PENGARUH PENGGUNAAN METODE VIDEOCD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MIS LAM GUGOP BANDA ACEH
DOI:
https://doi.org/10.22373/cj.v2i2.3995Keywords:
metode VideoCD, metode pembelajaran, bahasa indonesia, Corel Video Studio, multimediaAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh penggunaan metode pembelajaran VideoCD untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan multimedia Corel Video Studio pada siswa kelas VI A dan VI B di MIS Lam Gugop Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang didapatkan dalam penggunaan metode VideoCD untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang dilaksanakan pada MIS Lam Gugop Banda Aceh tanggal 25 Oktober s/d 1 November 2017 . Untuk mengukur pengaruhnya digunakan pendekatan kuantitatif. Prosedur dilakukan untuk membandingkan metode ceramah dengan metode VideoCD yang telah dibuat, selanjutnya dengan memberikan soal pre-test dan post-test. pre-test diberikan setelah metode ceramah diterapkan dan post-test diberikan setelah metode VideoCD terlaksanakan. post-test berupa soal yang sama dengan pre-test, hal ini bertujuan untuk melihat pengaruhnya. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t dengan kriteria apabila r hitung > r tabel pada taraf signifikannya 0,05 dengan derajat bebas 60 maka H0 ditolak dan H1 deiterima. Didapatkan r tabel senilai 2,000 dan r hasil 4,370, jadi r hitung > r tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima yaitu adanya pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan metode VideoCD dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan multimedia Corel Video Studio di MIS Lam Gugop.References
Anifah, Noor dkk, “Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Konvensional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII MTs Negeri di Kabupaten Kudus” Jurnal teknologi pendidikan dan pembelajaran. Vol.2, No.2. hal. 196-197. 2014.
Nuraisah, Nur dkk, “Perbedaan Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Konvensional dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Pecahan” Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1. Hal. 297-298. 2016.
Istarani, Kumpulan 40 Metode Pembelajaran, Medan: MEDIA PERSADA, 2014.
Oktavia, Nova. 2015. Sistematika Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta:CV BUDI UTAMA.
Rahayu, Nanik Sri, Desain Multimedia 1 untuk SMK/MAK Kelas XI, Bandung: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, 2013.
Regowo, Ekho. 2007. Hubungan Sosial Keluarga Dengan Kepatuhan Diit Pasien Hipertensi Di Puskesmas Candi Semarang Selatan.
Sanjaya, Wina, Media Komunikasi Pembelajaran, Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP, 2012.
Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2016.
Ardi, Azhar Umara. 2017. Peningkatan Prestasi Belajar dan Berfikir Kritis Siwa Mata Pelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Menggunkan Model Pembelajaran Iquiri Berbantu Media Periskop di Kelas B MIM Pandansari. Skripsi. FKIP, UMP.
Hasanah , Sholihah Nur, “Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Tebak Kata Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas II SD Negeri 01 Jetis Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014,” Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.
Maslachah, Dewi, “Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual (Cd) "Bina Ucap Al-Qur'an" Dalam Proses Belajar Mengajar Al-Qur'an Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Sma Khadijah Surabaya,” Undergraduate Thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2013.
Nugroho, Septian, “Keefektifan Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Sma 5 Semarang,” Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, 2013.
Nurliawati, Nova. 2016. Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di MTsN Insan Qur’an Pada Materi Cahaya. Skripsi.
Septiani, Rina, “Pengembangan Media Pembelajaran Mengapresiasi Teks Cerita Pendek Berbasis Adobe Flash CS5 untuk Kelas XI SMA,” Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.
Susi, Rini. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw Dan Media Menggambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di SMPN 2 Manggeng Aceh Barat Daya. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh.
Taufiq, Muhammad, “Studi Deskriptif Tentang Penggunaan VCD dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Wonopriggo Kabupaten Pekalongan,” Tesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang, 2012.
Trinora, Remilda. 2015. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
Widagdo, Achmad Kunto, “Hasil Pembelajaran dengan Metode Konvensional dan Metode Tutor Sebaya Terhadap Peningkatan Teknik Passing Sepak Bola pada Kelas VIII SMP N 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2009/2010,” Skripsi, Fak. Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, 2010.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Cyberspace Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).