Analisis Pengaruh Religiositas dan Pengetahuan Terhadap Keputusan Membeli Produk Halal (Studi Pada Masyarakat Desa Meunasah Baro Aceh Besar)

Resa Aulianda, Fithriady Ilyas, Azimah Dianah

Abstract


Perkembangan industri produk makanan dan minuman impor di Indonesia sudah banyak diperdagangkan dengan berbagai macam kemasan dengan bentuk yang menarik, salah satu yang paling banyak muncul adalah produk makanan khususnya produk makanan kemasan. Adanya produk makanan kemasan ini membuat konsumen bebas dalam memilih makanan apa saja yang mereka inginkan tanpa mengetahui halal atau tidak produk makanan kemasan tersebut. Dalam Islam tidak semua makanan halal untuk dimakan. Hal terpenting yang harus diperhatikan oleh seorang muslim dalam memilih suatu produk makanan yaitu dengan melihat halal atau tidaknya produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Religiositas dan Pengetahuan terhadap Keputusan Membeli Produk Halal pada Masyarakat Desa Meunasah Baro, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, variabel dalam penelitian ini yaitu Religiositas dan Pengetahuan sebagai variabel bebas dan Keputusan Membeli Produk Halal sebagai variabel terikat. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 66 sampel, metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan mengunakan alat bantu program SPSS for windows 20. Berdasarkan hasil uji simultan (F) hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Religiositas dan Pengetahuan berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Membeli Produk Halal. Dan berdasarkan hasil uji parsial (t) hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Religiositas tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Membeli Produk Halal. Sedangkan variabel Pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Membeli Produk Halal.

Keywords


Religiositas, Pengetahuan, Keputusan Membeli

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahan.

Ambali, A. B., dan Bakar, A. N. (2014). “People’s awareness on Halal Foods and Products: Potential Issues for Policy-Marker”. Procedia-Sosial and Behavior Sciences.

Ancok, D., dan Surson, F. N. (2015). Psikologi Islam Solusi Islam atas Problem-Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Astogini, D., Wahyudin, W., dan Wulandari, S. Z. (2011). Aspek Religiositas dalam Keputusan Pembelian Produk Halal (Studi tentang labelisasi halal pada produk makanan dan minuman kemasan). Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi (JEBA), 13(1), 1-8.

Durianto, D,. dan Liana, C. (2004). Analisis efektifitas iklan televisi “softener soft & fresh di Jakarta dan sekitarnya menggunakan consumer decision model. Jurnal Ekonomi Perusahaan, 11(1), ISSN:0854 – 8153.

Endah, N.H. (2014). Perilaku Pembelian Kosmetik Berlabel Halal oleh Konsumen Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 22(1), 11-25.

Engel JF, Blackwell RD, Miniard PW. (1995). Perilaku konsumen jilid 2 (6th ed.). FX Budianto, penerjemah. Jakarta: Binapura Aksara. Terjemahan dari: Consumer Behaviour 6th ed.

El-Menouar, Yasemin and Bertelsmann Stitung. (2014). The Five Dimenions of Muslim Religiosity Results of an Empirical Study. Journal of Methods, Data, Analysses, 8(1), 53-78.

Fauzia, D. R. S., Pangestuti, E., dan Bafadhal, A. S. (2019). Pengaruh Religiositas, Sertifikasi Halal, Bahan Produk Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 66(1), 37-46.

Fetzer, J.E. (1999). Multidimensional measurement of religiousness, spiritually for use in health research. Kalamazo: Jhon E Fetzer Institute.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghufron, M. N., dan Risnawati, R. (2014). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group).

Ibn al-Kathir, Ismail. (1998). Tafsir al-Quran al-A‘zim (Tahqiq: Muhammad al-Husayn Shams al-Din). Jld. Juz. 1-4. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Idri. (2015). Hadis Ekonomi: Ekonomi dalam Perspektif Hadis Nabi. Jakarta: Kencana.

Juliandi, A., I., dan Manurung, S. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis, cetakan 1. Medan.

Khasanah, R. N., Wahab, Z., dan Nailis, W. (2014). Pengaruh Kemasan, Label Halal, dan Pengetahuan Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Konsumen Kosmetik Wardah di Kota Palembang). Jembatan: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(2), 133-150.

Kotler, P., and Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid I. Edisi Kesembilan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P., and Armstrong, G. (2011). Principles of Marketing 14th ed. USA: Prentice Hall.

Maman. (2006). Metodologi Penelitian Agama: Teori Dan Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muflih, M. (2006). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam. Raja Grafindo Persada.

Nashori, F., dan Rachmy, D. (2002). Mengembangkan Kreativitas dalam Perspektif Psikologi Islam. Yogyakarta: Menara Kudus.

Purnasari, N., Hasyim, F., & Sabarisman, I. (2018). Menilai Tingkat Religiositas dan Pengetahuan pada Perilaku Beli Generasi Muda Terhadap Produk Pangan Halal. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 6(2), 57-68.

Pusat Bahasa. (2008). Kamus Besar Indonesia, edisi keempat.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Qardhawi, Y. (2001). Daurul Qiyam wal Akhlaq fil lIqtishodil Islami (Peran Nilai Moral dalam Perekonomian Islam), Jakarta: Rabbani Press, terj.

Rozalinda, E. I. (2016). Teori dan Aplikasinya pada Aktivitas Ekonomi, Jakarta.

Schiffman, Leon G. & Leslie L. Kanuk. (2000). Consumer Behavior: Fifth Edition. New Jersey. Prentice-Hall Inc.

Singgih, S. (2000). Statistik Non Parametik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Stark, R., & Glock, C. Y. (1968). American piety: The nature of religious commitment (Vol. 1). Univ of California Press.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku konsumen. Edisi kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Umar. (2001). Rumus Slovin dalam Penentuan Sampel. Jakarta: Kelompok Gramedia.

Vristiyana, V. M. (2019). Pengetahuan Religiositas dan Pengetahuan Produk Halal Terhadap Penilaian Produk Halal dan minat Pembelian Produk Halal (Studi Kasus Pada Industri Makanan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20(1), 85-100.

Zeithaml, V. A., & Zeithaml, C. P. (1988). The contingency approach: its foundations and relevance to theory building and research in marketing. European Journal of Marketing.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ekobis.v3i2.10040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Resa Aulianda, Fithriady Ilyas, Azimah Dianah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat View MyStat

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .