Analisis Kontribusi Petani Perempuan Dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga Ditinjau Dari Perpekstif Ekonomi Islam (Desa Lamkunyet Kecamatan Darul Kamal Kabupaten Aceh Besar)

Nurhaliza Nurhaliza, Nevi Hasnita, Dara Amanatillah

Abstract


Perkembangan zaman dalam kehidupan ini menjadikan kebutuhan dalam keluarga meningkat sehingga mendorong perempuan untuk ikut bekerja. Perempuan di Desa Lamkunyet bekerja sebagai petani untuk membantu menunjang perekonomian keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kontribusi petani perempuan dalam meningkatkan perekonomian keluarga ditinjau dari perspektif ekonomi Islam di desa Lamkunyet kecamatan Darul Kamal Aceh Besar.  Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Petani perempuan yang bekerja sangat membantu kondisi perekonomian keluarga. Dan perempuan yang berkerja sebagai petani di desa Lamkunyet sesuai dengan Al-Quran dan Sunnah.

Keywords


Petani perempuan, Perekonomian keluarga, Kesejahteraan Keluarga

Full Text:

PDF

References


Aldianto, R., Jasruddin dan Quraisy, H. (2015). Kesetaraan Gender Masyarakat Transmigrasi Etnis Jawa. Jurnal Equilibrium, 3 (1), 87-95.

Arsanti, T. A. (2013). Perempuan dan Pembangunan Sektor Pertanian. Jurnal Maksipreneur, 3 (1), 62-74

Astuti, Adyatma, S. dan Normelani, E. (2017). Pemetaan tingkat kesejateraan keluarga di kecamatan Banjarmasin selatan. Jurnal Pendidikan Geografi, 4 (2), 20-34.

Badan Pusat Statistik. (2000). Statistik Indonesia. Jakarta: BPS.

Bertham, Y. H., Ganefianti, D. W. dan Andani, A. (2011). Peranan Perempuan Dalam Perekonomian Keluarga Dengan Memanfaatkan Sumberdaya Pertanian. Agrisep, 10. (1), 138 – 153.

Bunsaman, S.M. (2018). Peranan Perempuan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Keluarga (Studi Tentang Peranan Petugas K3l Perempuan Universitas Padjadjaran Jatinangor (Zona: Rektorat)). Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 5 (2). 146-157.

Dewi, D. A. L. (2015). Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Perekonomian Keluarga Studi Kasus Di Desa Gunem Kabupaten Rembang. Buletin Bisnis & Manajemen, 1 (1), 38-45.

Edi, Suharto. (2005). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat (Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Kusmayadi, R. C. R. (2017) Kontribusi Pekerja Wanita dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga dan Proses Pengambilan Keputusan dalam Keluarga (Studi Mengenai Pekerja Wanita dalam Industri Pengolahan Tembakau PR. Tali Jagad di Desa Gondowangi Kecamatan Wagir Kabupaten Malang). Iqthisodia, 2 (1), 104-113.

Mudzakkar, A. H. M. (2001). Wanita dalam Masyarakat Indonesia. Yogyakarta: Sunan Kalijaga Press.

Peraturan Pemerintah Indonesia. (2009). Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 Tentang Perkembangan Kependudukan Dan Pembangunan Keluarga. Jakarta: Sekretariatan Negara.

Salaa, J. (2015). Peran Ganda Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga Di Desa Tarohan Kecamatan Beo Kabupaten Kepulauan Talaud. Jurnal Holistik, 7 (15).

Santrock, J. W. (2002). Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

Shihab, M. Q. (2013). Secerah Cahaya Ilahi. Bandung: Mizan




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ekobis.v4i2.10051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurhaliza Nurhaliza, Nevi Hasnita, Dara Amanatillah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat View MyStat

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .