PENGARUH PENGGUNAAN METODE VIDEOCD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MIS LAM GUGOP BANDA ACEH

Nurrizqa Nurrizqa, Khairan AR

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh penggunaan metode pembelajaran VideoCD untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan multimedia Corel Video Studio pada siswa kelas VI A dan VI B di MIS Lam Gugop Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang didapatkan dalam penggunaan metode VideoCD untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang dilaksanakan pada MIS Lam Gugop Banda Aceh tanggal 25 Oktober s/d 1 November 2017 . Untuk mengukur pengaruhnya digunakan pendekatan kuantitatif.  Prosedur dilakukan untuk membandingkan metode ceramah dengan metode VideoCD yang telah dibuat, selanjutnya dengan memberikan soal pre-test dan post-test. pre-test diberikan setelah metode ceramah diterapkan dan post-test diberikan setelah metode VideoCD terlaksanakan. post-test berupa soal yang sama dengan pre-test, hal ini bertujuan untuk melihat pengaruhnya. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t dengan kriteria apabila r hitung > r tabel pada taraf signifikannya 0,05 dengan derajat bebas 60 maka H0 ditolak dan H1 deiterima. Didapatkan r tabel senilai 2,000 dan r hasil 4,370, jadi r hitung > r tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima yaitu adanya pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan metode VideoCD dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan multimedia Corel Video Studio di MIS Lam Gugop.

Keywords


metode VideoCD, metode pembelajaran, bahasa indonesia, Corel Video Studio, multimedia

Full Text:

PDF

References


Anifah, Noor dkk, “Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Konvensional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII MTs Negeri di Kabupaten Kudus” Jurnal teknologi pendidikan dan pembelajaran. Vol.2, No.2. hal. 196-197. 2014.

Nuraisah, Nur dkk, “Perbedaan Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Konvensional dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Pecahan” Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1. Hal. 297-298. 2016.

Istarani, Kumpulan 40 Metode Pembelajaran, Medan: MEDIA PERSADA, 2014.

Oktavia, Nova. 2015. Sistematika Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta:CV BUDI UTAMA.

Rahayu, Nanik Sri, Desain Multimedia 1 untuk SMK/MAK Kelas XI, Bandung: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, 2013.

Regowo, Ekho. 2007. Hubungan Sosial Keluarga Dengan Kepatuhan Diit Pasien Hipertensi Di Puskesmas Candi Semarang Selatan.

Sanjaya, Wina, Media Komunikasi Pembelajaran, Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP, 2012.

Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2016.

Ardi, Azhar Umara. 2017. Peningkatan Prestasi Belajar dan Berfikir Kritis Siwa Mata Pelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Menggunkan Model Pembelajaran Iquiri Berbantu Media Periskop di Kelas B MIM Pandansari. Skripsi. FKIP, UMP.

Hasanah , Sholihah Nur, “Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Tebak Kata Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas II SD Negeri 01 Jetis Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014,” Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.

Maslachah, Dewi, “Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual (Cd) "Bina Ucap Al-Qur'an" Dalam Proses Belajar Mengajar Al-Qur'an Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Sma Khadijah Surabaya,” Undergraduate Thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2013.

Nugroho, Septian, “Keefektifan Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Sma 5 Semarang,” Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, 2013.

Nurliawati, Nova. 2016. Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di MTsN Insan Qur’an Pada Materi Cahaya. Skripsi.

Septiani, Rina, “Pengembangan Media Pembelajaran Mengapresiasi Teks Cerita Pendek Berbasis Adobe Flash CS5 untuk Kelas XI SMA,” Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.

Susi, Rini. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw Dan Media Menggambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di SMPN 2 Manggeng Aceh Barat Daya. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh.

Taufiq, Muhammad, “Studi Deskriptif Tentang Penggunaan VCD dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Wonopriggo Kabupaten Pekalongan,” Tesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang, 2012.

Trinora, Remilda. 2015. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

Widagdo, Achmad Kunto, “Hasil Pembelajaran dengan Metode Konvensional dan Metode Tutor Sebaya Terhadap Peningkatan Teknik Passing Sepak Bola pada Kelas VIII SMP N 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2009/2010,” Skripsi, Fak. Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/cj.v2i2.3995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nurrizqa Nurrizqa, Khairan AR, Hazrullah Hazrullah

This journal has been indexed by:

Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Published by Center for Research and Community Service (LP2M) in cooperation with the Department of Information Technology Education, Faculty of Education and Teacher Training, Ar-Raniry State Islamic University, Banda Aceh.
P-ISSN: 2598-2079
E-ISSN: 2597-9671
Creative Commons License
Content on this site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,
except where otherwise noted.