Pengaruh Minat, Religiusitas, dan Prestasi Belajar Mahasiswa Perbankan Syariah Terhadap Kesiapan Bekerja Pada Bank Syariah

Dhea Navisha, Israk Ahmadsyah, Ismuadi Ismuadi

Abstract


Bank Syariah merupakan Bank yang kegiatan usahanya berdasarkan Prinsip Syariah dan membutuhkan SDM syariah yang memiliki keilmuan tentang konsep syariah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh minat, religiusitas dan prestasi belajar mahasiswa perbankan syariah terhadap kesiapan bekerja pada bank syariah. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda dan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan responden sebanyak 81 dari 438 mahasiswa perbankan syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Secara parsial minat bekerja, religiusitas dan prestasi belajar berpengaruh terhadap kesiapan bekerja pada bank syariah. Secara simultan minat bekerja, religiusitas dan prestasi belajar berpengaruh terhadap kesiapan bekerja pada bank syariah

Keywords


Interest, Religiosity, Learning Achievement, Work Readiness

Full Text:

PDF

References


Abdullah, B., & Saebani, B., A.(2014). Metode penelitian ekonomi islam muamalah, bandung: CV Pustaka setia

Adrian, S. (2009). Perbankan Syariah (Tinjauan dan Beberapa Segi Hukum). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ahmadi, A. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Busran, E.W.P.R. (2018). Senarai Penelitian: Islam Kontemporer Tinjauan Multikultural. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Dalyono. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Duli, N. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan dengan

SPSS, Yogyakarta: Deepublish.

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fahmi, I. (2014). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta,cv

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program lbm Spss 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hartono. (2014). Psikologi Konseling. Jakarta: Prenada Group.

Karyoto. (2013). Akuntansi dalam Perspektif Syariah Islam. Jurnal JIBEKA, 7(02), 44–51

Martono., & Nanang. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Purkon, A. (2014). Kerja Berbuah Surga. Jakarta: Kalil

Sardirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Suwartono. (2015). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: ANDI.

Syam, A. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Cofidence) Berbasis Kaderisasi IMM terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi

Kasus Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah

Parepare). Jurnal Biotek. 05(1)

Tirtonegoro., & Sutratinah. (2006). Anak Supernormal dan Program Pendidikannya. Jakarta: Bumi Aksara

Wahyudin, dkk. (2012) “Dimensi Religiusitas Dan Pengaruhnya Terhadap Organizational Citizenship Behaviour (Studi Pada

Universitas Jedral Soedirman Purwokerto)”. Sustainable Competiteve Advantage. 2. (01).

Yusri. (2016). Ilmu Pragmatik Dalam Perspektif Kesopanan Berbahasa. Yogyakarta: Deepublish.

Yustati H., & Auditya, L. (2019). Pengaruh Praktek Pengalaman Luar, dan Motivasi Masuk Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja

Mahasiswa Perbankan Syariah Di Lembaga Keuangan Syariah. Journal of Applied Business and economics (JABE), 6

(01), 45-53.

Yusuf, T. (2015). Pengaruh Religiusitas Dan Penyesuaian Diri Terhadap Kinerja Karyawan Perbankan Syariah Di Kota Balikpapan.

Pengajar Fakultas Ekonomi Universitas Balikpapan.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ekobis.v6i1.13624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dhea Navisha, Israk Ahmadsyah, Ismuadi Ismuadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat View MyStat

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .