EFEKTIVITAS LAYANAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MEREDUKSI INTENSITAS PENGGUNAAN GAWAI PADA ANAK

Authors

  • Lailatul Farqiyah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Jawa Timur,Indonesia
  • Ayong Lianawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Jawa Timur,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22373/je.v11i1.29505

Abstract

Abstract: Role playing technique is a role or character of a person involved in the situation that can encourage a high level of creativity and skill in group guidance activities. The purpose of this study was to determine the effectiveness of role playing technique group guidance services in reducing the intensity of gadget use in children in Tenaru Village, Driyorejo District. The method used was pre-experimental with one group pretest-posttest design. The sample used was 18 children taken by random sampling from 84 children. Data collected using a questionnaire that had been tested for validity. Data analysis used the Wilcoxon rank test to determine significant differences in the intensity of gadget use in children.

Keywords: Role Playing; Group Guidance; Intensity if Gadged.

Abstrak: Teknik role playing adalah suatu peran atau karakter orang yang terlibat dalam situasi tersebut dapat mendorong tingkat berfikir dengan kreativitas dan keterampilan yang tinggi dalam kegiatan bimbingan kelompok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok teknik role playing efektif dalam mereduksi intensitas penggunaan gawai pada anak di Desa Tenaru Kecamatan Driyorejo. Metode yang digunakan adalah pra eksperimental dengan one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan 18 anak yang diambil secara random sampling dari 84 anak. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang telah di uji validitasnya. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon rank test untuk mengetahui perbedaan yang signifikan dalam intensitas penggunaan gawai pada anak.

Kata Kunci: Role Playing; Bimbingan Kelompok; Intensitas Penggunaan Gawai.

Published

2025-07-22