Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belanja Konsumen Remaja Banda Aceh Dalam Perspektif Ekonomi Syariah
DOI:
https://doi.org/10.22373/ekobis.v2i1.10005Keywords:
Distro, Kaum Remaja, Perilaku Konsumen dalam Islam,Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat belanja konsumen remaja. Konsumen remaja memiliki pola konsumsi tersendiri, sesuai dengan trend yang berkembang Salah Satu hal yang diminati konsumen remaja adalah berbelanja pada toko distro karena menawarkan barang yang khas dan berkualitas. Maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi remaja minat berbelanja pada toko distro, dan bagaimana perilaku konsumsi remaja dalam syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi sumber data primer yaitu konsumen remaja berjumlah 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor remaja berbelanja pada distro karena penggunaan produk distro bagi remaja adalah sebagai symbol gaya hidup berbusana bagi remaja. Perilaku konsumen remaja dalam mengikuti trend fashion berbeda-beda sesuai keinginan masing-masing dan sebagian tergolong dalam konsumen konsumtif.References
Abdullah, Irwan. (2007). Konstruksi dan reproduksi Kebudayaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Amel. (2006). Analisis Pengaruh Komponen Atmospherics Terhadap Perilaku Pembelian Konsumen Distro. Malang.
Chamid, Nur. (2010). Jejak Langkah Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Nasution, Edwin Mustafa (2017). Pengenalan Ekslusif Ekonomi Islam. Jakarta: Prenada Media Group
Ferrinadewi, Erna. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen, Yogyakarta: Graha Ilmu
Husein. (2000). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ikhwan susisla, dan fathchurrahman. (2014). service vallue sebuah variabel pemediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat beli, Jakarta : Emperika Jaya
Irawan, Heni. (2013). Jurnal Perancangan Buku Ilustrasi Fashion Korea untuk Anak di Surabaya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
James, Michael. (2001). Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Jakarta: Ghalia
Karim, Adiwarman. (2007). Ekonomi Mikro Islami Jakarta: Rajawali Press
M.Nur Rianto, Euis Amalia. (2010). Teori Mikroekonomi (suatu perbandingan ekonomi islam dan ekonomi konvensional). Jakarta: Kencana
M.A. Damsar. (1997). Sosiologi Ekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
M.A.Mannan. (2005). Teori dan Praktek Ekonomi Islam, Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa
M.Alifuddin, (2014), “Etika Berbusana dalam Perspektif Islam”, Jurnal Shautut Tarbiyah, Vol. 1 No. 1, Sulawesi Tenggara: Kendari
Marzuqi, Ismail. (2008). Pengaruh Store Image (Citra Toko) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jakarta : Bumi Askara
Mufil, Muhammad. (2010). Pusat pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Nugroho, Catur (2013). Pengaruh Gambar Peringatan Dan Kesehatan Dan Resiko Yang Dipersepsikan Terhadap Minat Beli Konsumen (Study kasus Pada Rokok Sampoerna Mild Kota Yogyakarta). Skripsi, Yogyakarta, Universitas Jogjakarta: Fakultas Ekonomi
Pratama, Rahardja. (2004). Mandala Manurung, Pengantar Ilmu Ekonomi (mikroekonomi & makroekonomi). Jakarta: Binarupa Aksara.
Simamora, Bilson. (2002). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Soeprawoto, dkk. (2005). Psikologi Perkembangan. Semarang: UPTUNNES Press.
Soerjono, Soekanto. (2005). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sumarwan, Ujang. (2004). Perilaku Konsumen: Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Suprayitno, Eko. (2005). Ekonomi Islam, Yogyakarta: Graha Seti
Sutisna. (2001). Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Todaro, (2002). Ekonomi dalam Pandangan Modern. Jakarta: Bina Aksara.
Vembriyanto, Aryogo. (2008). Analisis Sikap Konsumen Terhadap Produk Distro Di Kota Yogyakarta. Skripsi. Dipublikasikan Di Universitas Islam Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
EKOBIS allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-SA 4.0) that allows others to EKOBIS the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work