Pengaruh Pengetahuan Produk, Religiusitas, dan Sikap Terhadap Perilaku Mahasiswa Pengguna Produk Kecantikan Korea Pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
DOI:
https://doi.org/10.22373/ekobis.v4i2.10050Keywords:
Pengetahuan Produk, Religiusitas, Sikap, Perilaku Konsumen MuslimAbstract
Semakin berkembangnya budaya Korea Selatan yang telah memasuki Indonesia menjadikan segala hal tentang Korea Selatan menarik perhatian publik seperti produk kecantikan dan perawatan kulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pengetahuan produk, religiusitas, dan sikap terhadap perilaku mahasiswa pengguna produk kecantikan Korea pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis regeresi berganda dengan menyebarkan kuesioner. Hasil dari penelitian ini yaitu pengetahuan produk, religiusitas, dan sikap secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku mahasiswa pengguna produk kecantikan Korea pada FEBI UIN Ar-Raniry. Variabel pengetahuan produk dan sikap secara parsial berpengaruh positif terhadap perilaku mahasiswa. Religiusitas secara parsial tidak berpengaruh terhadap perilaku mahasiswa pengguna produk kecantikan Korea pada FEBI UIN Ar-Raniry.References
Adiba, E. M., & Wulandari, D. A. (2018). Pengaruh Halal Knowledge, Islamic Religiosity, dan Attitude terhadap Behavior Konsumen Muslim Generasi Y Pengguna Kosmetik Halal di Surabaya. Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 1(3), 357-369.
Ancok, D., & Suroso. (2011). Psikologo Islami: Solusi Islam atas Problem-Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Azwar, S. (2013). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Basuki, A. T. (2015). Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Danisa Media.
Elmubarok, Z. (2008). Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Larasati, A., Hati, S. R., & Safira, A. (2018). Religiusitas dan Pengetahuan Terhadap Sikap dan Intensi Konsumen Muslim untuk Membeli Produk Kosmetik Halal. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 8(2), 105-114.
Lin, N., & Lin, B. (2007). The Effect of Brand Image and Product Knowledge on Purchase Intention Moderated by Price Discount. Journal of International Management Studies, 122.
Nurfadilah, P. S. (2018, Agustus 20). Dipetik Februari 19, 2020, dari kompas.com: https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/ekonomi/read/2018/08/20/161758326/perempuan-indonesia-pilih-produk-kecantikan-dari-korea-bagaimana-dengan
Putra, Y. S. (2016). Theoritical Review: Teori Pembahasan Generasi. Among Makarti, 9(18), 123-134.
Rochmanto, B., & Widiyanto, I. (2015). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Norma Religius Terhadap Sikap Konsumen Dalam Niat Mengkonsumsi Produk Makanan dan Minuman Halal (Studi Kasus di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 4(1), 1-12.
Sudarmanto, R. G. (2005). Analisis Regresi Linear Ganda dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudarsono, H. (2002). Konsep Ekonomi Islam. Yogyakarta: Ekonosia.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2016). Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS. Yogyakarta: Pustaka Baru Press Yogyakarta.
Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Wigati, S. (2011). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Maliyah, 1(1), 23-39.
Wijaya, F. (1997). Seri Pengantar Ekonomika Mikro Edisi 2. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Wulandari, D. (2016). Dipetik Desember 2, 2019, dari http://mix.co.ic/marcomm/news-trend/ramai-brand-korea-bertarung-di-pasar-kosmetik-siapa-menang
Zaroni, A. N. (2012). Landasan Filosofis Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam dan Konvensional. Jurnal Mazahib.
Downloads
Published
Issue
Section
License
EKOBIS allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-SA 4.0) that allows others to EKOBIS the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work