Analisis Peran Perempuan Buruh Tani Kangkung dalam Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Keluarga Perspektif Keadilan dalam Ekonomi Islam

'Ainul Imronah, Eti Nginayati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh luasnya lahan persawahan yang ada di Desa Kalipurwo Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen dan dialih fungsikan menjadi lahan bercocok tanam sayuran varietas kangkung serta banyaknya perempuan yang ada di Desa Kalipurwo terlibat aktif dalam usaha mencari nafkah sebagai buruh tani kangkung untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Berdasarkan pernyataan yang demikian, penelitian ini berusaha untuk mengetahui latar belakang perempuan memilih menjadi buruh tani kangkung serta peranan perempuan buruh tani kangkung dalam peningkatan ekonomi dan tinjauan keadilan ekonomi islam bagi buruh tani kangkung di Desa Kalipurwo Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menggambarkan atau mendeskripsikan realitas sosial yang kompleks dan juga hal-hal baru yang ada di dalam masyarakat. Penelitian ini mengambil sample untuk diwawancara secara acak dimana setiap informan mewakili setiap subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa beberapa alasan perempuan memilih bekerja menjadi buruh tani kangkung yakni (a) keharusan, (b) memilih untuk bekerja sebagai refleksi dari kondisi sosial ekonomi pada tingkat menengah ke atas, (c) presepsi turun menurun, (d) tidak ada keterampilan khusus, (e) pendidikan. Sedangkan peran peningkatan pendapatan keluarganya di buktikan dengan mereka manfaatkan/gunakan untuk pemenuhan kebutuhan hidup rumah tangga, seperti menambah penghasilan suami dan pendapatan keluarga, untuk keperluan belanja keluarga sehari-hari, dan untuk keperluan biaya sekolah anak. Adapun tinjauan keadilan dalam ekonomi Islamnya yakni mencakup 3 (tiga) point tinjauan keadilan, yaitu: Perizinan, upah, dan pembelanjaan upah.

Keywords


Role of Women, Income, Family Economy, Justice

Full Text:

PDF

References


Dartim Tuwu. (2018). Peran Pekerja Perempuan Dalam Memenuhi Ekonomi Keluarga: Dari Peran Domestik Menuju Sektor Publik. Jurnal Hasil-hasil Penelitian Al-Izzah, Vol. 13 No.

Fatimah Mernissi. (2009). Wanita di Dalam Islam. Pustaka Pelajar.

Hussein Muhammad. (2004). Islam Agama Ramah Perempuan. LKiS.

Isnayatinur. (2020a). Peran Buruh Tani Perempuan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga. Al-Iqtishod, 2(J. Ekon. Syariah).

Isnayatinur. (2020b). Peran Buruh Tani Perempuan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga. Jurnal Ekonomi Syariah, Vol.2 No.2.

K.H. Husein Muhamad. (2019). Fiqh Perempuan Refleksi Kiai atas Tafsir Wacana Agama dan Gender, Cet 1. Diva Press.

Kardini Ni Luh. (2020). Peranan Perempuan Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Di Desa Pinggan Kintamani. Jurnal Sewaka Bhakti Universitas Hindu Denpasar, Vol.4 No.1.

Ken, S. dkk. (2006). Dilema Wanita Antara Industri Rumah Tangga dan Aktivitas Domestik.

Mansour Faqih. (2006). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Pustaka Pelajar.

Nurulmi. (2017). Peran Perempuan dalam Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Petani di Desa Padangloang Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang. UIN Alaudin Makassar.

Omah Ihromi. (2000). Para Ibu yang Berperan Tunggal dan Berperan Ganda Cet. 1. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi.

Syafiq Hasyim. (2005). Analisis Gender dan Transformasi Sosial Cet. IX. LKiS.

Trisakti Handayanirakat. (2006). Memperjuangkan Hak Asasi Perempuan. Pusat Studi Wanita dan Kemasyarakatan. Universitas Muhammadiyah Malang, 9.

Yusuf Qardawi. (2000). Reposisi Islam Cet ke-2. Al-Mawardi Prima.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ekobis.v6i2.17359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 'Ainul Imronah, Eti Nginayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat View MyStat

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .