ANALISIS PERSEPSI NASABAH TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PADA LAYANAN BSI MOBILE DI BANDA ACEH
Abstract
The development of information technology has had a very good impact, especially for Islamic banks. The purpose of this study is to see how customers perceive BSI Mobile usage services at BSI KCP Lampriet and find out their views on the marketing strategy undertaken to provide BSI Mobile Services at BSI KCP Lampriet. This study uses qualitative methods through interviews and documentation techniques from 8 customers of Bank BSI KCP Lampriet. The results of the research conducted show that customer perceptions regarding the services provided at Mobile Banking are quite good and the BSI Mobile application is also very useful for customers. In this case, BSI Mobile places more emphasis on the strategy used to promote the BSI Mobile application, namely product pricing in BSI Mobile Banking has a customer perception that the prices/rates provided by BSI Mobile are still standard.
Perkembangan informasi teknologi ini sangat berdampak baik dan terutama bagi bank-bank syariah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat bagaimana persepsi nasabah terhadap layanan Penggunaan BSI Mobile pada BSI KCP Lampriet dan mengetahui bagaimana pandangan mereka terhadap strategi pemasaran yang dilakukan untuk memberikan Layanan BSI Mobile pada BSI KCP Lampriet. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui teknik wawancara dan dokumentasi dari 8 nasabah Bank BSI KCP Lampriet. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwasanya persepsi nasabah terkait pelayanan yang diberikan pada Mobile Banking sudah tergolong baik dan aplikasi BSI Mobile juga sangat bermanfaat bagi nasabah. Dalam hal ini BSI Mobile lebih menekankan strategi yang digunakan untuk mempromosikan aplikasi BSI Mobile adalah penetapan harga produk di BSI Mobile Banking memiliki persepsi nasabah yaitu harga/tarif yang diberikan oleh BSI Mobile masih standar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Arif, M. N. R. (2012). Lembaga Keuangan Syariah: Jakarta: Rajawali.
Andespa, R. (2016). Strategi Industri Perbankan di Sumatera Barat: Pemilihan Segmentasi Pasar untuk Menciptakan Pelayanan yang Memuaskan. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 1(1), 47-62.
Aniga, S., & Hariyanto, E. (2016). Pengaruh Jenis Nasabah Dan Frekuensi Pencairan Pembiayaan Terhadap Profit Margin Di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Iqtishadia Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 3(1), 87-99.
Atmadjati, A. (2018). Layanan Prima Dalam Praktik Saat Ini. Bandung:Alfabeta.
Bungin, B. (2013). Metodologi Penelitian Sosial & ekonomi: Format-format kuantitatif dan Kualitatif untuk studi sosiologi, kebijakan publik, komunikasi, manajemen, dan pemasaran. Bandung: Refika Adiama.
Bungin, P. D. H. B., & Sos, S. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Bandung :Alfabeta.
Cahyani, P. D. (2016). Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Syariah Di Yogyakarta. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 6(2), 151-162.
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, And User Acceptance Of Information Technology. Jakarta: Kencana, h.169.
El Ayyubi, S., Anggraeni, L., & Mahiswari, A. D. (2017). Pengaruh Bank Syariah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Al-Muzara'ah, 5(2), 88-106.
Enterprise, J. (2016). Strategi Memenangkan Isu di Sosial Media. Elex Media Komputindo.
Fadillah, D., Rahmayanti, D., & Syifa, I. F. (2020). Studi Literatur Manajemen dan Risiko Kepatuhan pada Bank Syariah. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 17(01), 38-41.
Faesal, S. (2009). Penelitian Kualitatif, Dasar–Dasar dan Aplikasinya. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh (Y A3).
Fatoni, A. (2006). Metodologi Penelitian dan Penyusunan Skripsi.
Fatoni, A., & Sidiq, S. (2019). Analisis Perbandingan Stabilitas Sistem Perbankan Syariah dan Konvensional di Indonesia. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan, dan Akuntansi, 11(2), 179-198.
Filomeni, S. & Kok, S. K., (2021). The holding behavior of Shariah financial assets within the global Islamic financial sector: A macroeconomic and firm-based model. Global Finance Journal, 50, 100557
Ghofur, A. (2017). Strategi Pemasaran Bank Madina Syariah Bantul Yogyakarta Tahun 2016/2017 (Doctoral dissertation, Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta).
Gofur, A. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37-44.
Hamdani, H., Parman, P., & Inna, N. (2019). Analisis Penyelenggaraan Pasar Sehat TAC Kota Jambi Tahun 2019. Scientia Journal, 8(1), 175-190.
Hadi, S. (2011). Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan layanan mobile banking.
Indonesia, I. B. (2014). Memahami bisnis bank syariah. Gramedia Pustaka Utama.
Indonesia, U. U. R. (2008). Nomor 21 Tahun 2008. Tentang Perbankan Syariah.
Imanuddin, I. (2019). Pengaruh Promosi Dan Pengetahuan Mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Irawan, A., & Komara, E. F. (2017). Pengukuran Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pemerintahan Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 1(2), 123-134.
Irawan, M. D. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Pembukaan Rekening Online Melalui Mobile Banking Mandiri Syariah Mobile Terhadap Kepuasan Nasabah Di Area Surabaya Kota (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Ishak, A., & Luthfi, Z. (2011). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas: Studi tentang peran mediasi switching costs. Jurnal siasat bisnis, 15(1).
Jannah, I. F., Djakfar, I., & Dianah, A. (2020). Pengaruh Kualitas Digital Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada BNI Syariah Cabang Banda Aceh. Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance., 2(1), 1-17.
Jogiyanto, H. M. (2005). Sistem teknologi informasi, Yogyakarta: Andi.
Julius, D., & Alicbusan, A. P. (1989). Public sector pricing policies: a review of Bank policy and practice. Policy Research Working Paper Series, (49).
Kasmir (2015). Studi Kelayakan Bisnis: Jakarta: Usamah Press.
Kasmir (2018). Pemasaran Bank. Prenada Media. Bandung: Raja Grafindo Persada, edisi III.
Kotler, P. (2012). Kotler on marketing. Semarang: Simon and Schuster.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Strategi Pemasaran. Preshallindo, Jakarta.
Lubis, M. V. A. (2021). Analisis Minat Nasabah Pada Penggunaan Aplikasi BSI Mobile Dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Bank BSI KCP Rantauprapat (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).
Limakrisna, N. 2008. Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Kerelasian Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Ekonomi Bisnis, 13(7), 68–79.
Majhaf, S. A. (2020). Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat menabung masyarakat kelurahan Siranindi di Bank Muamalat Indonesia Palu Sulawesi Tengah. Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, 2(1), 16-33.
Malhotra, Y., & Galleta, D. F. (2003, January). Role of commitment and motivation in knowledge management systems implementation: Theory, conceptualization, and measurement of antecedents of success. In 36th Annual Hawaii International Conference on System Sciences, 2003. Proceedings of the (pp. 10-pp). IEEE.
Maria, S., Yudaruddin, R., & Yudaruddin, Y. A. (2022). The impact of COVID-19 on bank stability: Do bank size and ownership matter. Banks and Bank Systems, 17(2), 124-137.
Meilda, Y., Hamdani, I., & Triwoelandari, R. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Pelanggan. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(2), 274-290.
Muktar, B. (2016). Bank dan lembaga keuangan lain. Prenada Media.
Nia, K. (2020). Analisis Sistem Layanan Mobile Banking Dalam Menarik Minat Nasabah Di PT Bank Syariah Mandiri KCP Yogyakarta Kaliurang. Naskah publikasi Ilmiah Universitas Yogyakarta. Yogyakarta.
Nurastuti, W. (2017). Teknologi perbankan.
Pratama, R. (2019). Mekanisme Dan Keuntungan Produk Tabungan Prioritas Yang Ditawarkan Pt. Bank Sumut Syariah Kcp Kisaran Kepada Nasabah. Jurnal Manajemen Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Priambodo, S., & Prabawani, B. (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(2), 127-135.
Püschel, J., Afonso Mazzon, J., & Mauro C. Hernandez, J. (2010). Mobile Banking: Proposition Of An Integrated Adoption Intention Framework. International Journal of bank marketing, 28(5), 389-409.
Rahayu, I. S. (2016). Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Dengan Menggunakan Kerangka Technology Acceptance Model (TAM)(Studi Kasus PT Bank Syariah Mandiri Cabang Yogyakarta). JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 5(2), 137-150.
Ramli, Y., & Rahmawati, M. (2020). The Effect of Perceived Ease of Use and Perceived Usefulness that Influence Customer’s Intention to Use Mobile Banking Application. IOSR Journal of Business and Management, 22(6), 33-42.
Rifai, S. A., Susanti, H., & Setyaningrum, A. (2017). Analisis Pengaruh Kurs Rupiah, Laju Inflasi, Jumlah Uang Beredar dan Pertumbuhan Ekspor terhadap Total Pembiayaan Perbankan Syariah dengan Dana Pihak Ketiga sebagai Variabel Moderating. Muqtasid: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 8(1), 13-27.
Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Wisenblit, J. (2000). Consumer Behavior. Upper Saddle River. J: Prentice Hall.
Setiyaningrum, A., & Udaya, J. (2015). Prinsip-prinsip pemasaran.Jakarta: Usamah Wijaya.
Shinta, A. (2011). Manajemen pemasaran. Universitas Brawijaya Press.
Slameto, S., Haryadi, F. T., & Subej, S. (2014). Pengaruh Persepsi Karakteristik Inovasi Terhadap Efektifitas Pembelajaran Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu Padi Sawah pada Beberapa Komunitas Etnis Petani Di Lampung. Jurnal Penyuluhan Pertanian, 9(1), 43-57.
Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1-228.
Simbolon, M. (2007). Persepsi dan Kepribadian. Jurnal ekonomis, 1(1), 52-66.
Stafford, T. F., & Gillenson, M. L. (2003). Mobile commerce: What It Is And What It Could Be. Communications Of The ACM, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudaryono, S. P. (2022). Komunikasi Bisnis. Semarang: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suhardjanto, D., & Cahyo, B. T. (2014). Persepsi Pejabat Pengguna Anggaran Terhadap Efektivitas Implementasi Anggaran Berbasis Kinerja Ditinjau Dari Aspek Rasional (Survei pada Pemerintah Kota Surakarta). Jurnal Siasat Bisnis, 12(2).
Sunyoto, D. (2014). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran, konsep, strategi, dan kasus. Jakarta: Kencana, h.162.
Solomon, S. S., Majumdar, G., Martinez-Hernandez, A., & Raghow, R. (2008). A critical role of Sp1 transcription factor in regulating gene expression in response to insulin and other hormones. Jurnal Department of Pharmacology, University of Tennessee Health Science Center, Memphis, TN, USA
Sobur, A. (2014). Ensiklopedia komunikasi. Bandung: Rekatama.
Syahroni, I., Lukiana, N., & Kasim, K. T. (2018, August). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal In Progress Conference (Vol. 1, No. 1, pp. 206-212).
Tiwari, R., & Buse, S. (2007). The Mobile commerce prospects: A strategic analysis of opportunities in the banking sector (p. 233). Hamburg University Press.
Tjiptono, F. (2022). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima Edisi 4. Penerbit Andi.
Umar, Husein. (2013). Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Thesis. Jakarta: Rajawali.
Venkatesh, V. 2016. Determinants of Perceived Ease of Use: Integrating Control, Intrinsic Motivation, and Emotion into the Technology Acceptance Model. Information Systems Research, vol. 11, no. 4, pp. 342–365
Wang, S. (2019). Structures Of Constrained Blue Phases: Modelling And Simulation (Doctoral dissertation, Univerzav Ljubljani, Fakulteta za matematiko in fiziko).
Wijayanti, I. M. (2019). Peran Nasabah Dalam Perkembangan Perbankan Syariah. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 3(1), 66-75.
Wr, H., & Ahmad, R. (2015). Analisis Mobile Bris Dalam Memudahkan Transaksi Nasabah. Padang: PT. Bank BRI Syariah KCP Gateway Waru (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ekobis.v7i1.17824
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ismuadi Ismuadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View MyStat
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .