Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belanja Konsumen Remaja Banda Aceh Dalam Perspektif Ekonomi Syariah

Authors

  • Zyaul Fitra UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Nevi Hasnita UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Jalaluddin Jalaluddin UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/ekobis.v2i1.10005

Keywords:

Distro, Kaum Remaja, Perilaku Konsumen dalam Islam,

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat belanja konsumen remaja. Konsumen remaja memiliki pola konsumsi tersendiri, sesuai dengan trend yang berkembang Salah Satu hal yang diminati konsumen remaja adalah berbelanja pada toko distro karena menawarkan barang yang khas dan berkualitas. Maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi remaja minat berbelanja pada toko distro, dan bagaimana perilaku konsumsi remaja dalam syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi sumber data primer yaitu konsumen remaja berjumlah 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor remaja berbelanja pada distro karena penggunaan produk distro bagi remaja adalah sebagai symbol gaya hidup berbusana bagi remaja. Perilaku konsumen remaja dalam mengikuti trend fashion berbeda-beda sesuai keinginan masing-masing dan sebagian tergolong dalam konsumen konsumtif.

References

Abdullah, Irwan. (2007). Konstruksi dan reproduksi Kebudayaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Amel. (2006). Analisis Pengaruh Komponen Atmospherics Terhadap Perilaku Pembelian Konsumen Distro. Malang.

Chamid, Nur. (2010). Jejak Langkah Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nasution, Edwin Mustafa (2017). Pengenalan Ekslusif Ekonomi Islam. Jakarta: Prenada Media Group

Ferrinadewi, Erna. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen, Yogyakarta: Graha Ilmu

Husein. (2000). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ikhwan susisla, dan fathchurrahman. (2014). service vallue sebuah variabel pemediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat beli, Jakarta : Emperika Jaya

Irawan, Heni. (2013). Jurnal Perancangan Buku Ilustrasi Fashion Korea untuk Anak di Surabaya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

James, Michael. (2001). Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Jakarta: Ghalia

Karim, Adiwarman. (2007). Ekonomi Mikro Islami Jakarta: Rajawali Press

M.Nur Rianto, Euis Amalia. (2010). Teori Mikroekonomi (suatu perbandingan ekonomi islam dan ekonomi konvensional). Jakarta: Kencana

M.A. Damsar. (1997). Sosiologi Ekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

M.A.Mannan. (2005). Teori dan Praktek Ekonomi Islam, Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa

M.Alifuddin, (2014), “Etika Berbusana dalam Perspektif Islam”, Jurnal Shautut Tarbiyah, Vol. 1 No. 1, Sulawesi Tenggara: Kendari

Marzuqi, Ismail. (2008). Pengaruh Store Image (Citra Toko) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jakarta : Bumi Askara

Mufil, Muhammad. (2010). Pusat pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Nugroho, Catur (2013). Pengaruh Gambar Peringatan Dan Kesehatan Dan Resiko Yang Dipersepsikan Terhadap Minat Beli Konsumen (Study kasus Pada Rokok Sampoerna Mild Kota Yogyakarta). Skripsi, Yogyakarta, Universitas Jogjakarta: Fakultas Ekonomi

Pratama, Rahardja. (2004). Mandala Manurung, Pengantar Ilmu Ekonomi (mikroekonomi & makroekonomi). Jakarta: Binarupa Aksara.

Simamora, Bilson. (2002). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Soeprawoto, dkk. (2005). Psikologi Perkembangan. Semarang: UPTUNNES Press.

Soerjono, Soekanto. (2005). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sumarwan, Ujang. (2004). Perilaku Konsumen: Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suprayitno, Eko. (2005). Ekonomi Islam, Yogyakarta: Graha Seti

Sutisna. (2001). Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Todaro, (2002). Ekonomi dalam Pandangan Modern. Jakarta: Bina Aksara.

Vembriyanto, Aryogo. (2008). Analisis Sikap Konsumen Terhadap Produk Distro Di Kota Yogyakarta. Skripsi. Dipublikasikan Di Universitas Islam Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-06-24

Issue

Section

Articles