PEMAHAMAN MULTIKULTURAL MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK BAGI FORUM ANAK DESA
Abstract
Abstract: Multicultural, as cultural diversity, One of the important issues needed for the Village Children's Forum is multicultural understanding. This research aims to determine the success of using Group Guidance services in providing an understanding of multiculturalism for the Village Children's Forum. This research uses the Systematic Literature Review (SLR) method using PRISMA (Preferred Reporting Items For Systematic Reviews And Meta Analyses) guidelines. A total of 7 journals in the period 2019 - 2024 used Google Scholar with the keywords "multicultural and group guidance". The results of the research state that group guidance using group discussion techniques can provide multicultural understanding to children so that they have a tolerant character. The conclusion of this research shows that multicultural understanding is a foundation for creating harmony and developing positive behavior for the Village Children's Forum through group guidance services by utilizing group dynamics.
Abstrak: Multikultural, sebagai keberagaman budaya, Salah satu isu penting yang dibutuhkan bagi Forum Anak Desa adalah pemahaman multikultural. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan dalam penggunaan layanan Bimbingan Kelompok dalam memberikan pemahaman tentang multikultural Bagi Forum Anak Desa. Penelitian ini menggunkan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan menggunakan pedoman PRISMA (Preferred Reporting Items For Systematic Reviews And Meta Analyses). Sebanyak 7 jurnal dalam rentang tahun 2019 - 2024 menggunakan google scholar dengan kata kunci “multikultural dan bimbingan kelompok”. Hasil penelitian menyatakan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dapat memberikan pemahaman multikultura kepada anak agar memiliki karakter toleransi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman multikultural menjadi sebuah pondasi untuk menciptakan keharmonisan dan mengembangkan perilaku positif bagi Forum Anak Desa melalui layanan bimbingan kelompok dengan memanfaatkan dinamika kelompok.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.V6i1.3394
Az-Zahra, F. K., Hidayah, N., & Wahyuni, F. (2024). Peran Bimbingan Dan Konseling Pada Kurikulum Merdeka Dalam Mewujudkan. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(3), 903–914. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5717
Efianingrum, A., Maryani, M., Sukardi, J. S., Hanum, F., & Dwiningrum, S. I. A. (2022). Kesadaran Multikultural Generasi Z dan Implikasinya pada Pendidikan. Humanika, 22(1), 1–20. https://doi.org/10.21831/hum.v22i1.49102
Fatimah, I. S. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (Studi Kasus di SMK PGRI 2 Kaliwungu Kudus. Repository IAIN Kudus, 1921, 9–37.
Fitriyana, A. (2020). Strategi Guru BK dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Peserta Didik. Jurnal Fokus Konseling, 6(2), 75–85. Https://doi.org/10.52657/Jfk.V6i2.1219
Hasanah, F. (2021). Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Tema Pendidikan Multikultural Untuk Meningkatkan Toleransi Siswa di MA Al-Huda Sumber Nangka Duko Timur Larangan Pamekasan (Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Negeri Madura).
Irawan, E. P., Desiana, R., & Putri, L. D. (2023). Penanaman Pendidikan Multikultural Dalam Mencegah Diskriminasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Snhrp, 5, 1053–1059.
Iryani, I., & Suriatie, M. (2021). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sinema Edukasi Untuk Meningkatkan Kesadaran Multikultural Siswa Kelas XI di SMA Isen Mulang Palangka Raya. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 1(2), 31––36. https://doi.Org/10.37304/Pandohop.V1i2.3469
Kartikasari, W. A., Suhaili, N., & Netrawati, N. (2023). Problematika multikultural dalam pelakasanan layanan konseling kelompok. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 7(1), 49-60
Maharani, P., Widiastuti, R., & Andriyanto, R. E. (2020). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Toleransi Dalam Interaksi Sosial Pada Siswa, The Application Of Group Guidance Services To Increase Tolerance In Social Interaction Among Students. 645.
Nursalim, M. (2020). Peran Guru BK/Konselor Dalam Mensukseskan Program Merdeka Belajar. PD Abkin Jatim Open Journal System, 1(2), 11-18.
Pabbajah, M., & Budiono, R. (2022). Indonesian Journal Of Teaching And Teacher Education Layanamn Konseling Kelompok Berbasis Permainan Dalam Pembentukan Sikap Toleransi. Indonesian Journal Of Teaching And Teacher Education, 2(2), 68–74.
Putri, R. D. (2019). Bimbingan Kelompok Menggunakan Permainan Sebagai Strategi Dalam Mengembangkan Empati Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo, 1(2).
Ridwan Effendi, M., Dwi Alfauzan, Y., & Hafizh Nurinda, M. (2021). Menjaga Toleransi Melalui Pedidikan Multikulturalisme. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(1), 43–51. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i1.175
Wahyuni, Y., Tisnawijaya, C., Haryati, H., Suhayati, L., & Prayuana, R. (2021). Dongeng: Media Peahaman Multibudaya Bagi Generasi Penduduk Global. Acitya Bhakti, 1(1), 83–90.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/je.v10i2.26493
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
© Published by Prodi Bimbingan Konseling FTK UIN Ar-Raniry Collaboration with Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (ABKIN);
All rights reserved 2020. ISSN 2460-4917 (Print); 2460-5794 (Online)
Indexed By: