Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Kemasan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam)

Authors

  • Era Susanti UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Nilam Sari UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Khairul Amri UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/ekobis.v2i1.10006

Keywords:

Halal Labeling, Buying Decision, Packaged Food

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian makanan kemasan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber Data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 93 orang. Proses analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil regresi ditemukan Variabel Label Halal berpengaruh secara signifikan terhadap Variabel Keputusan Pembelian hal ini dilihat dari signifikan label halal sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari tingkat signifikansi yang digunakan yaitu 0,05. Dan dapat juga dilihat dari thitung sebesar 5.383 yang berarti thitung lebih besar dari ttabel yaitu 1.661.

References

Al-Qardhawi, Y. (1997). Norma dan Etika Ekonomi Islam. Jakarta: Gema Insani Press.

Antonio, M. (2003). Bank Syariah,Teori dan Praktek. Jakarta: Gema Insani Press.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Burhanuddin. (2011). Pemikiran Hukum Perlindungan Konsumen dan Sertifikat Halal. Malang: UIN Maliki Press.

Chaundhry, M. S. (2012). Sistem Ekonomi Islam, Prinsip Dasar (Fundamental of Islamic Economic System). Jakarta: Kencana.

Hasan, M. I. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Miru, A., & Yodo, S. (2004). Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta: Rajawali Press.

Muhammad. (2004). Metode Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

PPIH, P. P. (2009). Daftar Belanja Produk Halal. Jakarta: LPPOM-MUI.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Utami. (2013). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga

Downloads

Published

2021-06-24

Issue

Section

Articles