PENGARUH AKSES PERMODALAN, STRATEGI PEMASARAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA USAHA KONVEKSI DI KOTA BANDA ACEH

Syadza Khaula Marzana, Khairul Amri, Dara Amanatillah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh akses permodalan, strategi pemasaran dan inovasi produk terhadap kinerja usaha konveksi di kota Banda Aceh.  Sampel penelitian sebanyak 59 orang pelaku usaha tersebut yang menjalankan usahanya di desa Kampung Baru sebagai pusat usaha konveksi di kota Banda Aceh. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan selanjutnya data dianalisis dengan peralatan statistik regresi linier berganda. Penelitian ini mengungkapkan bahwa akses permodalan, strategi pemasaran dan inovasi produk secara signifikan dapat meningkatkan kinerja usaha konveksi.   Semakin mudah akses pelaku usaha ke sumber modal eksternal, semakin baik strategi pemasaran yang diterapkan semakin baik kinerja usaha. Demikian pula halnya dengan inovasi produk, pelaku usaha yang inovatif  memiliki kinerja usaha yang lebih baik dibanding mereka yang kurang inovatif. Karena itu, peningkatan akses pada sumber permodalan, perbaikan kemampuan pelaku usaha dalam menerapkan strategi pemasaran dan melakukan inovasi produk/jasa yang ditawarkan dapat menjadi kebijakan rekomendatif bagi instansi terkait di kota Banda Aceh.


Keywords


Kinerja usaha, Akses permodalan; strategi pemasaran; inovasi produk; regresi linier berganda

Full Text:

PDF

References


Alabi, K. P., Zhu, Z., & Sun, D. W. (2020). Transport phenomena and their effect on microstructure of frozen fruits and vegetables. Trends in Food Science & Technology, 101, 63-72.

Avriyanti, S. (2022). Pengaruh inovasi produk dan teknologi informasi terhadap perkembangan usaha (studi pada UMKM bidang kuliner di Kabupaten Tabalong). PubBis: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis, 6(1), 61-73.

Christiana, Y., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (2014). Pengaruh kompetensi wirausaha, pembinaan usaha dan inovasi produk terhadap perkembangan usaha (studi pada usaha kecil dan menengah batik di sentra pesindon kota Pekalongan). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(4), 384-393.

Cynthia, V. D., & Hendra, N. T. (2014). Pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan keunggulan bersaing, terhadap kinerja pemasaran usaha nasi kuning di kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Ekonomi, 2(3), 1214-1329.

Dewanti, M. A. (2022). Pengaruh karakterstik wirausaha dan strategi pemasaran terhadap perkembangan UMKM di Kabupaten Buleleng. Bisma: Jurnal Manajemen, 8(1), 236-242.

Elwisam, E., & Lestari, R. (2019). Penerapan strategi pemasaran, inovasi produk kreatif dan orientasi pasar untuk meningkatkan kinerja pemasaran UMKM. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2), 277-286.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gregorich, M., Strohmaier, S., Dunkler, D., & Heinze, G. (2021). Regression with highly correlated predictors: variable omission is not the solution. International journal of environmental research and public health, 18(8), 4259.

Istinganah, N. F., & Widiyanto, W. (2020). Pengaruh modal usaha, tingkat pendidikan, dan karakteristik wirausaha terhadap perkembangan UKM. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 438-455.

Januardin (2020). Pengaruh pengetahuan dan perilaku keuangan terhadap perkembangan UMKM di Provinsi Sumatra Utara . Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima, 1(2).

Jayani, D. H. (2021). Nilai Transaksi E-Commerce Mencapai Rp 266, 3 Triliun pada 2020. Databoks. Diakses dari https://databoks.

Lestari, C., Lubis, N., & Widayanto, W. (2015). Pengaruh jaringan usaha, inovasi produk dan persaingan usaha terhadap perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah (studi pada IKM makanan Di Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan Jawa Barat). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(2), 185-196.

Maharam, H. (2019). Orientasi Kewirausahawan dan Karakteristik perusahaan terhadap perkembangan usaha. Jurnal Wacana Ekonomi, 18(02), 9-21.

Mets, T., Kozlinska, I., & Raudsaar, M. (2017). Patterns in entrepreneurial competences as the perceived learning outcomes of entrepreneurship education: The case of Estonian HEIs. Industry and Higher Education, 31(1), 23-33.

Ningsih, S. (2022). Pengaruh Modal Usaha, Karakteristik Wirausaha, Dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM Di Desa Ponteh Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Doctoral dissertation. Institut Agama Islam Negeri Madura.

Ntotsis, K., & Karagrigoriou, A. (2021). The impact of multicollinearity on big data multivariate analysis modeling. Applied Modeling Techniques and Data Analysis 1: Computational Data Analysis Methods and Tools, 7, 187-202.

Purwanti, E. (2012). Pengaruh karakteristik wirausaha, modal usaha, strategi pemasaran terhadap perkembangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga. Among Makarti, 5(1), 13-28.

Safitri, H., & Setiaji, K. (2018). Pengaruh modal usaha dan karakteristik wirausaha terhadap perkembangan usaha mikro dan kecil di desa kedungleper Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 792-800.

Sulistiyo, A., Putranto, A., & Hartiyah, S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Kompetensi Sumberdaya Manusia, Inovasi Produk, dan Akses Pemasaran Terhadap Kinerja UMKM di Kabupaten Wonosobo. Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah, 2(1), 97-113

Triwidatin, Y., & Hutomo, Y. P. (2022). Analisis pengaruh karakteristik wirausaha, modal usaha dan strategi pemasaran terhadap perkembangan UMKM di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(10), 3826-3832.

Vijaya, D. P., & Irwansyah, M. R. (2017). Pengaruh modal psikologis, karakteristik wirausaha, modal usaha dan startegi pemasaran terhadap perkembangan usaha UMKM di kecamatan Buleleng tahun 2017. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 45-51.

Wuisan, V. Y., Lapian, S. J., & Karuntu, M. M. (2022). Pengaruh inovasi produk dan digital marketing terhadap perkembangan umkm di kecamatan kauditan pada masa pandemic covid-19. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(4), 759-769.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ekobis.v7i2.20171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syadza Khaula Marzana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat View MyStat

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .