Prilaku Pengusaha Elektronik Menurut Perspektif Etika Bisnis Islam (studi Kasus di Kota Banda Aceh

Ayumiati Ayumiati, Azharsyah Ibrahim, Muhammad Arifin, Isnaliana Isnaliana

Abstract


Peneliti bertujuan melihat perilaku dari pengusaha elektronik di kota Banda Aceh dalam menentukan harga menurut etika bisnis islam dana pa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku dari pengusaha elektrronik dalam praktik jual beli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku setiap pengusaha elektronik sangat di pengaruhi dengan motif keuntungan dan merekan tidak mengindahkan nilai-nilai yang terkadung dalam konsep etika Islam dalam bermuamalah dan faktor yang mempengaruhi pengusaha elektronik dalam menjual barangnya adalah merupakan harga, persepsi, kelangkaan dari barang dagangan, pengetahuan dari pengusaha elektronik, kejujuran serta dari segi pelayanan.

Keywords


Prilaku, pengusaha elektronik, etika, bisnis

Full Text:

PDF

References


Al- quran Surat An-Nisa ayat 29

Al- quran surat Al-Baqarah ayat 282

Amalia, Fitri. (2014). Etika Bisnis Islam: Konsep dan Implementasi pada pelaku usaha kecil, Jurnal Al-Iqtishad: Vol VI No. I.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Badroen, Faisal. dkk. (2006). Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta: PrenadaMedia Group.

Beekun, Rafiq Issa. (1997). Islamic Business Ethict. Virginia: Internasional Institute of Islamic Thought.

Djakfar, Muhammad. (2008). Etika Bisnis Islami. Malang: UIN Malang Press.

Malahayati. (2010). Rahasia Sukses Bisnis Rasulullah. Yogyakarta: Jogja Great Publisher.

Muflih, Muhammad. (2006). Perilaku Konsumen dalam Perspektik Ekonomi Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Muhammad. (2002). Visi al-quran tentang etika dan bisnis. Jakarta: Salemba Diniyah.

Murniati. (2012). Perilaku Jual beli di Kalangan Pengusaha Kaki Lima Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. (Studi Kasus Pengusaha

Buah-buahan di Kota Samarinda). Jurnal Fenomena Vol. IV No. 2.

Naqvi, Syed Nawab. (1993). Ethict and Eco-nomics: An Islamic Syntesis, diterjemahkan oleh Husin Anis: Etika dan Ilmu Ekonomi

Suatu Sintesis Islami. Bandung: Mizan.

Saifullah, Muhammad. (2011). Etika Bisnis Islami dalam Praktik Bisnis Rasulullah. Jurnal walisongo. Volume 19, no. 1.

Smith, Adam. (2005). An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations, ed. Jim Manis, The Electronic Classics Series

Hazleton, PA: Pennsylvania State University-Hazleton.

Simorangkir, O. P. Etika Bisnis Islam.

Syafi’i, Rahmad. (2000). Fiqh Muamalah. Bandung: Pustaka Setia.

Qardhawi, Yusuf. Norma dan Etika Ekonomi Islam. Jakarta: Gema Insani.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ekobis.v2i1.10104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ayumiati Ayumiati, Azharsyah Ibrahim, Muhammad Arifin, Isnaliana Isnaliana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat View MyStat

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .