Pengaruh Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.22373/ekobis.v4i1.10047Keywords:
Prestasi Belajar, Mahasiswa, Kondisi Ekonomi Keluarga.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kondisi ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar mahasiswa Ekonomi Syariah pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan jumlah 1025 mahasiswa. Besarnya sampel ditentukan dengan rumus Slovin dan teknik simple random sampling diperoleh 91 mahasiswa sebagai sampel penelitian.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dan uji reliabilitas menggunakan rumus koefisien alpha.Uji prasyarat data dilakukan dengan uji normalitas, uji multikolineritas dan uji heteroskedastisitas.Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian berdasarkan uji t menunjukkan bahwa Kondisi ekonomi keluarga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Ekonomi Syariah pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda AcehReferences
Al-Qur’andan terjemahannya
Anas Muhammad dan Aryani Farida. (2014) Motivasi Belajar Mahasiswa “jurnal Penelitian Pendidikan Insani”. 16 (1).41-46.
Al-Mubrrakfuri, Syaikh S. (2010). Shahib Tafsir Ibnu Katsir “Pengesahan Hadits Berdasarkan Kitab-Kitab Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani Dan Ulama Ahli Hadis Lainnya Disertai Pembahasan Yang Rinci Dan Mubah Difahami”. Jakarta: Pustaka Ibnu Katsir.
Al-jarrah Nawaf (2005).Buku Pintar Khutbah Rasulullah: 668 Khutbah Penggugah Iman dan Penyempurna Akhlak. Jakarta: Dar Shadir, Beirut
Bungin. (2013). Metodologi penelitian sosial. Bandung: PT Refika.
Bambang Irawan. (2004). Uji Statiska. Jakarta pusat: Renika Cipta.
Chotimah Umi. (2007) Peningkatan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Melalui Implementasi Model Cooperative Learning “Forum Pendidikan” 27 (1).
Cooper. & Schindler. (2014).Business Research Methods, 12th, McGraw-Hill/Irwin, New York, 10020.
Djfar Fatimah (2014) Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak, “Jurnal Manajemen Pendidikan Islam”.2 (1).
Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru.Surabaya: Usaha Nasional.
Fitriana (2015) Pengaruh Perekonomian Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Mtss Keude Simpang Empat Simpang Keuramat Aceh Utara “Jurnal Sains Ekonomi Dan Edukasi” 3 (1).
Ferdinand Agusty. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, Dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Ponegoro.
Ghozali Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariance Spss. Semarang: Badan penerbit Universitas Diponegoro.
Ghazali, Syeikh Muhammad (2004). Tafsir Tematik dalam Al-Qur’an.Jakarta: Gaya Media Pratama
Hamalik Oemar (2008). Proses Pelajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Indrawan Rully, Yaniawati Poppy. (2014) Metodologi penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.
Lestari Puji dan Suparlinah Irianing Suparlimah (2010) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi “Jurnal Manajemen dan Akuntansi” 2 (2).
L.Crow dan A.Crow. (2005). Psikologi Pendidikan.Yogyakarta.Nurcahya.
Mustamin Hasmiah Dan Sulasteri Sri (2013) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar “Jurnal Matematika Dan Pembelajaran (Mapan)” 1 (1).
Misbahuddin dan Hasan Iqbal (2013) Analisis Data Penelitian dengan Statistik.Ed. Ke-2. Jakarta: Bumi Aksara.
Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. (2010). Metodologi penelitian. Cetakan Kesebelas.Jakarta: PT.Bumi Askara.
Marfuadi, (2000).Perekonomian Keluarga dan Kebutuhan, Jakarta: Nuansa.
Nasution, (2000).Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara
Puspita (2010) Pengaruh Karakteristik Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Pola Asuh Belajar Siswa Sekolah Dasar Dan Menengah Pertama “Ilm. Kel.& Kons” 3 (1).
Prastowo Indro, Joko Susilo Muhammad, Febrianti Novi, Nani, Irawati Hani dan Yahya. (2014) Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester VII pada Mata Kuliah Teknologi Fermentasi melalui Implementasi Metode Eksperimen “Jurnal Bioedikatika” 2 (2).
Priyanto Duwi. (2011). Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Taristo.
Rusnani (2013) Pengaruh Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Tingkat Keaktifan Anak Masuk Sekolah Di Sdn Pinggir Papas I kec. Kalianget “Jurnal Performance”Bisnis & Akutansi 3 (2).
Rahman Afzalur. (2002). Al-Qur’an Sumber Ilmu Pengetahuan.Jakarta: PT Asdi Mahatsya.
Sekaran, Uma (2006), Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono.(2010). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno Hadi. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono. (2014). Statiska untuk Penelitian.Bandaung: CV AlvaBeta.
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif kialitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sarjono.Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Tera Indonesia.
Santoso.(2011). Metoda statiska. Bandung: Taristo.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung.: Alfabeta.
Slameto. (2003). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar, Jakarta: rineka Cipta
SyahMuhibbin (2010) Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trisnawati, Silvia dan kurniawati, Wahyu (2016) pengaruh kondisi ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar siswakelas IV SD Se-gugus 3 kasihan bantul “Jurnal Ekonomi”
Yuliawan Anton. (2016) Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Latar Belakang Pendidikan Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa “Profesi” 14 (1)
Downloads
Published
Issue
Section
License
EKOBIS allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-SA 4.0) that allows others to EKOBIS the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work