ANALYSIS OF INSTRUMENT VALIDITY ASSESSMENT ITEMS FOR STUDENT LEARNING ACHIEVEMENT

Muh Syauqi Malik, Maya Setia Priyadi

Abstract


This article aims to determine the analysis of instrument validity assessment items. The formulation in this article is to explain the concept of validity, instruments, as well as a detailed discussion of the feasibility analysis of the valuation instruments. The notion of validity is a concept related to the extent to which the test has measured what must be measured. To analyze instruments to evaluate learning outcomes in the form of test items, it can be done in 2 ways, namely qualitative analysis of questions and quantitative analysis of questions. This instrument is a benchmark for student learning achievement. The assessment instruments used by educational institutions in the form of school exams or madrassas must meet the requirements of substance, construction, language, and have evidence of empirical validity. While the analysis of the validity of the quantitative test includes analysis of totality validity which includes content validity, construct validity, forecast validity, and comparison validity, and item validity analysis. Researchers used data analysis techniques using instrument analysis sheets, manual calculations, Microsoft Excel applications, and SPSS applications (Statistical Product and Service Solution). This article is presented systematically and is accompanied by supporting instructions and images so that readers can understand it more quickly and more easily.


Keywords


Validity, Instruments, Assessment

Full Text:

PDF

References


Alwi, Idrus. “Kriteria Empirik dalam Menentukan Ukuran Sampel Pada Pengujian Hipotesis Statistika dan Analisis Butir.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 2, no. 2 (5 Agustus 2015). https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.95.

Bashooir, Khoirul, dan Supahar Supahar. “Validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran fisika berbasis STEM.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 22, no. 2 (2018): 219–230.

Budiman, Agus, dan Jailani Jailani. “Pengembangan instrumen asesmen higher order thinking skill (HOTS) pada mata pelajaran matematika SMP kelas VIII semester 1.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1, no. 2 (2014): 139–151.

Ediana, Asep. Evaluasi Pembelajaran di SD dan MI. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2018.

Hamzah Uno, dan Satria Koni. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Hasanah, Hasyim. "Teknik-teknik Observasi. (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu sosial). Jurnal At Taqaddum Vol 9 No 1. 2017

Hayati, Nila, dan Djemari Mardapi. "Pengembangan Butir Soal Matematika di SD di Kabupaten Lombok Timur sebagai Upaya dalam Pengadaan Bank Soal". Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran Vol 11 No 1. 2014

Hendryadi. "Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuisioner". Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, Vol 2 No 2. 2017

Kurniawan, Tutut. "Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar". Journal of Elementary Education, Vol 4 No 1. 2015.

Mania, Sitti. "Observasi sebagai Alat Evaluasi dalam Dunia Pendidikan dan Pengajaran". Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Vol 11 No 2. 2017

Machali, Imam. Statistik itu Mudah: Menggunakan SPSS Sebagai Alat Bantu Statistik. Yogyakarta: MPI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015.

———. Statistik Manajemen Pendidikan Teori dan Praktik Statistik dalam bidang Pendidikan, Penelitian, Ekonomi, Bisnis, dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Vol. Vol. 1. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2015.

Menteri Pendidikan Nasional. “Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian.” Menteri Pendidikan Nasional, 2007.

Nayla, Ata Amalia, dan Ani Widayanti. "Analisis Butir Soal Tes Kendali Mutu Kelas XII Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi di Kota Yogyakarta Tahun 2012". Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol X No 1. 2015.

Nuswowati, Murbangun, dkk. "Pengaruh Validitas dan Reliabilitas Butir Soal Ulangan Semester Bidang Studi Kimia terhadap Pencapaian Kompetensi". Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol 4 No 2. 2010

Pardimin. "Analisis Butir Soal Tes Pemecahan Masalah Matematika". Jurnal Wacana Akademika, Vo 1, No 1. 2017.

Rahardjo, Susilo, dan Gudnanto. Pemahaman Individu: Teknik Nontes. Jakarta: Kencana, 2016.

Solichin, Mujianto. “Analisis Daya Beda Soal, Taraf Kesukaran, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes dan Validitas Ramalan dalam Evaluasi Pendidikan.” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 2, no. 2 (30 Juni 2017): 192–213.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2015.

Sukiman. Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani, 2011.

Surapranata, Sumarna. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2009.

TFT, Aloysius Rabata Nova, dan Parno Parno. “Pengembangan Instrumen Asesmen Penguasaan Konsep Tes Testlet Pada Materi Suhu dan Kalor.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 1, no. 6 (2016): 1197–1203.

“Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” 2003.

Yonisa, Riza Kurniawan, dkk. "Pemberian Pelatihan Analisis Butir Soal Bagi Guru di Kabupaten Jombang: Efektif?. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), Vol 1, No 2. Desember 2017.

Yusrizal, Yusrizal. “Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Dosen Di Perguruan Tinggi.” PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta 29, no. 1 (30 Mei 2017): 108–20. https://doi.org/10.21009/parameter.291.10.

Yusuf, Muri. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group, 2015.

———. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jid.v21i2.6702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Didaktika

Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran

 


All works are licensed under CC-BY

Statistik Pengunjung

© Jurnal Ilmiah Didaktika 2019. Published by Center for Research and Publication UIN Ar-Raniry; All rights reserved.
This website has been viewed hit counter website times.
 
 
Indexed by: