PERENCANAAN PROGRAM BIMBINGAN KARIR DALAM MENINGKATKAN EKSPLORASI KARIR SISWA

Devi Nurul Fikriyani, Herdi Herdi

Abstract


Tujuan dari penulisan artikel ini adalah mampu memberikan arahan bagi peserta didik untuk meningkatkan eksplorasi karir.. Selain itu layanan bimbingan dengan Teknik diskusi kelompok ini siswa dapat mengemukakan pendapat dan membicarakan topik-topik penting terkait dengan karir, mengembangkan nilai-nilai, dan mengembangkan langkah-langkah secara bersama untuk menyelesaikan permasalahan yang dibahas dan didiskusikan dalam situasi kelompok.karena menurut peneliti belum adanya cara yang dilakukan oleh konselor untuk mendukung meningkatkan eksplorasi karir disebabkan konselor kesulitan menyiapkan media yang berkait dengan hal tersebut,   Metode yang digunakan yakni melalui studi literatur dan juga dari berbagai sumber yang relevan sekaligus mendukung artikel ini. Pokok-pokok yang akan dibahas dalam tulisan ini adalah tentang eksplorasi karir dan layanan bimbingan kelompok Teknik diskusi kelompok.


Full Text:

PDF

References


Abubakar, S. R. (2011). Pelaksanaan Bimbingan Karir Bagi Siswa Sma Sebagai Persiapan Awal Memasuki Dunia Kerja. Selami, 1(34), 221358.

Agungbudiprabowo, A. N. (2018). Efektivitas Program Bimbingan Karir Berbasis Teori Super Untuk Mengembangkan Identitas Vokasional Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 14-24.

Anwar, M. K. (2017). Buku Kerja Eksplorasi Karir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Asmanidar, Y. (2018.). Layanan Bimbingan Karir Terhadap Peningkatan Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Di Man Jeuram. (Doctoral Dissertation, Uin Ar-Raniry Banda Aceh).

Febriya, R. W. (2014). Survei Tentang Persepsi Dan Kesiapan Konselor Terhadap Bimbingan Dan Konseling Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Sma Surabaya Selatan. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling Unesa, 4(3).

Gani, R. A. (2012). Bimbingan Karir. Bandung: Angkasa.

Gladding, S. T. (2012). Konseling (Profesi Yang Menyeluruh), Edisi Ke Enam. Jakarta: Indeks.

Hediyati, D. (2019). Analisis Eksplorasi Dan Perencanaan Karir Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri Se-Kecamatan Ciamis. Jurusan Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Semarang.

Hijri, S. F. (2017). Hubungan Eksplorasi Karier Dengan Kebimbangan Karier Pada Siswa Sma Kelas Xii Di Jadebotabek. Schema: Journal Of Psychological Research.

Khairun, D. Y. (2016). Layanan Bimbingan Karir Dalam Peningkatan Kematangan Eksplorasi Karir Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 1(1)., 20.

Nahdi Ahmad, R. R. (2019). Layanan Bimbingan Karir Dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian Siswa Dalam Memilih Karir Di Ma Salafiyah Wonoyoso Bumirejo Kebumen: Perspektif Bimbingan Konseling Islam. Doctoral Dissertation, Uin Walisongo).

Nurihsan. (2006). Bimbingan Dan Konseling Dilihat Dari Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Pt. Revika.

Prayitno. (2007). Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok (Dasar Dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Priambodo, A. (2017 ). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Permainan Kartu Karir Terhadap Sikap Pilihan Karir . Indonesian Journal Of Guidance And Counseling: Theory And Application .

Priyatno, T. (2016). Upaya Meningkatkan Pemahaman Eksplorasi Karir Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok. Psikopedagogia Jurnal Bimbingan Dan Konseling.

Purwanta, E. (2012). Faktor Yang Memengaruhi Eksplorasi Karier Siswa Sltp. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(2). .

R.W, B. S. (2005). Career Development And Counseling. Canada: John Wiley & Sons.

Rahman, A. F. (2018). Strategi Individual Planning Untuk Meningkatkan Eksplorasi Karir. Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling “Peluang Dan Tantangan Konseling Karir Di Era Disrupsi”.

Salahudin, A. (2010). Bimbingan & Konseling. Bandung: Cv Pustaka Setia.

Setiawaty, T. (2018). Bimbingan Karir Melalui Kegiatan Keterampilan Dalam Meningkatkan Kemandirian Warga Inaan: Penelitian Telaah Bimbingan Agama Di Lembaga Permasyrakatan Wanita Kelas Ii A Bandung. (Doctoral Dissertation, Uin Sunan Gunung Djati Bandung).

Suherman, U. (2010). Konseling Karir Sepanjang Rentang Kehidupan. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/je.v7i1.7563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Edukasi : Jurnal Bimbingan Konseling
Under Licensed CC-BY-SA
© Published by Prodi Bimbingan Konseling  FTK UIN Ar-Raniry Collaboration with Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (ABKIN);
All rights reserved 2020. ISSN 2460-4917 (Print); 2460-5794 (Online)

 

Indexed By: