PENGARUH PERSEPSI RETURN DAN PERSEPSI RISIKO PADA KEPUTUSAN BERINVESTASI DI SAHAM SYARIAH (STUDI PADA GALERI INVESTASI SYARIAH FEBI UIN AR-RANIRY BANDA ACEH)

Nadhiratul Sukma, Nilam Sari, Azimah Dianah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi return dan persepsi risiko secara bersama-sama terhadap keputusan berinvestasi saham syariah di Galeri Investasi Syariah FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dimana sampel yang diambil sebanyak 89 responden yaitu investor Galeri Investasi Syariah FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu mengedarkan kuisioner melalui google form. Metode analisis penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi return dan persepsi risiko secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi. Saecara parsial variabel persepsi return berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi, kemudian variabel persepsi risiko secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap leputusan investasi.

Keywords


Return Perception, Risk Perception, Investation Decision

Full Text:

PDF

References


Amalia, H. F. (2019). Pengaruh Return Dan Risiko Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di Galeri Investasi Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. IAIN Ponorogo.

Bening, A. (2018). Pengaruh Pengetahuan Investor, Persepsi Risiko, Dan Motivasi Terhadap Keputusan Investasi Saham Syariah. Https://Eprints.Walisongo.Ac.Id/, 103. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9634/1/1405026091.pdf

Darmaji, T. (2010). Pasar Modal di Indonesia Pendekatan Tanya Jawab. Salemba Empat.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS (7th ed.). Universitas Diponegoro.

Haekal, A., & Widjajanta, B. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Membeli Secara Online Pada Pengunjung Website Classifieds Di Inonesia. Journal of Business Man agement Education (JBME), 1(1), 183–195. https://doi.org/10.17509/jbme.v1i1.2287

Halim, A. (2005). Analisis Investasi. Salemba Empat.

Hartono, J. (2015). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. BPFE UGM.

Karima, L. (2018). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa untuk Melakukan Investasi di Pasar Modal Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia). Fakultas Ekonomi UII, 1(1), 1–128.

Kusmawati. (2011). Pengaruh Motivasi, Persepsi Risiko terhadap Ninat Berinvestasi di Pasar Modal dengan Pemahaman Investasi dan Usia Sebagai Variabel Moderat. Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (Jenius), 1(2), 103–117.

Mahastanti, L. A. (2011). Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Investor Dalam Melakukan Investasi. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 4(3), 37–51. https://doi.org/10.20473/jmtt.v4i3.2424

Manan, A. (2017). Aspek Hukum dalam Penyelenggaraan Investasi di Pasar Modal Syariah Indonesia. Fajar Interpratama Mandiri.

Nofsinger, j. (2001). Investment Madness: How psychology affects your investing and what to do about it. Financial Times Prentice Hall.

Nunung Ghoniyah, N. (2013). Analisis Risiko Investasi Saham pada Perusahaan yang Go Publik di Jakarta Islamic Index (JII). Media Ekonomi Dan Manajemen, 28(2), 76–103.

Purboyo, dkk. (2019). Pengaruh Aktivitas Galeri Investasi, Modal Minimal Investasi, Persepsi Risiko dan Persepsi Return Terhadap Minat Investasi Saham Syariah (Studi Pada Mahasiswa UNISKA MAB Banjarmasin. Jurnal Wawasan Manajemen, 7(2).

Riyadi, A. (2016). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal. UIN Sunan Kalijaga.

Salsabila, S. (2020). Pengaruh persepsi return, risiko, harga, kepatuhan syariah, dan pengetahuan terhadap minat mahasiswa berinvestasi saham di pasar modal syariah. 1–200. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/17836

Sarjono, H dan Julianita, W. (2011). SPSS VS LISREL: Sebuah Pengantar Aplikasi Untuk Riset.

Salemba Empat.

Sisbintari, I. (2017). Sekilas tentang Behavioral Finance. JIABI, 1(2).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. (2017). Perilaku Konsumen dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tandelin, E. (2010). Portofolio dan Investasi. Kanisius.

Triono, R. A. (2014). Pengambilan Keputusan Manajerial (Teori dan Praktik untuk Manajer dan Akademisi). Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ekobis.v6i2.16279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nadhiratul Sukma, Nilam Sari, Azimah Dianah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat View MyStat

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .