HUBUNGAN ANTARA KEYAKINAN DIRI DAN PERILAKU DISIPLIN BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMK SE-KABUPATEN BOJA

Authors

  • Harris Yuliawan Universitas Negeri Semarang
  • Eko Nusantoro Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22373/je.v6i2.6369

Keywords:

Self Confidence, Learning Discipline Behavior, Learning Independence

Abstract

This study aims to identify the relationship between Self Confidence and Discipline Learning Behavior with Learning Independence. This study uses a correlational design. Data were collected using self-confidence scale, learning discipline behavior questionnaire and learning independence scale of 289 students selected by cluster random sampling area technique. Hierarchical regression analysis results showed a positive prediction between self-confidence and learning discipline behavior with learning independence had a significant positive relationship (β = 0.622, Fcount = 181.313, t = 13.465, p = 0.00). This proves that the first hypothesis which reads "There is a significant positive relationship between Confidence with Learning Independence in students in SMKs in the Boja Region" can be accepted. The implications of the findings of this study are discussed in this article.

 

Author Biography

  • Harris Yuliawan, Universitas Negeri Semarang
    Jadilah diri sendiri

References

Anzala,ARizqi. (2018) . Hubungan Efikasi Diri Dengan Kemandirian Belajar Pada Santri Mahasiswa Di Pondok Pesantren X Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

Azwar, Saifudidin. 2003. Sikap Manusia Terori dan Pengukurannya. Yokyakarta: Pustaka Pelajar

Bagus Santoso, Irvan. 2016. Ada 6 Macam Perilaaku Disiplin Belajar. dalam https://media.iyaa.com/article/2016/06/Ada-6-Tipe-Pola-Asuh-Orangtua- kepada-Anak-3453883.html

Djamarah,2004. Pola Komunikasi Orang Tua & Anak Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Eisenberg, N., & Lennon, R. (1983). Sex differences in empathy and related capacities. Psychological Bulletin,94(1), 100-131. doi: 10.1037/0033- 2909.94.1.100

_______& Mussen, P. H. (1989). The roots of prosocial behavior in children 4th Ed. UK: Cambridge, University Press.

_______. & Mussen, P.H. (1989). The Roots of Prosocial Behavior In Children. New York: Cambridge University Press

_______.(1991). Meta-analytic contributions to the literature on prosocial behavior. Personality and Social Psychology Bulletin, 17(3), 273-282.

_______, N., Damon, W., & Lerner, R.M. (2006). Handbook of Child Psychology. United state: John Wiley & Sons. Inc.

Hatta, Ahmad, 200, “Tafsir Qur’an Per Kata: DilengkapidenganAsbabunNuzul danTerjemah”, Jakarta: MaghfirahPustaka.

Herdiansyah, Haris, 2012, MetodologiPenelitianKualitatifuntukIlmu-Ilmu Sosial, Jakarta: SalembaHumanika.

Hikmah, Siti, 2015, PsikologiPerkembangan: TinjauandalamPersepective Islam, Semarang: CV. KaryaAbdi Jaya.

Huraerah, Abu &Purwanto, 2006, DinamikaKelompokKonsepdanAplikasi, Bandung: PT. RefikaAditama.

Hurlock, Elizabeth B, 2013, Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga. Kartono,

Ike, M. 2014. Pengaruh Perilaaku Disiplin Belajar Terhadap Kecerdasan Emosi. Skripsi. PGSD UNY. Yogyakarta. Indonesia

Indah pratiwi, putri. 2018. Hubungan Dukungan Sosial Dengan Perilaku Prososial Remaja. Skripsi. dalam http://eprints.umm.ac.id/43298/

Iswandi, J. 208. Peran Televisi Dalam Kasus Kemandirian Belajar Anak-Anak. Komunikasi Kontemporer

J. Feist, dan G.J Feist, “theories of Personality”, Fourth Edition, (Boston:Mcgraw-Hill Companies Inc., 1998)

Mahmuda, (2011). Psikologi Sosial teori dan model penelitian. Malang: UIN Maliki Press

Moh Shochib. (1998). Perilaaku Disiplin Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Monty P. Satiadarma. (2001). Persepsi Orang Tua Membentuk Perilaku Anak: Pygmalion di dalam Keluarga. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Moloeng, Lexy J, 2002, MetodologiPenelitianKualitatif, Bandung : PT. Rosdakarya.

Mu’awanah, Elfi, 2012, BimbinganKonseling Islam, Yogyakarta: Teras.

Mubarok, Achmad, 2000, Al IrsyadanNafsy: Konseling Agama TeoridanKasus, Jakarta: Bina Rena Pariwara.

Mulyana&FaridHasyim, 2010, BimbingandanKonseingReligius, Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Nana Sudjana, 1982, Metode Statistika, Bandung :Tarsito

Putri, E. I. E., & Noviekayati, I. G. A. A. (2015). Keyakinan diri, Pola Asuh Otoriter dan Kemandirian Belajar Remaja di Pondok Pesantren. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(03).

Kartini, 1998, PatologiSosial 2 KenakalanRemaja, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suharsimi Arikunto.2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik : Jakarta: Rikena Cipta

Spica, B. (2008). Kemandirian Belajar mahamahasiswa ditinjau dari empati dan dukungan sosial teman sebaya. Skripsi, 32-65.

Sugiyono, 204, Statistika Untuk Penelitan, Bandung :CV. Alfa Beta.

Sugiyono, 206, Metode Penelitan Pendidikan, Bandung :CV. Alfa Beta.

Suharsimi Arikunto, 202, Prosedur Penelitan Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyanto, Wening Purbaningrum. (2015). Pengaruh Perilaaku Disiplin Belajar Terhadap Perilaku Prososial Siswa Kelas V Sd Se Gugus Ii Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. UNY: Yogjakarta.

Sutoyo anwar.2012. pemahaman individu. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Syamsu Yusuf. (2009). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Taylor, S. E., Peplau, L.A., & Sears, D. O. (2009). Psikologi sosial (12 ed.). Jakarta: Kencana.

Taylor, SE. 1999. Health Psychology, 4th, Boston : McGraw Hill

Tn. 2018. Peilaku Prososial. dalam Artikel: https://www.universitaspsikologi.com/2018/09/perilaku- prososial pengertian-dan-faktornya.html

Tri Dayakisni & Hudaniah. (2001). Psikologi Sosial. Malang: UMM.

Downloads

Published

2020-12-29