Kajian Pengaruh Kepala Rumah Tangga Wanita dan Anak Putus Sekolah Terhadap Rumah Tangga Miskin (Ditinjau Dari Maqashid Syariah) di Provinsi Aceh

Cut Dian Fitri, Syahrul Fadhli

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh kepala rumah tangga wanita dan anak putus sekolah terhadap rumah tangga miskin di tinjau dari Maqashid Syariah di Provinsi Aceh tahun 2015. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data BDT tahun 2015. Basis data terpadu (BDT) adalah sebuah  sistem yang dapat digunakan untuk perencanaan program perlindungan sosial yang dikelola oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) di 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa secara simultan variabel kepala rumah tangga wanita dan anak putus sekolah berpengaruh terhadap jumlah rumah tangga miskin. Secara parsial berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan maka sebaiknya pemerintah Provinsi Aceh agar membuat program kesejahteraan bagi kepala rumah tangga wanita dan anak putus sekolah agar jumlah rumah tangga miskin yang masuk dalam data Basis Data Terpadu (BDT) dapat menurun. Penelitian ini ditinjau dari Maqashid Syariah dimana dari unsur-unsur Maqashid Syariah kepala rumah tangga wanita dan  anak putus sekolah  meliputi penjagaan agama, harta, jiwa, keturuan dan akal berpengaruh terhadap rumah tangga miskin yang meliputi penjagaan agama dan harta.

Keywords


Kepala Rumah Tangga Wanita, Anak Putus Sekolah, Rumah Tangga Miskin, Maqashid Syariah

Full Text:

PDF

References


Abubakar, Al Yasa’. (2004). Syariat Islam di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam: Paradigma, Kebijakan, dan Kegiatan. Banda Aceh: Dinas Syariat Islam Provinsi Naggroe Aceh Darussalam.

Abuddin Nata. (2003). Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana

Ali, Mohammad Daud. (2007). Hukum Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bappeda Aceh. (2016). Sejarah Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah.http://www.bappeda.acehprov.go.id/page/sejarah-bappeda.Tanggal akses 18 September 2017.

---------------------. (2016). Profil Kependudukan, Disdukcapil Provinsi Aceh, Aceh.

Badan Pusat Statistik. (2017). Aceh Dalam Angka 2017. Aceh: BPS Provinsi Aceh.

Chapra, Umar. (2008). The Islamic Vision of Development in the Light of Maqashid Al Shariah. Jeddah: Islamic Research and Training Institute.

Effendi, Satria. (2005). Ushul Fiqh. Jakarta: Pranadamedia Group.

Gujarati. (1995). Basic Econometrics. New York: McGraw-Hill.

Gujarati. (2007). Dasar-Dasar Ekonometrika. Jakarta: Erlangga

Husna, Nurul. (2015). Banda Aceh:Analisis Faktor-Faktor YangMempengaruhi Jumlah Rumah Tangga Dengan Status Kesejahteraan Di Bawah 40%. LKPI.

Kuncoro, M. (2004). Otonomi Daerah: Reformasi Perencanaan, Strategi Dan Peluang. Jakarta: Erlangga

Myers, R.H. (1990). Classical and Modern Regression with Aplication. New Yersey: Prentice Hall.

Puttri, Nindya; Oktaviani; dkk. (2015). Pemberdayaan perempuan kepala keluarga. Prosiding penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 2(2)

P3EI. (2013). Ekonomi Islam. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Priyo Utomo, Agung. (2013). Kesejahteraan wanita dalam pengaruh wanita sebagai kepala rumah tangga. Jurnal Ilmu Sosial. 17(2).

Rise, Addiana. (2015). Pengaruh pendidikan, pengangguran dan kesehatan terhadap jumlah penduduk miskin di Sumatra Barat. Jurnal Ekonomi.

Setiawan, Adi. (2012). Uji Normalitas dengan Menggunakan Statistik Jarque-Bera. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan.Yogyakarta. Volume 1: 1-3.

TNP2K. (2015). Program Penanggulangan Kemiskinan di Indonesia. http://www.tnp2k.go.id/id/program/sekilas/. Tanggal akses 27 September 2017.

Walpole, E.R. (2005) .Pengantar Statistika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Widarjono, Agus. (2007). Ekonometrika Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia FE UII.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ekobis.v2i1.10002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Cut Dian Fitri, Syahrul Fadhli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat View MyStat

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .