Analisis Economic Value Added (EVA) Pada Perusahaan Sektor I yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII)

Muhammad Zulhilmi, Winny Dian Safitri, Rahmi Rahmi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keuntungan perusahaan, kinerja keuangan dan perubahan tingkat kinerja perusahaan sektor industri selama bergabung di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2014, 2015 dan 2016. Jenis data yang digunakan ialah data sekunder yang berasal dari laporan-laporan keuangan setiap perusahaan sektor industri yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index tahun 2014 sampai 2016, khususnya laba/rugi dan posisi keuangan yang menjadi dasar perhitungan EVA (Economic Value Added). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan sektor industri yang bergabung di Jakarta Islamic Index (JII) memiliki laba yang meningkat setiap tahunnya, tetapi nilai EVA yang dimiliki oleh perusahaan sektor industri kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari 7 perusahaan yang menjadi objek penelitian dari 3 periode yaitu tahun 2014, 2015 dan 2016, dimana hanya 2 perusahaan diantaranya yang memiliki nilai EVA yang meninggat walaupun pada tahun 2015 mengalami penurunan, tetapi pada tahun 2016 kembali meningkat. Perusahaan tersebut adalah PT Astra International Tbk dan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk

Keywords


JII, Industry, Financial Performance, Economic Value Added (EVA)

Full Text:

PDF

References


Aisyiah, Nurul, dkk. (2013). Pengukuran Kinerja Keuangan Perusahaan Menggunakan Metode Rasio Keuangan Dan Metode Eva (Economic Value Added). Malang: Fakultas Ilmu Administrasi.

Damanik, Michael Valentino. (2009). Pengaruh Economic Value Added (EVA) Dan Analisis Fundamental Terhadap Harga Saham. Depok: Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma.

Iramani dan E. Febrian. (2005). Financial Value Added: Suatu Paradigma Dalam Pengukuran Kinerja dan Nilai Tambah Perusahaan.Vol.7.

Mirza, Teuku. (1997). EVA Sebagai Alat Penilaian. Usahawan. Jakarta.

Mulyadi. (1997). Akuntansi Manajemen (Konsep, Manfaat dan Rekayasa. (Edisi kedua). Yogyakarta: Bagian Penerbitan STIE YKPN.

Sari, Muthia. (2015). Analisis Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Economic Value Added (EVA). Lampung: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung.

Sawir, Agnes. (2001). Analisis Kinerja Keuangan & Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Simbolon, Ratih F D, dkk. (2014). Analisis EVA (Economic Value Added) Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan. Malang: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Sofiarini. (2004). Strategi Meningkatkan EVA. Jakarta: Salemba Empat.

Syamsuddin, Lukman. (2009). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Utama, Sidharta. (1997). Ekonomic Value Added: Pengukuran dan Penciptaan Nilai Perusahaan. Manajemen dan Usahawan Indonesia.

www.kemenperin.go.id/artikel/1420/Industri-Farmasi-Indonesia-Tumbuh-Rp37-T

Young, S. David dan Stephen F. O’Byrne. (2001).EVA dan Manajemen Berdasarkan Nilai, Panduan Praktis Untuk Implementasi. Jakarta: Salemba.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ekobis.v2i1.10001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Zulhilmi, Winny Dian Safitri, Rahmi Rahmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat View MyStat

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .