ADVERSITY QUETIENT PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR DALAM PENYELESAIAN SKRIPSI DI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.22373/awqpe159Keywords:
Adversity Quotient (AQ), Mental Resilience, Final-Year Students, Academic Stress.Abstract
Abstract: This study aims to examine the influence of Adversity Quotient (AQ) on the mental resilience of final year students at the Faculty of Da'wah and Communication, State Islamic University of North Sumatra (UINSU) in facing the challenges of completing their thesis. Using a descriptive qualitative approach, this study involved three informants who had successfully completed their studies. Data were obtained through in-depth interviews with semi-structured techniques, observation, and documentation conducted directly on informants. The results of the study indicate that high AQ plays an important role in helping students face various difficulties during thesis work, such as academic pressure, time constraints, and technical constraints. Students with high AQ are better able to manage stress, stay motivated, and find solutions to the problems they face. Social support from friends, family, and lecturers also strengthens students' mental resilience. In addition, the ability to manage time and emotions and adopt systematic problem-solving strategies, such as discussing with experienced people or seeking relevant references, are key factors in increasing resilience in facing academic challenges. This study suggests that the development of students' AQ be considered as part of a strategy to improve academic success, especially in completing a thesis.
Keywords: Adversity Quotient (AQ), Mental Resilience, Final-Year Students, Academic Stress.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Adversity Quotient (AQ) terhadap ketahanan mental mahasiswa tingkat akhir di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) dalam menghadapi tantangan penyelesaian skripsi. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan tiga informan yang telah berhasil menyelesaikan studi mereka. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan teknik semi struktur, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan langsung terhadap informasn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AQ yang tinggi berperan penting dalam membantu mahasiswa menghadapi berbagai kesulitan selama pengerjaan skripsi, seperti tekanan akademik, keterbatasan waktu, dan kendala teknis. Mahasiswa dengan AQ tinggi lebih mampu mengelola stres, tetap termotivasi, dan mencari solusi atas masalah yang dihadapi. Dukungan sosial dari teman, keluarga, dan dosen juga memperkuat ketahanan mental mahasiswa. Selain itu, kemampuan untuk mengelola waktu dan emosi serta mengadopsi strategi pemecahan masalah yang sistematis, seperti berdiskusi dengan orang berpengalaman atau mencari referensi yang relevan, menjadi faktor kunci dalam meningkatkan ketahanan menghadapi tantangan akademik. Penelitian ini menyarankan agar pengembangan AQ mahasiswa diperhatikan sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan kesuksesan akademik, terutama dalam penyelesaian skripsi.
Kata Kunci: Adversity Quotient (AQ), Ketahanan Mental, Mahasiswa Tingkat Akhir, Stres Akademik.
References
Afifatutaqiyah, J. (2023). Gambaran Adversity Quotient pada Mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta yang Bekerja Part Time dalam Tinjauan Fenomenologi. Nucl. Phys, 13(1).
Amini, D. (2024). Kontribusi Adversity Quotient dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal (JIPKL), 4(3).
Ariyanti, R. C. (2022). Hubungan Antara Adversity Quotient Dan Motivasi. Seurune: Jurnal Psikologi Unsyiah, 3(1). http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/seurune/article/view/15631.
Bakhtiar, P. H., Razak, A., & Nurdin, M. N. H. (2022). Adversity Quotient Dan Stres Akademik Pada Mahasiswa Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Sultra Educational Journal, 2.
Dearti. (2023). Pengaruh Pemahaman Metodologi Penelitian dan Adversity Quotient terhadap Kemampuan Mahasiswa Menyusun Skripsi pada Jurusan Pips Angkatan 2019 Universitas Jambi. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1).
Fahmawati, Z. N., Ibrahim, I. M., & Mariyati, L. I. (2023). Adversity Quotient dan Stres Akademik Mahasiswa yang Menyusun Skripsi. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 13(2).
Febriana, I., Simamora, E., Hombing, E. U. B., Angelina, K. S., Siahaan, Muntaza, K. R., & Manalu, M. E. (2024). Penyerapan Bahasa Gaul dalam Bahasa Indonesia pada Iklan dan Pemasaran Produk. JIIC: Jurnal Intelek Insan Cendekia, 1(7).
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Sustainability (Switzerland), 11(1).
Hidayat, M. F. (2022). Kontribusi Harga Diri Terhadap Kesejahteraan Subjektif Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi Masa Pandemi COVID 19 di Universitas Negeri Padang. PAKAR Pendidikan, 20(1). https://doi.org/doi:10.24036/pakar.v20i1.257.
Isharyoto, C. M. (2022). Hubungan Antara Adversity Quotient Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Prosiding: Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU).
Karim, B. A. (2020). Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid-19 (Refleksi Sosiologis). Education and Learning Journal, 1(2). https://doi.org/doi:10.33096/eljour.v1i2.54.
Kurniawati, W., & Setyaningsih, R. (2020). Manajemen Stress Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Penyusunan Skripsi. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman, 5(3).
Mefa, A. O. (2020). Pengembangan Konsep Adversity Quotient Paul G.Stoltz Dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini. IAIN FAS Bengkulu.
Pahleviannur, M. R., Grave, A. De, Saputra, D. N., Mardianto, D., Sinthania, D., Hafrida, L., Bano, V. O., Susanto, E. E., Mahardhani, A. J., Amruddin, Alam, M. D. S., Lisya, M., & Ahyar, D. B. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit Pradina Pustaka.
Pasadenia, A., & Soetjiningsih, C. H. (2022). Academic Self Efficacy dan Adversity Quotient pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(4).
Prasetya, M. H. A., & Siharis, A. K. (2023). Pengaruh Motivasi Kerja, Manajemen Waktu, dan Stres Kerja terhadap Kinerja Perkerja Paruh Waktu yang Berstatus Mahasiswa di Magelang. Jurnal Ekonomi Kreatif Dan Manajemen Bisnis Digital, 1(3). https://doi.org/doi:10.55047/jekombital.v1i3.356
Putri, Y. K., & Akbar, S. (2022). Adversity Quotient dan Kecemasan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Tugas Akhir. Jurnal Kedokteran STM (Sains dan Teknologi Medik), 5(1). https://doi.org/doi:10.30743/stm.v5i1.259
Raqib, A. A. F., Djudiyah, & Ni’matuzahroh. (2023). Adversity Quontient pada Mahasiswa Berwirausaha. AFEKSI: Jurnal Psikologi, Filsafat, dan Saintek, 2(2).
Rizqiyah, A., Adienk, F. M. S., & A’abadia, E. A. I. (2023). Komparasi Kebijakan Tugas Akhir dalam Permendikbud No. 3 Tahun 2020 dengan Permendikbud No. 53 Tahun 2023. Istifkar, 3(2).
Royyan, N. M. (2020). Hubungan Adversity Quotient Dan Self-Efficacy Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa. Angewandte Chemie International Edition, 6(11).
Rusmayani, A., & Agustina, M. W. (2023). Adversity Quotient pada Stres Akademik Mahasiswa Rantau yang Sedang Mengerjakan Skripsi. IDEA: Jurnal Psikologi, 7(2).
Sapto Haryoko, Bahartiar, & Arwadi, F. (2020). Analisis Data Penelitian Kualitatif (Konsep,Teknik, & Prosedur Analisis). Badan Penerbit UNM.
Sari, A. P., & Akbar, A. (2024). Fungsi Terapi Islami Mengurangi Kecemasan Pada Mahasiswa. Psyche 165 Journal, 17(4).
Septiarly, Y. L., Retnoningtias, D. W., & Dewi, N. N. A. I. (2024). Gambaran Adversity Quotient Mahasiswa Program Studi Sarjana Tingkat Awal Universitas Swasta A di Bali. Penelitian Psikologi, 15(1).
Simamora, S. B. H., Entang, M., & Patras, Y. E. (2021). Peningkatan Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Dengan Cara Adversity Quotient (Aq) Dan Servant Leadership Pada Guru Smk Berstatus Pns Se-Kota Bogor. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R& D (Alfabeta).
Syarafina, S. O., Nurdibyanandaru, D., & Hendriani, W. (2019). Pengaruh Optimisme dan Kesadaran Diri terhadap Adversity Quotient Mahasiswa Skripsi Sambil Bekerja. Cognicia, 7(3).
Walfitri, S. N., Yusri, N. A., & Ardias, W. S. (2023). Pengaruh Adversity Quotient terhadap Stres Akademik pada Mahasiswa Akhir (The Effect of Adversity Quotient on Final Student’s Academic Stress). Syiah Kuala Psychology Journal, 1(2).