PENERAPAN PENDEKATAN KONSELING ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK SMA NEGERI 15 JAKARTA

Muhamad Amin, Lara Fridani, Happy Karlina Marjo

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan remaja untuk dapat diterima oleh lingkungannya. Salah satunya  adalah yang memiliki kecerdasan interpersonal. Kecerdasan interpersonal menjadi penting  karena pada dasarnya  remaja tidak dapat hidup sendiri.  Banyak kegiatan dalam hidup  terkait dengan orang lain. Remaja yang gagal  mengembangkan kecerdasan interpersonal akan banyak mengalami hambatan dalam dunia sosial. Akibatnya mereka mudah tersisihkan  secara sosial. Penelitian  bertujuan untuk  mendapatkan gambaran kecerdasan interpersonal melalui penerapan pendekatan konseling islami terhadap peserta didik SMA Negeri 15 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dengan sampel sebanyak 31 peserta didik. Penerapan konseling islami terbukti efektif dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal. Penelitian ini menggunakan alat ukur skala kecerdasan interpersonal (SKI)  yang dikembangkan peneliti  dan terdiri dari 54 butir soal dengan  empat jawaban  pilihan. Indeks reliabilitas  sebesar 0,947  sehingga dapat dikatakan instrumen tersebut reliabel yang selanjutnya dapat digunakan sebagai alat ukur.  Secara umum kecerdasan interpersonal peserta didik 69% pada sempel penelitian  berada pada  katagori sedang.


Keywords


Konseling islami; kecerdasan interpersonal

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Abdul Rahman, Agus. (2013). Psikologi Sosial (Integrasi Pengetahuan Wahyu danPengetahuan Empirik). Jakarta: Rajawali Press

Adz-Dzaky, H. Bakran. (2001). Konseling dan Psikoterapi Islam, Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru

Allgaier, K. Zettler, I. Wagner, W. Puttmann, S. & Trautwein, U. (2015). Honesty-Humility in School: Exploring Main and Interaction Effects On Secondary School Students Antisocial and Prosocial

Tomas, Amstrong (2009). Multiple

Intelligences in the Classroom, Virginia-USA:

Azwar, Saifudin. (2008). Penyusunan Skala Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar, S. (2017). Pengantar Psikologv

inteligensi,Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Cavanagh, Michael & Levitov, Justin E. (2002). The Counseling Eksperience A. Theoritical and Practical Aproach. USA: Wafeland Press, Inc.

Darmiyati, Zuchdi. (2010). Humanisasi

Pendidikan Menemukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi, Jakarta: Bumi Aksara

De Vito, J.A. (1996). Komunikasi Antar

Manusia (cetakan kelima). Jakarta: Profesional Books.

Elisabeth H. Hurlock. (1994). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, (Dit Istiwidayanti dan Soejarwo). Jakarta: Erlangga

Erhamwilda, (2009). Konseling Islami, Yogyakarta: Graha Ilmu

Gardner, Hadi. (2003). Multiple

Intellegences (Kecerdasan Majemuk teori dan Praktek), Terjemahan Alexander Sindoro, Batam Centre: Interaksa

Hidayati, N. (2015). Peningkatan

Keterampilan Komunikasi Interpersonal melalui Teknik Sosiodrama pada Siswa SMK Perindustrian Yogyakarta. E-Journal Bimbingan dan Konseling.

Hurlock, E. (1980). Psikologi

Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Jakarta: Erlangga

Jaya, Yahya. (2004). Bimbingan dan

Konseling Agama Islam. Padang: Angkasa Raya

Lwin, May. (2008). How to Multiply your

Child’s Intelligence: Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Keterampilan. Jakarta: Indeks

Musnamar, Tohari. (1992). Dasar-dasar

Konseptual Bimbingan dan Konseling Islam,Yogyakarta: UII Press

Nashori, Fuad. (2008). Refleksi Psikologi Islami, ww.pikirdong.com/psikologiislam

/fuadnashori.html akses:13 Oktober 2019

Ramayulis dan Mulyadi. (2016). Bimbingan

Konseling Islami di Madrasah dan Sekolah. Jakarta: Radar Jaya Ofset Santrock, bJ.W. (2010). Remaja, Jakarta: Erlangga

Sumadi, Suryabrata. (1998). Pembimbing ke

Psikodiagnostik II, Rake, Yogyakarta: Sarasi

Susanto, Ahmad. (2018). Bimbingan dan

Konseling di Sekolah Konsep, Teori, dan Aplikasinya.Jakarta: Prenadamedia Group

Sutoyo, Anwar. (2009). Bimbingan dan

Konseling Islami Teori dan Praktek.

Semarang: CV Widya Karya

Yusuf, Syamsu. (2009). Konseling Spiritual

Teistik. Bandung: Rizqi Press




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/je.v5i2.5579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Edukasi : Jurnal Bimbingan Konseling
Under Licensed CC-BY-SA
© Published by Prodi Bimbingan Konseling  FTK UIN Ar-Raniry Collaboration with Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (ABKIN);
All rights reserved 2020. ISSN 2460-4917 (Print); 2460-5794 (Online)

 

Indexed By: