Faktor Kurangnya Minat Siswa Pada Layanan Bimbingan dan Konseling. ALIBKIN 5(4), 108-120.
Fuadi. (2021). Memahami Bimbingan dan Konseling Belajar: Teori dan Aplikasi Dasar-Dasar Bimbingan serta Konseling Belajar cetakan ke-1. Jawa Barat: Penerbit Adab.
Ghazali, A., Swastinah, T., Budiono, A. N. Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi 4(2), 60-67. doi: https://doi.org/10.36835/jcbkp.v4i2.1073
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research): Kajian Filosofis, Teoritis, dan Aplikatif. Malang: Literasi Nusantara.
Harahap, A. P., Safitri, D., Hariyuni, A., Telaumbanua, I. I., & Nisa, S. (2023). Peran Bimbingan Konseling Islam dalam Meningkatkan Produktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling 5(1), 3652-3659. doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11595
Harahap, N. (2014). Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra’ 8(1), 68-73.
Heru, Sriyono. (2017). Bimbingan dan Konseling Belajar bagi Siswa di Sekolah edisi ke-3. Depok: Rajawali Pers.
Lesmana, G. (2022). Bimbangan dan Konseling Belajar cetakan ke-1. Jakarta: Kencana.
Mirawati. (2018). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Dan Kekompakan Kelompok Dalam Memantapkan Perencanaan Karir Siswa SMA Budi Agung Medan. Kognisi Jurnal 3(1), 2528-4495.
Ndari, D. W., & Sawitr, D. R. (2022). Dukungan Sosial Guru Bimbingan Konseling Dan Kematangan Karier Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Comal. Jurnal Empati 11(3), (2022): 129-133. doi: https://doi.org/10.14710/empati.2022.34472
Nengsih., Firman., & Iswari, M. (2015). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perencanaan Arah Karier Siswa SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. KONSELOR 4(3), 136-146. doi: https://doi.org/10.31227/osf.io/wqxun
Nida, K., & Usiono. (2023). Peranan Bimbingan dan Konseling Dalam Pembentukan Karakteristik Siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling 5(3), 64-72. doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14421
Papilaya, J. O., & Mahaly, S. (2023). Pengungkapan Masalah Siswa Smp Negeri 94 Maluku Tengah. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan 11(1), 96-101. doi: https://doi.org/10.30598/pedagogikavol11issue1page96-101
Prayitno. (2010). Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.
Rosidah, L., Fauzi, T., Surtiyoni, E. (2023). Pengaruh Bimbingan Belajar Menggunakan Media Internet Terhadap Penyelesaian Tugas Pelajaran Siswa SMP Negeri 5 Tebing Tinggi. Jurnal Lentera Pedagogi 6(2), 99-108.
Rozak, A., Fathurrochman, I., & Ristianti, D. H. (2018). Analisis Pelaksanaan Bimbingan Belajar Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. JOEAI 1(1), 10-20. doi: https://doi.org/10.31539/joeai.v1i1.183
Rusdi, M., Jumari., & Hidayat, T. (2023). Implikasi Program Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di MI Bina Ihsan Mulia Badung Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Faidatuna 4(1), 145-159. doi: https://doi.org/10.53958/ft.v4i1.183
Rusmiyati., Astutik, C., Yuliana, A. T., & Candra, P. A. (2021). Pengaruh Bimbingan dan Konseling Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. SHINE: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(1), 63-78. doi: https://doi.org/10.36379/shine.v2i1.186
Sabarrudin., Silvianetri., & Nelisma, Y. (2022). Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Belajar : Studi Kepustakaan. Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(4), 435-441. doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5240
Sari, W. P., Yakub, E., & Khadijah, K. (2023). Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa MTs. Educational Guidance and Counseling Development Jounal 6,(1), 29-31. doi: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v6i1.20352
Setyaningrum, D., & Setiawati, D. (2013). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Layanan Konseling Individu dan Persepsi Tentang Kompetensi Kepribadian Konselor Terhadap Minat Memanfaatkan Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal BK UNESA 1(1), 245-252.
Suastini, I. D. A. A. (2023). Meningkatkan Pemahaman Karakter Diri Melalui Layanan Informasi Dalam Bimbingan Konseling Terhadap Siswa SMA Negeri 1 Tegallalang. Suluh Pendidikan 21(1), 52-64. doi: https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v21i1.507
Syaimi, K.U., & Nurmairina. (2013). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Kemandirian Pengambilan Keputusan pada Pemilihan Karir Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Pangkalan Berandan. Journal on Education 5 (2), 2895-2898. doi: https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.938
Tyas Prastiti, T., Sugiyo., & Saraswati. S. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Siswa Memanfaatkan Layanan Konseling Perorangan. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application 2(4), 42-50. doi: https://doi.org/10.15294/ijgc.v2i4.3198
Wulandari, D. M., & Ernawati, I. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Terhadap Perencanaan Karir Pada Siswa Kelas XII Sma Negeri 3 Bantul. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling 7(1), 40-44. doi: https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i01.4367
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan cetakan ke-3. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Zuhdi, S. H., & Perdana, P. I. (2023). Penerapan Bimbingan Konseling terhadap Siswa Introvert di Sekolah Dasar. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar 3(1), 26-35.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/je.v10i1.21729
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
© Published by Prodi Bimbingan Konseling FTK UIN Ar-Raniry Collaboration with Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (ABKIN);
All rights reserved 2020. ISSN 2460-4917 (Print); 2460-5794 (Online)
Indexed By: