Strategi UMKM dalam Mempertahankan Usaha pada Masa Pandemi Covid 19 di Kota Bengkulu

Anggi Jamicho, Ransen Kastra, Wulandari Wulandari, Desi Isnaini, Nonie Afrianty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel eksogen dengan variabel endogen, pengaruh variabel eksogen secara serentak terhadap variabel endogen, dan variabel eksogen mana yang lebih berpengaruh terhadap variabel endogen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM yang ada di Kota Bengkulu dengan jumlah 4.322 UMKM. Besarnya sampel  ditentukan dengan rumus slovin dan teknik sampel purposive sampling diperoleh 98 pelaku UMKM sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan dengan melihat nilai loading faktor, crombach alpha dan comsite reliability. Uji persyaratan data dilakukan dengan convergent validity, average variance extraced, dan discriminant validity. Teknik analisis data menggunakan partial least square (PLS) dengan menggunakan software SmartPLS 3.0.  Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan variabel eksogen dengan variabel endogen,  terdapat pengaruh variabel eksogen secara serentak terhadap variabel endogen yaitu sebesar 0,115 atau 11,5%, dan terdapat satu variabel eksogen yang lebih berpengaruh terhadap variabel endogen yaitu variabel tempat dengan nilai F square sebesar 0,053.

Keywords


Strategi, UMKM, Mempertahankan Usaha, UMKM Kota BKL.

Full Text:

PDF

References


Aryani, Awalia Septi. DkkAlfia Safitri, Nila Yuliana*, Alfian, Egi Taradipa, Awalia Septi Aryani. 2020. “The Effectiveness of Online Learning: The Implementation of Hand Hygiene as a COVID-19 Prevention of the Cognitive and Affective Capabilities of Nursing Students.” Ndonesian Journal of STEM Education 2(1).

Bengkulu, Pemerintah Provinsi. 2020. “Bantu Bangkit Dari Covid-19, UMKM Bengkulu Akan Terima Insentif Dari Pemerintah.” Bengkuluprov.Gp.Id.

Era Susanti, Nilam Sari, Khairul Amri. 2018. “Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Kemasan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam).” Ekobis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah 2(1):47.

Handa S. Abidin, S.H., LL.M., Ph. D. 2013. “No Title Pengertian Tempat.”

JawaPos.com. 2020. “Akumindo Yakin Kontribusi UMKM Tahun Ini Capai Rp. 2.394,5 Triliun.” JawaPos.

Luhulima, Nur Endang. 2018. “Hubungan Lingkungan Kerja, Kompensasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru MTS Negeri Di Kota Malang.”

Maiti, and Bidinger. 1981. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Pendistribusian Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Yamaha Pada CV. Tjahaja Baru Bukittinggi.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Mashabi, Sania. 2020. “Moeldoko: Omzet UMKM Di Masa Pandemi Covid-19 Rata-Rata Merosot Hingga 50 Persen Artikel Ini Telah Tayang Di Kompas.Com Dengan Judul ‘Moeldoko: Omzet UMKM Di Masa Pandemi Covid-19 Rata-Rata Merosot Hingga 50 Persen.’” Kompas.Com.

PEMPROP, Gubernur Rohidin :. 2020. “Menu Jasa Keuangan Perlu Penyesuaian Dengan Kondisi UMKM.” 2020/12/22.

repoitory.unpas.ac.id. 2021. “Metode Penelitian.” Repository.Unpas.Ac.Id 1. Retrieved July 15, 2021 (http://repository.unpas.ac.id/31647/6/BAB III.pdf).

Sandi, Ferry. 2020. “Ledakan PHK Dan Dirumahkan, 2,8 Juta Pekerja Sudah Kena.” CNBC Indonesia.

Sataloff, Robert T., Michael M. Johns, and Karen M. Kost. 2020. “Ummu Maflachatus S, PENGEMBANGAN UMKM DESA KRAMAT PENGOLAHAN LIMBAH CANGKANG UDANG (PALAEMONIDAE) MENJADI PRODUK MAKANAN PETIS.” 1–36.

WIBOWO, NYOMAN HENDRA. 2019. “Peran UMKM Dalam Perekonomian Indonesia.” Kompas.Com.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ekobis.v6i1.13724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Anggi Jamicho, Ransen Kastra, Wulandari Wulandari, Desi Isnaini, Nonie Afrianty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat View MyStat

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .