Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Informasi, dan Islamic Branding Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Situs Jual Beli Shopee (Studi Kasus Mahasiswa FEB Untirta)
DOI:
https://doi.org/10.22373/ekobis.v8i1.22797Keywords:
Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan, Islamic Branding, Kepuasan KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak variabel kualitas pelayanan, kualitas informasi, dan Islamic branding terhadap tingkat kepuasan konsumen, khususnya dalam kerangka konsumen Shopee. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pendekatan asosiatif. Sumber data primer adalah melalui pembagian kuisoner. Sedangkan sumber data sekunder berasal dari jurnal, artikel dan buku yang berkaitan dengan topik pengaruh kualitas pelayanan, kualitas informasi dan islamic branding terhadap kepuasan konsumen. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu secara parsial kualitas pelayanan, kualitas informasi dan islamic branding memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Selanjutnya secara simultan kualitas pelayanan, kualitas informasi dan islamic branding memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.References
Budiartha, I Ketut, N. M. S. R. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi Dan Perceived Usefulness Pada Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi (Studi Empiris Pada Hotel Berbintang Di Provinsi Bali). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 5.1, 1, 115–142.
Fahriani, N. S., & Febriyanti, I. R. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan di Apotek Bunda Cikembar. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(3), 1-11.
Hermawan, S. (20s18). Analisis Proses Pelayanan Ijin Mendirikan Bangunan Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Semarang (Doctoral dissertation, Faculty of Social and Political Sciences).
Lestari, F. A. P. (2018). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Sosio e-kons, 10(2), 179-187.
Nasrullah, M. (2015). Islamic Branding, Religiusitas dan Keputusan Konsumen terhadap Produk. Jurnal Hukum Islam, Vol. 13, No.2, pp. 79–87.
Popoola, B. A., Chinomona, R., & Chinomona, E. (2014). The Influence of Information Quality, System Quality, and Service Quality on Students' Self-Efficacy at Institutions of Higher Learning in South Africa. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(27), 974–984. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n27p974
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung, Alfabeta.
Sunyoto, D., & Saksono, Y. (2022). Perilaku konsumen.
Thung, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Mitra Go-Jek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Bina Manajemen, 8(1).
Utomo, L. T., Ardianto, Y. T., & Sisharini, N. (2017). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Universitas Merdeka Malang. Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, 3(2).
Yunus, N. S. N. M. (2014). Muslim’s Purchase Intention towards Non-Muslim’s Halal Packaged Food Manufacturer. Procedia -Social and Behavioral Sciences.
Downloads
Published
Issue
Section
License
EKOBIS allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-SA 4.0) that allows others to EKOBIS the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work