STRATEGI PENCEGAHAN BULLYING MELALUI IMPLEMENTASI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA
DOI:
https://doi.org/10.22373/je.v11i1.29342Keywords:
Bullying, Group Guidance, Sociodrama, Bullying Prevention.Abstract
Abstract: Bullying is a serious issue in Indonesia’s education sector as it negatively affects victims and the school environment. This study aims to identify bullying prevention strategies through the implementation of group guidance using the sociodrama technique. The research employs a descriptive qualitative approach with data collection techniques including observation and interviews. The study involved 34 ninth-grade students from MTS Khairul Ummah, selected using the saturation sampling technique. The results indicate that group guidance with the sociodrama technique is effective in increasing students’ awareness of bullying and equipping them with skills to handle bullying situations positively. The findings of this study indicate that group counseling services using the sociodrama technique contribute to strengthening the bullying prevention theory by supporting the group counseling approach as a preventive strategy that can reduce aggressive behavior and promote the development of social solidarity among students
Keywords: Bullying, Group Guidance, Sociodrama, Bullying Prevention.
Abstrak: Bullying merupakan salah satu permasalahan serius dalam dunia pendidikan di Indonesia karena berdampak negatif terhadap korban dan lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pencegahan bullying melalui implementasi bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Responden penelitian terdiri dari 34 siswa kelas IX MTS Khairul Ummah yang dipilih menggunakan teknik saturation sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif dalam meningkatkan kesadaran siswa mengenai bullying serta membekali mereka dengan keterampilan untuk menghadapi situasi bullying secara positif. Temuan ini mengindikasikan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama memiliki kontribusi terhadap penguatan teori pencegahan bullying, melalui dukungannya terhadap pendekatan bimbingan kelompok sebagai strategi preventif yang mampu menekan perilaku agresif dan mendorong terbentuknya solidaritas sosial di kalangan siswa.
Kata Kunci: Bullying, Bimbingan Kelompok, Sosiodrama, Pencegahan Bullying.
References
Adiyono, A., Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050
Aisyah, S., Ningsih, E. S. S., & Lestari, F. W. (2024). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Mengenai Bullying melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas XII SMA N 1 Jakenan Siti. Indonesian Research Journal on Education Web:, 4(2023), 550–558.
Alisyahbana, I. B., Sartinah, E. P., & Nursalim, M. (2021). Meningkatkan Kesadaran Anti-Bullying melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama pada Siswa SMA Negeri 1 Gedeg Kelas XI IPS. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(1), 88-108., 8, 88–108.
Almira, N. S., & Marheni, A. (2021). Analisis Fenomenologis Interpretatif Tentang Definisi Bullying Dan Harga Diri Bagi Korban Bullying. Jurnal Psikologi Integratif, 9(2), 209. https://doi.org/10.14421/jpsi.v9i2.2211
Amalia, N. P. A., & Haryati, T. (2023). Pengaruh Bullying Terhadap Kesehatan Mental Siswa. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(3), 1819–1824. https://doi.org/10.55681/jige.v4i3.1250
Andi Asari, Zulkarnaini, Hartatik, Ahmad Choirul Anam, Suparto, Jacomina Vonny Litamahuputty, Fathan Mubina Dewadi, Dyah Rini Prihastuty, Maswar, Wara Alfa Syukrilla, Nanti Sari Murni, T. S. (2023). PENGANTAR STATISTIKA.
Anggrieni, Y. N., Purwanto, J., & Anggriana, T. M. (2023). Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Pencegahan Bullying Siswa Kelas X Seni Tari SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2022/2023. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 199–205.
Arliady, Saman, A., & Sinring, A. (2024). Inovasi Preventif Terhadap Perilaku Bullying: Pengembangan Modul Bimbingan Kelompok di SMA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 4(2), 19–27. https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i2.14357
Arumsari, A. D., & Setyawan, D. (2019). Peran Guru dalam Pencegahan Bullying di PAUD. Motoric, 2(1), 34–43. https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v2i1.739
Aulia, P., Dalfina, E., Imron, A., & Apriani, R. (2023). Mengatasi Perilaku Bullying Menggunakan Bimbingan Kelompok Teknik “Sosiodrama.” Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-6, 1930–1940.
Ayuni, B. Q., Umaria, S. R., & Putri, A. (2021). Cybercounseling Sebagai Inovasi Konselor Menghadapi Tantangan Disrupsi Pada Era Society 5.0. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 7(2), 100. https://doi.org/10.31602/jbkr.v7i2.5842
Bu’ulolo, S., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Bullying Di Sma Negeri 1 Amandraya Tahun Pelajaran 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 2(1), 53–62. https://doi.org/10.57094/jubikon.v2i1.376
Cobb, S. (1976). Social support as a moderator of life stress. Psychosomatic Medicine, 38(5), 300–314. https://doi.org/10.1097/00006842-197609000-00003
DR. Hamuni Muhammad Idrus, Ms., & Dra Aswati, Mp. M. (2022). Perkembangan Peserta Didik Penerbit Cv.Eureka Media Aksara. Cv. Eureka Media Aksara, 122.
Dwiyanto, D. (2021). Metode Kualitatif:Penerapanna Dalam Penelitian. 0, 1–7.
Harahap, R. S., & Toni, T. (2023). Peran Guru Dalam Pencegahan Bullying Di Sekolah Smks (X) Rantauprapat Ditinjau Dari Peraturan Kemendikbud Nomor 82 Tahun 2015. Research and Development Journal of Education, 9(1), 357. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.15687
Hartanti.M.Psi, D. J. (2022). Bimbingan Kelompok. In Book.
Herdyanti, F., & Margaretha, M. (2017). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kecenderungan Menjadi Korban Bullying Pada Remaja Awal. Jurnal Psikologi Undip, 15(2), 92. https://doi.org/10.14710/jpu.15.2.92-98
Huda, M., & Silviana, A. (2024). Penanganan Hukum Bagi Anak Sebagai Pelaku Perundungan di Lingkungan Satuan Pendidikan. 13, 529–541. https://doi.org/10.37893/jbh.v13i2.958
IImia Sari, D., Wahyudi, A., & Kurniawan, S. J. (2022). Layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningkatkan resiliensi diri siswa korban bullying. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 135–145. https://doi.org/10.26539/teraputik.611066
Iswatun Hasanah, Ishlakhatus Sa’idah, Diana Vidya Fakhriyan, & Anna Aisa. (2017). Bimbingan Kelompok Teori dan Praktik. In Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok.
Jannah, I. N. (2025). Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama: Penelitian di SMP Negeri 13 Bandung. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu.
Kamila, Y. N., Laksono, B. A., & Karwati, L. (2022). Peningkatan Kepekaan Pada Korban Bullying Di Lingkungan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Modern, 7(3), 123–127. https://doi.org/10.37471/jpm.v7i3.468
Kanda, A. S., & Rosulliya, S. (2024). Dampak Bullying Terhadap Perubahan Perilaku Pada Korban Bullying di SMK PGRI 2 Kota Cimahi. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(3), 507–512. https://doi.org/10.61722/jirs.v1i3.628
Kohlberg, L. (1984). Essays on Moral Development: Vol. II. The Psychology of Moral Development.
Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as The Source of Learning and Development. Prentice Hall, Inc., 1984, 20–38. https://doi.org/10.1016/B978-0-7506-7223-8.50017-4
Lusiana, S. N. E. L., & Siful Arifin. (2022). Dampak Bullying Terhadap Kepribadian Dan Pendidikan Seorang Anak. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 10(2), 337–350. https://doi.org/10.52185/kariman.v10i2.252
Ndasi, C. R., Kurniawan, L., Aryani, E., & Hadi, A. (2024). Study Effectivity of Drama Therapy Toward Students’ Consciousness Bullying (Issue Aicgc 2023). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-234-7_19
Prof. Dr. H. Syamsu Yusuf L.N., M.Pd. Dr. Nani M. Sugandhi, M.Pd. Dra. Aas Saomah, M. S. (2021). BIMBINGAN DAN KONSELING REMAJA. Remaja Rosdakarya.
Safaat, R. A. (2023). Tindakan Bullying di Lingkungan Sekolah yang Dilakukan Para Remaja. Jurnal Global Ilmiah, 1(2), 97–100. https://doi.org/10.55324/jgi.v1i2.13
Sapitri, Y., Umari, T., & Yakub, E. (2023). Konseling Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Mengurangi Perilaku Bullying. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 20534–20540. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/9525%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/9525/7764
Sarwono. (2019). Psikologi Remaja. 297.
Ubaidah, N. Al, Zamhari, A., Janah, M., Yuniar, Y., & Sari, P. P. (2023). Lingkungan Pendidikan Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1103–1108. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.261
Yuliani, W. (2017). Efektivitas Strategi Bimbingan Teistik Untuk Pengembangan Religiusitas Remaja (Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Nugraha Bandung Tahun Ajaran 2014/2015). QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Edukasi : Jurnal Bimbingan Konseling

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.