INTEGRASI SISTEM NILAI BUDAYA DALAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PESERTA DIDIK

Authors

  • Maslina Daulay Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia
  • Neviyarni Suhaili Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia
  • Firman Firman Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22373/ehk6nc12

Abstract

Abstract: Indonesia is rich in cultural diversity, making integrating cultural values into guidance and counseling services essential. This study examines the understanding, urgency, and challenges of incorporating cultural value systems into guidance and counseling practices, particularly in educational settings. One of the main challenges is the tension between local traditional values and the growing influence of globalization. This study uses a literature review approach, analyzing various sources such as books, scientific journal articles, and previous research findings relevant to cultural values and counseling. The findings indicate that a counseling approach considering local cultural values can enhance emotional closeness between counselors and students and create more inclusive, contextual, and effective services. The integration of cultural values also contributes to improving students’ emotional and social well-being. This study recommends that counselors and educators develop cultural literacy skills and design counseling service modules responsive to the local context to realize more personalized, relevant, and practical guidance and counseling services for all students.

Keywords: Cultural Value Integration, Guidance and Counseling, Cultural Value Systems, Educational Services, Student Development.

Abstrak: Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman budaya, sehingga integrasi nilai-nilai budaya dalam layanan bimbingan dan konseling menjadi hal yang sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengertian, urgensi, serta tantangan integrasi sistem nilai budaya dalam praktik bimbingan dan konseling, khususnya di lingkungan pendidikan. Salah satu tantangan utama adalah ketegangan antara nilai-nilai tradisional lokal dengan pengaruh globalisasi yang terus berkembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan dengan menganalisis berbagai sumber seperti buku, artikel jurnal ilmiah, dan hasil penelitian sebelumnya yang relevan dengan topik nilai budaya dan konseling. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan konseling yang mempertimbangkan nilai budaya lokal dapat meningkatkan kedekatan emosional antara konselor dan peserta didik, serta menciptakan layanan yang lebih inklusif, kontekstual, dan berdaya guna. Integrasi nilai budaya juga berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan emosional dan sosial siswa. Penelitian ini merekomendasikan agar para konselor dan pendidik mengembangkan keterampilan literasi budaya dan menyusun modul layanan konseling yang responsif terhadap konteks lokal, sebagai upaya mewujudkan layanan bimbingan dan konseling yang lebih personal, relevan, dan berdaya guna bagi seluruh peserta didik.

Kata Kunci: Integrasi Nilai Budaya, Bimbingan dan Konseling, Sistem Nilai Budaya, Layanan Pendidikan, Pengembangan Siswa.

References

DAFTAR REFERENSI

Affandy, S. (2017). Penanaman Nilai-nilai kearifan lokal dalam meningkatkan perilaku keberagamaan peserta didik. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 2(2), 201-225.

https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/atthulab/article/view/3391

Arifin, A. A., & Puspita, R. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Budaya Dalam Pelayanan Bimbingan Konseling. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 54-64.

http://www.jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/3720

Damayanti, S. (2023). Analisis Praktik Bimbingan Konseling Islami Sebagai Upaya

Peningkatan Kepercayaan Diri Belajar Siswa Pada Pendidikan Agama Islam Di Smp Al – Multazam Sepatan Kabupaten Tangerang. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan

Pencerahan, 19(1)

https://jurnal.umt.ac.id/index.php/RausyanFikr/article/view/32-39

Dianto, M., & Putri, B. N. D. (2019). Media Pelayanan Bimbingan Konseling dan Tantangan Konselor dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Konvensi Nasional Bimbingan dan Konseling XXI, 99-104.

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Media+Pelayanan+Bimbingan+Konseling+dan+Tantangan+Konselor+dalam+Menghadapi+Era+Revolusi+Industri+4.0.+Konvensi+Nasional+Bimbingan+dan+Konseling+XXI%2C+99-104.&btnG=

Farida, F. (2016). Bimbingan Konseling Agama Dengan Pendekatan Budaya (Membentuk Resiliensi Remaja). Konseling Religi Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 7(1), 285.

https://www.researchgate.net/publication/311632589_BIMBINGAN_KONSELING_AGAMA_DENGAN_PENDEKATAN_BUDAYA_MEMBENTUK_RESILIENSI_REMAJA

Habsy, B. A., Az-Zahra, T. A., Rosidin, D. A. A., & Firdaus, W. R. (2024). Konseling Adlerian Dalam Perspektif Multibudaya. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 3(1), 08-24.

https://protasis.amikveteran.ac.id/index.php/protasis/article/view/132

Hasnadi, H. (2019). Penerapan Nilai-Nilai Karakter Melalui Budaya Sekolah. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 3(2), 158-172.

https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/idarah/article/view/174

Indri, D.B. 2022. Pengembangan Model Konseling Kelompok Kognitif Perilaku

dengan Strategi Cognitive Restructuring Bermuatan Nilai Serat Dewa Ruci untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengan Atas. Disertasi. Malang: Universitas Negeri Malang

https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/kkn/article/view/4457

Kartadinata, S. (2010). Isu-isu Pendidikan: Antara Harapan dan Kenyataan. Bandung. UPI Press.

https://books.google.co.id/books/about/Isu_isu_pendidikan.html?id=xBNYAQAACAAJ&redir_esc=y

Maulidah, S., Dirgantari, P., & Yuliani, W. Peran Bimbingan dan Konseling Dalam Memperkuat Pemahaman Nilai-Nilai Sunda Bagi Siswa di SMP PGII 1 Bandung.

https://www.academia.edu/104346369/PERAN_BIMBINGAN_DAN_KONSELING_DALAM_MEMPERKUAT_PEMAHAMAN_NILAI_NILAI_SUNDA_BAGI_SISWA_DI_SMP_PGII_1_BANDUNG

Natawidjaja, R. (2007). Konseling Kelompok: Konsep Dasar dan Pendekatan. Bandung: SPS UPI.

https://library.unindra.ac.id/perpustakaan/index.php?p=show_detail&id=9004&keywords=

Pertiwi, R. E. (2018, August). Pendekatan Eksistensial Humanistik berbasis nilai budaya gotong-royong untuk meningkatkan empati siswa Sekolah Menengah Atas. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling (Vol. 2, No. 1, pp. 55-63).

https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNBK/article/view/461

Suherman, U. (2023). Membangun Karakter dan Budaya Bangsa Melalui Bimbingan Komprehensif Berbasis Nilai-nilai Al Qur’an. Bandung: UPI Press

https://upipress.upi.edu/produk/buku_detail/429/BIMBINGAN_DAN_KONSELING_KOMPREHENSIF_BERBASIS_NILAI-_NILAI_AL_QUR%E2%80%99AN

Suryadi, A. (2011). Pendidikan Karakter Bangsa: Pendekatan Jitu Menuju Sukses Pembangunan Pendidikan Nasional. Bandung: Laboratorium PKN UPI.

https://www.google.co.id/books/edition/Bunga_Rampai_Pendidikan_Seni_dan_Potensi/DjtJDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=buku+Suryadi,+A.+(2011).+Pendidikan+Karakter+Bangsa:+Pendekatan+Jitu+Menuju+Sukses+Pembangunan+Pendidikan+Nasional.&pg=PA90&printsec=frontcover

Yurika, R. E., Rahmat, H. K., & Widyastuti, C. (2022, June). Integrasi Layanan Bimbingan dan Konseling dengan Kurikulum Berbasis Budaya Yogyakarta untuk Membangun Cultural Awareness. In National Conference on Educational Science and Counselling (Vol. 2, No. 1).

https://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/NCESCO/article/view/81

Published

2025-07-01