UPAYA GURU DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN SEKOLAH YANG NYAMAN TERHADAP KESEJAHTERAAN SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AN-NUR AL-FATIH PEKANBARU

Jon Salendra Putra, Usman Hamid Saifullah, Haris Septian, Dima Fitri, Yupita Safitri, Mhd Subhan, Khairunnas Rajab

Abstract


Abstract: Teachers are human figures who should be admired and imitated. Digugu means that everything he says can be trusted. Imitation means that all one's behavior must be an example or model for society. New developments in the view of teaching and learning have consequences for teachers to increase their role and competence. The formulation of the problem in this research is how teachers' efforts to create a comfortable school environment affect student welfare. The method in this research is qualitative with case study writing techniques., interviews as well as documentation and references that support this article. The results and discussion in this research are teachers' efforts to create a comfortable environment for students' welfare in various ways, one of which is creating a positive classroom climate and teachers trying to build good relationships with students through effective communication and empathy at An-Nur Al Elementary School. -fatih Pekanbaru, apart from that, teachers also strive to create a safe and enjoyable physical environment and encourage parental involvement in the child's education process so that the goals of education are achieved with the efforts made by teachers at SD IT Annur al-Fatih Pekanbaru.

Abstrak: Guru merupakan sosok manusia yang patut digugu dan ditiru. Digugu dalam arti segala ucapannya dapat dipercaya. Di tiru berarti segala tingkah lakunya harus dapat menjadi contoh atau teladan bagi masyarakat. Perkembangan baru terhadap pandangan belajar mengajar membawa konsekuensi kepada guru untuk meningkatkan peranan dan kompetensinya. Rumusanmasalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana upaya guru dalam menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman terhadap kesejahteraan siswa. Metode dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan teknik penulisan studi kasus. Data yang di gnakan dalam penelitian ini yaitu berupa observasi, wawancara serta dokumentasi dan juga referensi yang mendukung dengan artikel ini. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini yaitu Upaya guru dalam menciptakan lingkungan yang nyaman terhadap kesejahteraan siswa dengan berbagai macam cara yaitu salah satunya menciptakan iklim kelas yang positif serta guru berusaha membangun hubungan yang baik dengan siswa melalui komunikasi yang efektif dan empati di Sekolah Dasar Islam Terpadu An-Nur Al-Fatih Pekanbaru, selain itu guru juga berupaya menciptakan lingkungan fisik yang aman dan menyenangkan serta mendorong keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan anak sehingga tujuan dari pendidikan tercapai dengan upaya-upaya yang dilakukan oleh guru di SD IT Annur al-fatih Pekanbaru.


Keywords


Teacher Effort; Environment; School; Student; An-Nur Al-Fatih

Full Text:

PDF

References


Anggraini, T., Wulandari, A., Bella, H. S., Anggraini, T. W., & Fetriasih, R. (2023). Dampak lingkungan sosial terhadap perkembangan psikologi anak. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/

Berdinata Massang, Jeremia E. Wakas dan Yehezkial Situmorang. (2019). Implementasi Manajemen Peserta Didik Dalam Pembinaan Akhlak Mulia dan Budi Pekerti. Seminar Nasional Pendidikan: FKIP UNIMA, 1139-1145.

Daryanto. (2015). Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Gava Media.

E. Mulyasa. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. PT. Remaja. Esti Regina Boiliu et. al. (n.d.).

Ibrahim, I., Rahwani, R., & Badaruddin, K. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Raport Digital Terhadap Kinerja Guru. Pedagogika, 13(1)

Imanuela Praba Aji dan Kimura Patar Tamba. (2023). Penerapan Disiplin Positif Dalam Pembelajaran Ditinjau Melalui Perspektif Kristen. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), http://dx.doi.org/10.19166/johme.v3i2.2101

Ismi, S. F., Ramadhanti, Z. N., & Setiabudi, D. I. (2021). Peran Psikologi Pendidik Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (Jurdikbud), 1(2), https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i2.295

Juniarti, E., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), https://doi.org/10.37985/joe.v1i3.21

Magdalena, Ina dkk, 2021. Psikologi Pendidikan Sekolah Dasar. Sukabumi: CV Jejak Publisher.

Putu Ayub Darmawan dan Ruth Diana. (2020). Keterampilan Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Perspektif Kepemimpinan Alkitab. KINAA: Jurnal Kepemimpinan Kristen Dan Pemberdayaan Jemaat, 1(2), http://kinaa.iakn-toraja.ac.id/

Sibuea, E. Y., Saragih, T. P., & Lembongan, P. K. (2022). Penanaman Nilai dan Norma Kristiani melalui Keteladalan Guru terhadap Anak Didik. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3(1), 32-42. https://doi.org/10.52220/sikip.v3i1.142




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/je.v10i1.24711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Edukasi : Jurnal Bimbingan Konseling
Under Licensed CC-BY-SA
© Published by Prodi Bimbingan Konseling  FTK UIN Ar-Raniry Collaboration with Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (ABKIN);
All rights reserved 2020. ISSN 2460-4917 (Print); 2460-5794 (Online)

 

Indexed By: