References
Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: PT Rosdakarya, 2007.
Arum Mawar Kinarsih, Problema Guru dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran di SD Muhammadiyah 14 Surakarta, Artikel Publikasi, Prodi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.
Hamzah B. Uno, Profesi Kependidikan, Problema, solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.
-------, Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
H.A.R. Tilaar, H.A.R., Membenahi Pendidikan Nasional, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.
Imam Suraji, Wamugi dan Aris Nurhamidi, Kemampuan Guru MI yang Bersertifikat Pendidik dalam Menyusun Rencana Pembelajaran (Kasus Kota Pekalongan), Jurnal Penelitian, Vol. 10, No. 1, Mei 2013.
Khumyati, Peningkatan kemampuan Guru dalam Penyusunan RPP Melalui Kegiatan Supervisi Klinis di MI Nurul Ulum Kesuben Tegal TP.2015/2016, Dialektika Jurnal PGSD, Vol. 7, No. 1, 2 017.
Martinis Yamin, & Maisah, Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta: Gaung Persada Press, 2010.
Michael Zwell, Creating a Culture of Competence. New York: John Wiley & Sons, Inc., 2000.
Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Edisi Revisi, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2000.
Piet. A Sahertian, Profil Pendidik Profesional, Yogyakarta: Andi Offset, 1994.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Depdiknas, 2005.
Permndikbud Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah