Pengaruh Penyembelihan Halal Terhadap Perilaku dan Kepuasan Konsumen

Authors

  • Awang Darmawan Putra Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Rina Desiana Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Muhammad Alhalim Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/ekobis.v6i2.17355

Keywords:

Perilaku, Kepuasan, Konsumen, Penyebelihan Halal, Konsumsi

Abstract

Sumber Daya Manusia dalam kehidupan sehari-hari tidak pernah terlepas dengan pemenuhan kebutuhan atau konsumsi.  Aceh merupakan daerah yang sangat berpegang teguh pada syariat Islam, mayoritas masyarakat Aceh sebagai Muslim sudah seharusnya memiliki kesadaran sepenuhnya terkait kehalalan apa yang dikonsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penyembelihan halal terhadap perilaku dan kepuasan konsumen pada salah satu pasar di Provinsi Aceh. Penelitian menggunakan metodologi dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap 100 responden maka dapat disimpulkan bahwa variabel penyembelihan halal berpengaruh secara parsial terhadap perilaku dan kepuasan konsumen.

References

Abidin, Z. (2020). Fiqh Ibadah. Yogyakarta: Deepublish.

Al-Ansi, A., Olya, H. G., & Han, H. (2018). Effect of General Risk on Trust, Satisfaction, and Recommendation Intention for Halal Food. International Journal of Hospitality Management, 1-10. doi:https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2018.10.017

Az-Zuhaili, W. (2011). Fiqih Islam wa Adillatuhu: Sumpah, Nadzar, Halal-Halal yang Dibolehkan dan Dilarang, Kurban dan Aqiqah, Teori-Teori Fqih (4 ed.). (A. H. Al-Kattani, Trans.) Jakarta: Gema Insani.

Shakil, S., & Majeed, S. (2018). Brand Purchase Intention And Brand Purchase Behavior In Halal Meat Brand. Journal of Marketing and Logistics (JML), 1, 163-182. Retrieved from https://ideas.repec.org/a/ksb/jourml/v1y2018p163-182.html

Sitepu, I. N. (2016). Perilaku Konsumsi Islam di Indonesia. JPED: Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 2(1), 91-106. Retrieved from https://jurnal.usk.ac.id/JPED/article/view/6650/5501

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Afabeta.

Toyo, M. (2019). Labelisasi Halal terhadap Perilaku Konsumen dalam Memilih Produk Makanan Sesuai Hukum Islam. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 3(1), 69-83. doi:https://doi.org/10.26618/j-hes.v3i1.2117

Downloads

Published

2022-12-03

Issue

Section

Articles