OPTIMALISASI KOMPETENSI GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mawardi Mawardi

Abstract


Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan langkah awal yang harus disusun oleh seorang guru, sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan adanya RPP diharapkan, pembelajaran yang dilaksanakan guru dapat berjalan dengan tepat dan benar untuk pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Penelitian ini mengungkap lebih lanjut mengenai bagaimana kompetensi guru, khususnya guru Madrasah Ibtidaiyah, dalam menyusun RPP, serta faktor pendukung dan kendala guru dalam penyusunan RPP. Hasil penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kota Sabang menunjukkan bahwa, kompetensi guru dalam menyusun RPP masih rendah, sebagai akibat dari kurangnya pengetahuan guru tentang penyusunan RPP, yang disebabkan kurang mendapat bimbingan dan pelatihan dari instansi terkait, termasuk juga organisasi non pemerintah lainnya. Sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, para guru dituntut menyusun RPP, sehingga mereka mengambil jalan pintas dengan mengambil di internet dan membeli RPP yang sudah jadi, untuk kemudian disesuaikan dengan pelajaran yang menjadi tanggung jawabnya. Untuk itu, maka perlu kiranya pihak terkait khususnya, untuk meningkatkan kompetensi guru dalam penyusunan RPP.    


Keywords


kompetensi; RPP; guru

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: PT Rosdakarya, 2007.

Arum Mawar Kinarsih, Problema Guru dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran di SD Muhammadiyah 14 Surakarta, Artikel Publikasi, Prodi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.

Hamzah B. Uno, Profesi Kependidikan, Problema, solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.

-------, Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

H.A.R. Tilaar, H.A.R., Membenahi Pendidikan Nasional, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.

Imam Suraji, Wamugi dan Aris Nurhamidi, Kemampuan Guru MI yang Bersertifikat Pendidik dalam Menyusun Rencana Pembelajaran (Kasus Kota Pekalongan), Jurnal Penelitian, Vol. 10, No. 1, Mei 2013.

Khumyati, Peningkatan kemampuan Guru dalam Penyusunan RPP Melalui Kegiatan Supervisi Klinis di MI Nurul Ulum Kesuben Tegal TP.2015/2016, Dialektika Jurnal PGSD, Vol. 7, No. 1, 2 017.

Martinis Yamin, & Maisah, Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta: Gaung Persada Press, 2010.

Michael Zwell, Creating a Culture of Competence. New York: John Wiley & Sons, Inc., 2000.

Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Edisi Revisi, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2000.

Piet. A Sahertian, Profil Pendidik Profesional, Yogyakarta: Andi Offset, 1994.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Depdiknas, 2005.

Permndikbud Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jid.v20i1.3859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Didaktika

Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran

 


All works are licensed under CC-BY

Statistik Pengunjung

© Jurnal Ilmiah Didaktika 2019. Published by Center for Research and Publication UIN Ar-Raniry; All rights reserved.
This website has been viewed hit counter website times.
 
 
Indexed by: