Analisis Link And Match Lulusan Dengan Industri Kerja (Studi Kasus Prodi Ekonomi Syariah FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh)

Nur Asmaiyah, Nilam Sari, Kamal Fachrurrozi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program link and match lulusan dengan industri kerja pada Prodi Ekonomi Syariah FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh, bagaimana persepsi alumni terhadap link and match lulusan dengan industri kerja serta kendala dan solusi mempercepat serapan Alumni Ekonomi Syariah sesuai kompetensi yang dibutuhkan dalam industri kerja. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan  pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data  menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa (1) Prodi ekonomi syariah bersama fakultas dalam melaksanakan link and match lulusan dengan industri kerja, menjalin kerjasama dengan lembaga dan instansi terkait khususnya dalam penerimaan alumni sebagai pekerja .Selain kerjasama tersebut,prodi dalam penyusunan dan revisi  kurikulum  ekonomi syariah senantiasa  melibatkan stakeholder pemerintah dan industri keuangan syariah. Demikian juga fasilitas  sarana prasarana sebagai faktor penunjang pembelajar terus ditingkatkan dalam mendukung terlaksannya link and match alumni   (2).Dari keseluruhan responden alumni berjumlah 69 0rang , 49,3 % telah mendapat pekerjaan, 61% menjawab pekerjaan sesesuai dengan kompetensi prodi, 67% menjawab kurikulum sesuai dengan pekerjaan, dan hanya  2,9% menjawab info peluang kerja  didapat dari fakultas dan prodi  (3) Kendala yang masih dihadapi terlaksananya secara maksimal link and match alumni adalah seperti: belum adanya praktek kerja lapangan dalam kurikulum prodi, lowongan pekerjaan terbatas , serta kurangnya informasi (link) pekerjaan dari fakultas dan prodi .Solusi yang ditawarkan dari stakeholder adalah : memperluas jaringan kerjasama dengan pihak penerima kerja , memperkuat beberapa mata kuliah prodi  yang dibutuhkan dalam  industry kerja.

Keywords


Link And Match, Graduates, Industry Work

Full Text:

PDF

References


Almas, A. F. (2017). Analisis Efektivitas Program Latihan Profesi Link And Match Dengan Profil Lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta (Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi). Skripsi.

Fitriyana, B. (2019). Analisis Kesesuaian Latar Belakang Alumni Perbankan Syariah Febi Iain Bengkulu Bekerja Di Perbankan Syariah. Skripsi.

Hanafi, I. (2012). Re-Orientasi Keterampilan Kerja Re-Orientasi Keterampilan Kerja. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 107–116.

Ida Hayu Dwimawanti, Fathurrohman, A. M. (2002). Evaluasi Program Link And March Di Sekolah Menengah Kejujuran Kota Semarang. Skripsi.

Ixtiarto, B., & Sutrisno, B. (2016). Kemitraan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri (Kajian Aspek Penhgelolaan Pada Smk Muhammadiyah 2 Wuryantoro Kabupaten Wonogiri). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1).

Kencanawati, I. (2013). Ketidaksiapan Sebagian Lulusan Perguruan Tinggi Untuk Berkompetisi Di Dunia Kerja. At-Ta’lim, 12(1), 92–104.

Muhson, A., Wahyuni, D., Supriyanto, & Mulyani, E. (2012). Analisis Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi Dengan Dunia Kerja. Jurnal Economia, 8(1).

Nunung, N. R. (2018). Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Industri Di Provinsi Jawa Tengah. Skripsi.

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.

Oongkomar. (2017). Model Magang Berbasis Link And Match. Seminar Nasional Pendidikan Nonformal Fkip Universitas Bengkulu, 1(1), 69–75.

Putranto, I. (2017). Pengembangan Model Kerja Sama Link And Match Untuk Meningkatkan Kesiapan Kerja Bagi Lulusan Smk Kompetensi Keahlian Akuntansi Di Kota Semarang. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 1(1), 69–83.

Septiana Dewi Cahyanti, Mintasih Indriayu, S. (2018). Implementasi Program Link And Match Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri Pada Lulusan Pemasaran Smk Negeri 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonom, 4(1).

Sukardi, T., & Hargiyarto, P. (2007). Peran Bursa Kerja Khusus Sebagai Upaya Penempatan Lulusan Smk Dalam Rangka Terwujudnya Link And Match Antara Sekolah Dengan Dunia Industri. Jptk, 16(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ekobis.v4i1.10049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Asmaiyah, Nilam Sari, Kamal Fachrurrozi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat View MyStat

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .