Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Informasi, dan Islamic Branding Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Situs Jual Beli Shopee (Studi Kasus Mahasiswa FEB Untirta)

Toto Prihartama, Moh. Mukhsin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak variabel kualitas pelayanan, kualitas informasi, dan Islamic branding terhadap tingkat kepuasan konsumen, khususnya dalam kerangka konsumen Shopee. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pendekatan asosiatif. Sumber data primer adalah melalui pembagian kuisoner. Sedangkan sumber data sekunder berasal dari jurnal, artikel dan buku yang berkaitan dengan topik pengaruh kualitas pelayanan, kualitas informasi dan islamic branding terhadap kepuasan konsumen. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu secara parsial kualitas pelayanan, kualitas informasi dan islamic branding memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Selanjutnya secara simultan kualitas pelayanan, kualitas informasi dan islamic branding memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Keywords


Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan, Islamic Branding, Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Budiartha, I Ketut, N. M. S. R. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi Dan Perceived Usefulness Pada Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi (Studi Empiris Pada Hotel Berbintang Di Provinsi Bali). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 5.1, 1, 115–142.

Fahriani, N. S., & Febriyanti, I. R. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan di Apotek Bunda Cikembar. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(3), 1-11.

Hermawan, S. (20s18). Analisis Proses Pelayanan Ijin Mendirikan Bangunan Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Semarang (Doctoral dissertation, Faculty of Social and Political Sciences).

Lestari, F. A. P. (2018). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Sosio e-kons, 10(2), 179-187.

Nasrullah, M. (2015). Islamic Branding, Religiusitas dan Keputusan Konsumen terhadap Produk. Jurnal Hukum Islam, Vol. 13, No.2, pp. 79–87.

Popoola, B. A., Chinomona, R., & Chinomona, E. (2014). The Influence of Information Quality, System Quality, and Service Quality on Students' Self-Efficacy at Institutions of Higher Learning in South Africa. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(27), 974–984. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n27p974

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung, Alfabeta.

Sunyoto, D., & Saksono, Y. (2022). Perilaku konsumen.

Thung, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Mitra Go-Jek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Bina Manajemen, 8(1).

Utomo, L. T., Ardianto, Y. T., & Sisharini, N. (2017). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Universitas Merdeka Malang. Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, 3(2).

Yunus, N. S. N. M. (2014). Muslim’s Purchase Intention towards Non-Muslim’s Halal Packaged Food Manufacturer. Procedia -Social and Behavioral Sciences.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ekobis.v8i1.22797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Toto Prihartama, Moh. Mukhsin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat View MyStat

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .